18 April, 2010

Lampiran IIIC.2

BAB IX

 

STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB

MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN

 

 

A.    LATAR BELAKANG

 

Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

 

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan terdiri atas tujuh mata pelajaran,  yaitu: Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Tafsir, Hadis, Fikih, dan Ilmu Kalam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti­tik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidu­pannya yang dilandasi oleh akidah.

 

 

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Program Keagamaan yang terdiri atas dua mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan aspek sejarah kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh Islam berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

 

Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Program Keagamaan ini beserta mata pelajaran yang menjadi ciri khas program tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SMA/MA, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.

 

 

 

B.     TUJUAN

 

1.      Akhlak

 

Mata pelajaran Akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:

 

a.      Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari  baik dalam kehidupan individu maupun sosial.

b.       Meningkatkan kemampuan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang tasawuf sehingga menjadi muslim yang penuh tanggung jawab dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

 

 

 

 

 

 

2.      Sejarah Kebudayaan Islam

 

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:

 

a.      Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

b.      Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan

c.      Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

d.      Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

e.      Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

 

 

3.      Bahasa Arab

Mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:

 

a.      Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).

b.      Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.

c.      Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

 

 

 

 

4.      Tafsir

 

Mata pelajaran Tafsir di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk :

 

a.      Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur'an.

b.      Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.

c.      Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur'an yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur'an.

d.      Meningkatkan kemampuan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman peserta didik tentang tafsir dan ilmu tafsir, sehingga dapat membekali mereka dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar.

e.      Meningkatkan pengamalan peserta didik terhadap isi kandungan al-Qur'an dengan penuh tanggung jawab dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

 

 

5.      Hadis

 

Mata pelajaran Hadis di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:

 

a.      Meningkatkan kemampuan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik  tentang hadis sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

b.      Mengenalkan sumber ajaran atau hukum Islam kepada peserta didik dalam melaksanakan ajaran atau hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu maupun sebagai anggota masyarakat.

 

 

6.      Fikih

 

Mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:

 

a.      Mengetahui dan memahami prinsip-prinsip, kaidah-kaidah, dan tatacara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.

b.      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.

c.      Mengenal, memahami, dan menghayati terhadap sumber hukum Islam dengan memanfaatkan usul fikih sebagai metode penetapan dan pengembangan hukum Islam dari sumbernya.

d.      Menerapkan kaidah-kaidah pembahasan dalil-dalil syara’ dalam rangka melahirkan hukum Islam yang diambil dari dalil-dalilnya untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

7.      Ilmu Kalam

 

Mata pelajaran Ilmu Kalam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:

 

a.      Meningkatkan kemampuan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang ilmu kalam sehingga menjadi muslim yang penuh tanggung jawab dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

b.      Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.

c.      Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

 

 

 

C.    RUANG LINGKUP

 

1.      Akhlak

 

Ruang lingkup mata pelajaran Akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan

 meliputi:

 

Aspek akhlak terdiri atas: masalah akhlak yang meliputi pengertian akhlak, induk-induk akhlak terpuji dan tercela, metode peningkatan kualitas akhlak; macam-macam akhlak terpuji seperti husnuzhan, taubat, akhlak dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu, adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan, akhlak terpuji dalam pergaulan remaja; serta pengenalan tentang tasawuf.  Ruang lingkup akhlak tercela meliputi: riya, aniaya dan diskriminasi, perbuatan dosa besar (seperti mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba), ishraf,  tabdzir, dan fitnah.

 

 

2.      Sejarah Kebudayaan Islam

 

Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi :      

 

a.      Dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah.

b.      Kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat.

c.      Perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M

d.      Perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)

e.      Perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang) 

f.       Perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.

 

 

3.      Bahasa Arab

 

Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Program Keagamaan terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang        المدرسة، المسجد، المسلم، العمل، الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم، عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه، untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

 

 

4.      Tafsir

 

Ruang lingkup mata pelajaran Tafsir di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi Ilmu Tafsir dan Tafsir. Bidang Ilmu Tafsir meliputi:

a.                  Pengertian tafsir dan lmu tafsir

b.                  Sejarah penafsiran al-Qur’an sejak masa Nabi, sahabat, tabi’in, hingga masa tadwin.

c.                  Qira'at al-Qur'an.

d.                  Asbaabun nuzaul dan fungsinya dalam penafsiran al-Qur'an

e.                  Tafsir bil ma’tsuur dan bir ra’yi

f.                   Kaidah-kaidah tafsir al-Qur'an

g.                  Metode analisis (tahliili) dan tafsir tematik (maudhuu’i)

 

 

 

Adapun bidang Tafsir al-Qur'an berupa ayat-ayat pilihan yang meliputi:

 

a.                  Ayat-ayat al-Qur'an tentang makanan yang halal, sehat dan bergizi, dan bahaya minuman keras

b.                  Ayat-ayat al-Qur'an tentang pendayagunaan akal pikiran, pentingnya pengembangan ilmu, dan pemanfaatan alam semesta bagi kehidupan manusia.

c.                  Ayat-ayat al-Qur'an tentang tata cara menyelesaikan perselisihan, musyawarah, dan ta’aruf dalam kehidupan.

d.                  Ayat-ayat al-Qur'an tentang kepemimpinan, syarat-syarat, tugas dan tanggung jawab pemimpin.

e.                  Ayat-ayat al-Qur'an tentang pembinaan pribadi dan keluarga, serta pembinaan masyarakat secara umum.

 

 

5.      Hadis

 

Ruang lingkup mata pelajaran Hadis di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi bidang Ilmu Hadis dan Hadis. Bidang Ilmu Hadis meliputi:

 

a.                  Pengertian dan macam-macam ilmu hadis.

b.                  Sejarah perkembangan hadis.

c.                  Cara menerima dan menyampaikan hadis.

d.                  Pemahaman tentang pembagian hadis berdasarkan jumlah perawinya, kualitas sanad, dan tempat penyandarannya.

e.                  Macam-macam hadis berdasarkan sifat sanad.

f.                   Macam-macam hadis ditinjau dari diterima atau ditolaknya menjadi hujjah.

g.                  Ilmu jarh dan ta’diil.

h.                  Pengenalan sejarah sigkat pentakhrij hadis yang dikenal sebagai perawi hadis.

i.                    Pengenalan kitab-kitab hadis.

 

Adapun tema-tema yang dibahas dari perspektif hadis adalah:

 

a.                  Manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

b.                  Demokrasi.

c.                  Keikhlasan dalam beribadah.

d.                  Nikmat Allah dan cara mensyukurinya.

e.                  Perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.

f.                   Pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa.

g.                  Berkompetisi dalam kebaikan.

h.                  Amar ma’ruf nahi munkar.

i.                    Ujian dan cobaan manusia.

j.                    Tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

k.                  Berlaku adil dan jujur.

l.                    Toleransi dan etika pergaulan.

m.                Etos kerja.

n.                  Makanan yang halal dan baik.

o.                  Ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

 

6.      Fikih

 

Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi bidang Usul Fikih dan Fikih. Bidang Usul Fikih meliputi:

 

a.           Mengetahui dan memahami prinsip-prinsip, kaidah-kaidah dan tatacara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.

b.           Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.

c.           Usul-fikih: pengertian, tujuan mempelajarinya, dan sejarahnya.

d.           Hukum syara’, sumber hukum Islam yang muttafaq dan mukhtalaf.

e.           Kaidah-kaidah usul fikih.

f.            Masalah pengembangan hukum Islam.

 

Adapun kajian Fikih meliputi:

 

a.            Prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam.

b.            Hukum Islam dan perundang-undangan tentang zakat dan haji, hikmah dan pengelolaannya.

c.            Hikmah kurban dan akikah.

d.            Ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.

e.            Hukum Islam tentang kepemilikan.

f.             Konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya.

g.            Hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan serta harta beserta hikmahnya.

h.            Hukum Islam tentang wakaalah dan sulhu beserta hikmahnya.

i.              Hukum Islam tentang dhaman dan kafaalah beserta hikmahnya.

j.              Riba, bank dan asuransi.

k.            Ketentuan Islam tentang jinayah, huduud dan hikmahnya.

l.              Ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya.

m.          Hukum Islam tentang keluarga, waris.

n.            Ketentuan Islam tentang siyaasah syar’iyyah.

 

 

7.      Ilmu Kalam

 

Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Kalam adalah mata pelajaran yang memberi bekal peserta didik untuk memahami pemikiran ulama dalam hal berakidah yang benar dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ruang lingkup materi/bahan kajian pelajaran Ilmu Kalam meliputi:

a.         Aspek Kesejarahan

Aspek kesejarahan ini meliputi sub-sub aspek: sejarah pertumbuhan dan perkembangan ilmu kalam seperti aspek politik, ekonomi, geografis, munculnya aliran-aliran dalam ilmu kalam dan ketokohan para pemimpinnya. Aliran-aliran kalam: Khawarij, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Murji`ah, Salafiyah, Mu`tazilah,  Ahlu Sunnah, Asy`ariyah, dan Maturidiyah.

b.         Aspek Pemikiran

Aspek pemikiran  dalam ilmu kalam: seperti batasan mukmin dan kafir, fungsi wahyu dan akal, kekuasaan, perbuatan, keadilan, dan sifat-sifat Tuhan, kehendak, kekuasan dan perbuatan manusia, serta pemikiran modern dalam teologi Islam.

 

c.         Aspek Akidah

Aspek akidah terdiri atas: prinsip-prinsip akidah dan metode peningkatannya, al-asma'al-husna, macam-macam tauhid seperti tauhiid uluuhiyah, tauhiid rubuubiyah, tauhiid ash-shifat wa al-af’al, tauhiid rahmaniyah, tauhiid mulkiyah dan lain-lain, syirik dan implikasinya dalam kehidupan, pengertian dan fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu-ilmu lainnya, dan aliran-aliran dalam ilmu kalam (klasik dan modern).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.          STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

 

 

 

1.            AKHLAK

 

a. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.       Membiasakan perilaku terpuji

1.1  Menjelaskan akhlak berpakaian dan berhias

1.2  Menjelaskan contoh orang yang berakhlak baik dalam berpakaian dan berhias

1.3  Membiasakan akhlak yang baik dalam berpakaian dan berhias

1.4  Menjelaskan akhlak dalam perjalanan

1.5  Menjelaskan contoh orang yang berakhlak baik dalam perjalanan

1.6  Membiasakan akhlak yang baik dalam perjalanan

1.7  Menjelaskan akhlak bertamu dan menerima tamu

1.8  Menjelaskan contoh orang yang berakhlak baik dalam bertamu dan menerima tamu

1.9  Membiasakan akhlak yang baik dalam bertamu dan menerima tamu

 

2.        Menghindari akhlak tercela

2.1  Menjelaskan masalah isyraf dan tabdzir

2.2  Menjelaskan contoh orang yang berprilaku isyraf dan tabdzir

2.3  Menjelaskan bahaya prilaku isyraf dan tabdzir

2.4  Menghindari perilaku isyraf dan tabdzir

2.5  Menjelaskan masalah mencaci, ghibah, dan  namimah

2.6  Menjelaskan contoh orang yang mencaci, ghibah, dan namimah

2.7  Menjelaskan bahaya perilaku mencaci, ghibah, dan namimah.

2.8  Menghindari perilaku mencaci, ghibah, dan namimah  

 

3.          Memahami kisah orang-orang salih

3.1   Menjelaskan nasihat-nasihat Luqman Hakim 

3.2  Mengamalkan nasihat-nasihat Luqman Hakim dalam kehidupan sehari-hari

3.3  Menjelaskan akhlak Ashabul Kahfi

3.4  Meneladani akhlak Ashabul Kahfi

 

3.5  Menjelaskan akhlak Siti Maryam

3.6  Meneladani akhlak Siti Maryam

 

 

 

b. Kelas XI, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.     Memahami

        tasawuf

1.1 Menjelaskan pengertian tasawuf

1.2 Menjelaskan sumber tasawuf dari al-Quran dan al-Sunnah

1.3 Menjelaskan esensi tasawuf

1.4 Menjelaskan teladan sufi Nabi dan sahabat Nabi

1.5  Menjelaskan hubungan antara tasawuf dengan akhlak

2.    Memahami istilah-istilah

       dalam tasawuf

2.1  Menjelaskan pengertian maqamat, dan al-ahwal dalam tasawuf

2.2  Menunjukkan contoh orang yang memiliki    maqamat, dan al-ahwal dalam tasawuf

2.3  Mengaitkan maqamat dan al-ahwal dalam tasawuf dengan fenomena sosial

3.  Mengenal tasawuf sunni dan tasawuf falsafi serta tokoh-tokohnya

3.1  Menjelaskan pengertian tasawuf sunni dan tasawuf falsafi, serta tokoh-tokohnya

3.2  Menjelaskan Hasan Basri dan ajarannya

3.3  Menjelaskan Rabi’ah Al-Adawiyah dan 

      ajarannya

3.4  Menjelaskan Dzun Nun Al-Misri dan    

      ajarannya

3.5  Menjelaskan Al-Ghazali dan ajarannya

3.6  Menjelaskan Abu Yazid al-Bustami dan

      ajarannya

3.7  Menjelaskan Al-Hallaj dan ajarannya

3.8  Menjelaskan Muhy al-Din Ibn `Araby dan ajarannya

 

 

 

c. Kelas XII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.  Mengenal tarikat dan tokoh-tokoh serta ajarannya

1.1     Menjelaskan  tarikat Qadiriyah dan ajarannya

1.2     Menjelaskan  tarikat Rifa’iyah dan ajarannya

 

1.3     Menjelaskan  tarikat Syaziliyah dan ajarannya

1.4     Menjelaskan  tarikat Maulawiyah dan ajarannya

1.5     Menjelaskan  tarikat Syatiriyah dan ajarannya

1.6      Menjelaskan  tarikat Naqsabandiyah dan

         ajarannya

1.7      Menjelaskan  tarikat Suhrawardiyah dan

ajarannya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Mengenal tarikat mu’tabarah di Indonesia dan ajarannya

2.1   Menjelaskan tarikat-tarikat mu’tabarah di Indonesia dan tokoh-tokohnya

2.2   Membandingkan antara tarikat-tarikat

         mu’tabarah di Indonesia

2.3   Mengaitkan ajaran-ajaran tarikat mu’tabarah di Indonesia dengan fenomena kehidupan sekarang

 

3.  Memahami peran tasawuf  dalam kehidupan modern

3.1   Menjelaskan problematika masyarakat modern

3.2   Menjelaskan relevansi tasawuf dalam kehidupan modern

3.3   Menjelaskan peranan tasawuf dalam kehidupan modern

 

 

 

 

d. Kelas XII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.  Memahami kewajiban-kewajiban manusia

1.1   Menjelaskan kewajiban manusia terhadap Allah dan Rasul-Nya

2.2   Melaksanakan kewajiban terhadap Allah dan Rasul-Nya

2.3     Menjelaskan kewajiban manusia terhadap diri   sendiri, kedua orang tua, dan keluarga

2.4   Melaksanakan kewajiban terhadap diri sendiri, kedua orang tua, dan keluarga

2.5   Menjelaskan kewajiban terhadap sesama 

        muslim dan sesama manusia

2.6   Melaksanakan kewajiban terhadap sesama muslim dan sesama manusia 

 

2.   Menghindari akhlak tercela

2.1   Menjelaskan pengertian dosa besar

2.2   Menjelaskan contoh orang yang berbuat dosa besar

2.3   Menghindari perilaku dosa besar

 

3.  Memahami kisah orang-orang durhaka

3.1  Menjelaskan perilaku tercela Abu Lahab dan istrinya

3.2  Menghindari perilaku tercela seperti yang ada pada Abu Lahab dan istrinya

3.3  Menjelaskan perilaku tercela istri Nabi Luth

3.4  Menghindari perilaku tercela seperti yang ada pada istri Nabi Luth

 

 

 

 

 

2.            SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

 

a. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.   Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat

 

1.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah.

1.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah.

1.3 Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah.

1.4 Mengambil ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

 

 

2.   Memahami masalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat

 

2.1 Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin

2.2 Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaurrasyidin

 

 

 

2.3 Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaurrasyidin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

 

 

 

 

b. Kelas XI, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3.   Memahami perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M

 

3.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik

3.2 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik

3.3 Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

3.4 Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik

 

4.  Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)

4.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan

4.2 Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan

4.3 Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

 

 

 

 

c. Kelas XII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.  Memahami perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)

 

1.1  Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern

1.2  Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern

1.3  Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada masa modern

1.4  Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern

2.    Memahami perkembangan Islam di Indonesia

 

2.1  Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia

2.2  Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia

2.3  Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di Indonesia

2.4  Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

 

 

 

d. Kelas XII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3.    Memahami perkembangan Islam di dunia

3.1  Menjelaskan perkembangan Islam di dunia

3.2  Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia

3.3  Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di dunia

3.4  Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia

 

 

 

 

 

3.            BAHASA ARAB

 

a. Kelas XI, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.      Menyimak

Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang المدرسة، المسجد، المسلم، العمل 

 

 

1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

1.2     Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara  tepat

 

2.      Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang

 المدرسة، المسجد، المسلم، العمل  

 

 

2.1     Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat

2.2     Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

 

3.      Membaca

Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang المدرسة، المسجد، المسلم، العمل  

 

 

3.1     Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar

3.2     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat

3.3     Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

 

4.         Menulis

Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang

 المدرسة، المسجد، المسلم، العمل  

 

 

4.1     Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

4.2     Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

 

 

 

Keterangan

 Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat

الجملة الاسمية والجملة الفعلية، حروف النواصب (إن-أن-لكن-لا النافية للجنس)، المزيد بحرف ومزيد بحرفين وبثلاثة أحرف، المصدر الصريح والمصدر المؤول، الأفعال الخمسة، نعت لأجزاء الجملة والإضافة، المفعول به المقدم

 

 

 

b. Kelas XI, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.   Mendengar

Memahami informasi lisan berbentuk paparan

atau dialog 

الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم

 

1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

1.2     Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara  tepat

 

2.      Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog

الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم

 

2.1     Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat

2.2     Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

 

3.      Membaca

Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang

الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم  

 

3.1     Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar

3.2     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat

3.3     Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

4.      Menulis

Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang

الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم

 

 

4.1     Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

4.2     Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

 

 

Keterangan

Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat

النعت من الأسماء الموصولة والمنسوب إليها، الحال، المستثنى بإلاّ، لام التعليل ولام الجحود وحتى، بعض أدوات الشرط الجازمة وغير الجازمة

 

 

 

c. Kelas XII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.      Menyimak

Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog

التنَزه عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف،

 

 

 

1.2     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat

1.3     Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat

2.      Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog

 عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه

 

 

 

2.1     Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat

2.2     Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar

3.      Membaca

Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang

عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه 

 

 

 

3.1     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat

3.2     Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

4.      Menulis

Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang

عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه 

 

 

4.1     Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

4.2     Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

 

 

Keterangan

Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat

الجملة الفعلية بعد النكرات وبعد المعارف، اسم التفضيل وسائر أسماء الصفات، اتصال ضمائر الرفع بالفعل المعتلّ، الأسماء الخمسة، المفعول المطلق والمفعول لأجله، المبنى والمعرب من الأسماء والأفعال المضارعة

 

 

 

d. Kelas XII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.      Menyimak

Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang

 العالم العربي، أهمية اللغة العربية، اللغة العربية والمجتمع 

 

 

1.1  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

1.2   Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara  tepat

 

2.      Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog

 العالم العربي ، أهمية اللغة العربية، اللغة العربية والمجتمع 

 

2.1  Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat

2.2   Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

 

3.      Membaca

Memahami wacana secara lisan dan tulis berbentuk paparan atau dialog

 العالم العربي ، أهمية اللغة العربية، اللغة العربية والمجتمع 

 

3.1   Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar

3.2   Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat

3.3   Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

 

4.      Menulis

Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog

 العالم العربي، أهمية اللغة العربية، اللغة العربية والمجتمع

 

 

4.1     Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

4.1     Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

 

 

Keterangan

Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat

التشبيه، المجاز، الكناية، القصر

 

 

 

 

 

4.            TAFSIR

 

 

a. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.      Memahami tafsir dan lmu tafsir

 

1.1      Menjelaskan pengertian tafsir al-Qur'an

1.2      Menjelaskan pengertian ilmu tafsir

1.3      Membedakan  tafsir dan ilmu tafsir

 

2.      Menganalisis sejarah penafsiran al-Qur'an sejak masa Nabi, sahabat, tabi’in, hingga masa tadwin

2.1      Mendeskripsikan sejarah tafsir al-Qur'an pada periode Nabi Muhammad SAW

2.2      Mendeskripsikan sejarah tafsir al-Qur'an pada periode sahabat

2.3      Mendeskripsikan sejarah tafsir al-Qur'an pada periode tabi’in

2.4      Mendeskripsikan sejarah tafsir al-Qur'an pada periode tadwiin (pembukuan)

 

 

 

3.      Memahami qiraat al-Qur'an.

3.1      Menjelaskan macam-macam qira’at al-Qur'an.

3.2      Menjelaskan kaidah qira’at yang sahih.

3.3      Mengidentifikasi faedah beraneka ragamnya qira’at al-Qur'an

 

4.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang makanan yang halal, sehat dan bergizi, dan bahaya minuman keras

4.1      Menjelaskan makanan yang halal, dan bergizi (a.l. QS al-Baqarah: 172-173 dan QS al-Maaidah : 87-88

4.2      Menjelaskan pentingnya makanan sehat dan bergizi (a.l. QS an-Nahl : 66 dan QS an-Nahl : 68-69)

4.3      Menghindari bahaya minuman keras dan perbuatan keji (a.l. QS al-Baqarah : 219 dan QS al-Maaidah: 90-91)

 

5.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya

5.1     Mengartikan QS an-Nuur: 54; QS an-Nisaa’ : 80 tentang taat kepada Allah dan rasul-Nya.

5.2     Menjelaskan kandungan QS an-Nuur: 54; QS an-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan rasul-Nya.

5.3     Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nuur: 54; QS an-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan rasul-Nya

5.4     Menerapkan dalam kehidupan perilaku untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya seperti yang terkandung dalam QS an-Nuur: 54; QS an-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya 

6.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

6.1   Mengartikan QS an-Nahl: 65-70.QS al-Baqarah: 164; QS an-Nahl:72; QS al-Israa’: 12;QS al-Anbiyaa’:30 tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

6.2  Menjelaskan kandungan QS an-Nahl: 65-70; QS al-Baqarah: 164; QS an-Nahl:72; QS al-Israa’: 12;QS al-Anbiyaa’:30 tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

6.3  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl: 65-70.QS al-Baqarah: 164; QS an-Nahl:72; QS al-Israa’: 12;QS al-Anbiyaa':30 tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

6.4  Menerapkan dalam kehidupan untuk meningkatkan keimanan dengan adanya kebesaran dan kekuasaan Allah seperti yang terkandung dalam QS an-Nahl: 65-70.QS al-Baqarah: 164; QS an-Nahl:72; QS al-Israa’: 12;QS al-Anbiyaa':30 dalam kehidupan sehari-hari

7.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

7.1  Mengartikan QS az-Zuhruf: 9-13, QS al-’Ankabuut: 17 tentang syukur.

7.2  Menjelaskan kandungan QS az-Zuhruf: 9-13, QS al-’Ankabuut:17 tentang syukur.

7.3  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS az-Zuhruf: 9-13, QS al-’Ankabuut: 17 tentang syukur.

7.4  Mengidentifikasikan macam-macam  nikmat  Allah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf: 9-13.

7.5  Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti yang terkandung dalam QS al-’Ankabuut: 17 tentang syukur nikmat

 

 

 

b. Kelas XI, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.      Memahami aya-ayat al-Qur'an tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa

1.1  Mengartikan QS al-Qashash: 79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS Al-Baqarah : 177  dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa.

1.2  Menjelaskan kandungan QS al-Qashash: 79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS Al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa.

1.3  Mengiden tifikasi perilaku orang yang

mengamalkan QS al-Qashash: 79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS Al-Baqarah : 177 tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para Duafa

1.4  Menerapkan perilaku hidup sederhana

dan menyantuni kaum duafa QS al-Qashash:

79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 tentang hidup sederhana  dan perintah dan menerapkan menyantuni para duafa dalam kehidupan sehari-hari.

 

2.      Memahami ayat-ayat al-

      Qur'an tentang

      pemanfaatan

      kekayaan alam

2.1 Mengartikan QS al-Baqarah: 267-268;

QS al-Ma’aarij: 19-25 tentang pemanfaatan kekayaan alam

2.2Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah : 267-268; QS al-Ma’aarij: 19-25 tentang pemanfaatan kekayaan alam

2.3 Menunjukkan perilaku orang yang

mengamalkan QS al-Baqarah: 267-268; QS al-Ma’aarij: 19-25 tentang

pemanfaatan kekayaan alam

2.4Menerapkan cara memanfaatkan kekayaan alam seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 267-268; QS al-Ma’aarij: 19-25 tentang pemanfaatan kekayaan alam

3. Memahami ayat-ayat al-

       Qur'an tentang berkompe- 

       tisi dalam kebaikan

3.1  Mengartikan  QS Al-Baqarah :148; QS

        al-Faathir : 32 dan  QS an-Nahl : 97

3.2 Menjelaskan  kandungan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir: 32 dan QS an-Nahl: 97

3.3 Menceritakan perilaku orang orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:148; QS  al-Faathir: 32 dan QS an-Nahl : 97

3.4 Menerapkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah:148, al-Faathir: 32 dan QS  an-Nahl: 97

 

4. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang amar ma'ruf nahi munkar

4.1    Mengartikan QS Ali Imraan: 104; QS al- Maa’idah: 78-80; QS ash-Shaaf:3 tentang amar ma'ruf nahi munkar.

4.2   Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan: 104; QS al-Maaidah:78-80; QS ash-Shaaf: 3, tentang amar ma'ruf nahi munkar.

4.3. Menunjukkan perilaku orang yang

        mengamalkan QS Ali Imraan : 104; QS al-Maaidah:78-80; QS ash-Shaaf:3, tentang amar ma'ruf nahi munkar

 

4.4.  Melaksanakan amar makruf nahi munkar seperti yang terkandung dalam QS Ali  Imraan: 104; QS al-Maaidah:78-80; QS ash-Shaaf:3, tentang amar ma'ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.

 

5.         Memahami ayat al-Qur'an tentang ujian dan cobaan

5.1   Mengartikan QS al-Baqarah: 155 tentang ujian dan cobaan.

5.2   Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah: 155 tentang ujian dan cobaan.

5.3  Menunjukkan perilaku orang yang

        mengamalkan  QS al-Baqarah: 155

        tentang ujian dan cobaan.

5.4   Menerapkan perilaku tabah dan sabar

        dalam menghadapi ujian dan cobaan

        seperti yang terkandung dalam QS al-

        Baqarah: 155 tentang ujian dan cobaan.

 

6.         Memahami ayat-ayat al- Qur'an tentang pendayagunaan akal pikiran,

       pentingnya pengembangan ilmu, dan pemanfaatan alam semesta bagi        kehidupan manusia.

 

6.1        Menjelaskan pentingnya pendayagunaan akal fikiran dengan baik (a.l.  QS Faathir : 27-28)

6.2        Menjelaskan pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan (a.l. QS al-’Alaq : 1-5, QS Fushshilat : 53-54)

6.3        Menjelaskan pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan hidup manusia (QS al-Baqarah : 29, QS al-Jaatsiyah : 12)

 

7.      Memahami ayat-ayat Al Qur'an tentang tata cara menyelesaikan

perselisihan, musyawarah, dan taaruf dalam    kehidupan

      

      

 

7.1        Menjelaskan tata cara menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik (a.l. QS Ali Imraan : 159, QS al-Hujuraat : 9)

7.2        Mendeskripsikan konsep taaruf dalam kehidupan (a.l. QS al-Hujuraat : 13)

8.      Memahami ayat-ayat al- Qur'an

tentang kepemimpinan, syarat-syarat, tugas  dan tanggungjawab  pemimpin

8.1        Menjelaskan tentang kepemimpinan (a.l. QS an-Nisaa’ : 59, QS al-Baqarah : 247)

8.2      Mengidentifikasi syarat-syarat pemimpin (a.l. QS al-Maaidah : 57, QS at-Taubah  : 71)

 

 

8.3        Menjelaskan tugas dan tanggungjawab pemimpin (a.l. QS an-Nisaa’ : 58)

 

 

 

 

c. Kelas XII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ayat-ayat al-

    Qur'an tentang kewajiban  

    berdakwah

1.1        Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, tentang kewajiban berdakwah.

1.2        Menjelaskan kandungan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, tentang kewajiban berdakwah.

1.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, tentang kewajiban berdakwah.

1.4        Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, tentang berdakwah dalam kehidupan sehari-hari.

 

2.    Memahami  ayat-ayat al-

     Qur'an tentang tanggung

     jawab manusia terhadap 

     keluarga dan masyarakat

2.1  Mengartikan QS at-Tahriim:6, QS Thaahaa: 132; QS al-An’aam:70 ;QS an-Nisaa’:36 dan QS Huud: 117-119 tentang tanggungjawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.2   Menjelaskan kandungan QS at-Tahriim: 6, QS Thaahaa:132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’:36 dan QS Huud:117-119 tentang tanggungjawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS at-Tahriim:6, QS Thaahaa:132; QS al-An’aam:70; QS an-Nisaa’:36 dan QS Huud:117-119 tentang tanggungjawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.5        Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS at-Tahriim:6, QS Thaahaa:132; QS al-An’aam:70; QS an-Nisaa’:36 dan QS Huud: 117-119 tentang tanggungjawab manusia dalam kehidupan sehari-hari

 

3.  Memahami ayat-ayat al-

Qur'an tentang   kepemimpinan

3.1         Mengartikan QS Ali Imraan:26; QS an-Nisaa’:58; QS an-Nisaa’:144; QS al-Maaidah:56-57; QS at-Taubah:71 tentang kepemimpinan.  

3.2         Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan:26; QS  an-Nisaa’:58; QS an-Nisaa’:144; QS al-Maaidah:56-57; QS at-Taubah:71 tentang kepemimpinan   

3.3         Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan  QS Ali Imraan:26; QS an-Nisaa’:58; QS an-Nisaa’:144; QS al-Maa‘idah:56-57; QS at-Taubah:71 tentang kepemimpinan.

3.4         Menerapkan konsep kepemimpinan seperti yang terkandung dalam QS Ali Imraan:26; QS an-Nisaa’:58; QS an-Nisaa’:144; QS al-Maa‘idah:56-57; QS at-Taubah:71 tentang kepemimpinan.

 

4.  Memahami ayat-ayat al-

     Qur'an tentang   

     menyelesaikan 

     perselisihan

4.1.       Mengartikan QS an-Nisaa’: 59; QS al-Hujuraat:9; QS al-A’raaf: 199; QS an-Nahl:126 tentang menyelesaikan perselisihan

4.2.       Menjelaskan kandungan QS an-Nisaa’: 59; QS al-Hujuraat:9; QS al-A’raaf: 199; QS an-Nahl:126 tentang menyelesaikan perselisihan.

4.3.       Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nisaa’: 59; QS al-Hujuraat:9; QS al-A’raaf: 199; QS an-Nahl:126 tentang menyelesaikan perselisihan.

4.4.       Melaksanakan langkah-langkah dalam penyelesaikan perselisihan seperti yang terkandung dalam QS an-Nisaa’: 59; QS al-Hujuraat:9; QS al-A’raaf: 199; QS an-Nahl:126 tentang menyelesaikan perselisihan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

5.   Memahami ayat –ayat al-Qur'an tentang berlaku adil dan jujur

5.1        Mengartikan  QS al-Maaidah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil dan jujur.

5.2        Menjelaskan kandungan QS al-Maaidah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil dan jujur.

5.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QSal-Maaidah: 8-10; QSan-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil dan jujur.

5.4        Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkata-an dan perbuatan seperti yang terkandung dalam QS al-Maaidah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’:105 tentang berlaku adil dan jujur.

 

 

6. Memahami ayat-ayat al-

Qur'an tentang pembinaan pribadi dan keluarga, serta pembinaan masyarakat secara umum

6.1        Meningkatkan kemauan dan kemampuan membina diri pribadi dan keluarga (a.l. QS an-Nisaa’ : 9, QS al-Baqarah : 44-45)

6.2        Memiliki kemauan  dan kemampuan membina masyarakat dan sikap sebagai da'i (a.l. QS an-Nahl: 125, QS al-Baqarah: 177)

 

 

7. Memahami tafsir bil   ma’tsur dan bir ra’yi

 

7.1    Menjelaskan pengertian tafsir bil ma’tsur.

7.2    Menjelaskan pengertian tafsir bir ra’yi.

7.3    Menunjukkan contoh tafsir bil ma’tsur dan bir ra’yi.

7.4    Menerapkan cara penafsiran bil ma’tsur dan bir ra’yi.

 

 

8. Memahami asbabun nuzul dan munasabah dalam al-Qur'an

8.1  Menjelaskan pengertian, pedoman dan pentingnya mengetahui asbaabun nuzuul

8.2  Menunjukkan contoh-contoh asbaabun nuzuul

8.3  Mengidentifikasi sikap seorang mufasir terhadap banyaknya riwayat mengenai sebab nuzuul suatu ayat al-Qur'an.

 

8.4  Menunjukkan contoh munasabah dalam

       penafsiran al-Qur'an

 

 

 

 

d. Kelas XII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.   Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang toleransi dan etika pergaulan

1.1  Mengartikan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13; QS Ali Imraan: 103 tentang etika pergaulan.

1.2  Menjelaskan kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13;QS Ali Imraan:103 tentang etika pergaulan.

1.3  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13; QS Ali Imraan: 103  tentang etika pergaulan.

1.4  Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13; QS Ali Imraan:103  tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 2. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang etika dalam majelis

2.1        Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11 tentang etika dalam majelis.

2.2        Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah:11 tentang etika dalam majelis. 

2.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Mujaadalah:11 tentang etika dalam majelis.

2.4        Membiasakan beretika yang baik dalam majlis seperti yang terkandung QS al-Mujaadalah:11 tentang etika dalam majelis.

 

  3. Memahami ayat-ayat al- Qur'an tentang etos kerja

3.1  Mengartikan QS al-Jumu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 etos kerja.

3.2  Menjelaskan kandungan QS al-Jumu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 etos kerja.

3.3  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan    QS al-Jumu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 etos kerja

3.4  Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam  QS al-Jumu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 tentang etos kerja

 

  4. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang makanan yang halal dan baik

4.1  Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169; QS al-Baqarah 172-173 tentang makanan yang halal dan baik.

4.2  Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:168-169; QS al-Baqarah 172-173 tentang makanan yang halal dan baik.

4.3  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:168-169; QS al-Baqarah; 172-173 tentang makanan yang halal dan baik.

4.4  Mengidentifikasi makanan yang halal  dan baik seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169; QS al-Baqarah 172-173 tentang makanan yang halal dan baik.

4.5  Menerapkan perilaku memakan makanan yang halal dan baik seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169; QS al-Baqarah 172-173 tentang makanan yang halal dan baik.

 

 5. Mampu memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang potensi akal dan ilmu

5.1  Mengartikan QS al-Baqarah: 164; QS Ali Imraan:190-191;QS al-A’raaf: 179; QS al-Israa’:36; QS ar-Rahmaan:1-4 tentang ilmu.

5.2  Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah: 164; QS Ali Imraan:190-191;QS al-A’raaf: 179; QS al-Israa’:36; QS ar-Rahmaan:1-4 tentang ilmu. 

5.3  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan   QS al-Baqarah: 164; QS Ali Imraan:190-191;QS al-A’raaf: 179; QS al-Israa’:36; QS ar-Rahmaan:1-4 tentang ilmu.

5.4  Menfungsikan akal untuk mempelajari ilmu- ilmu Allah seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 164; QS Ali Imraan:190-191;QS al-A’raaf: 179; QSal-Israa’:36; QS ar-Rahmaan:1-4 tentang ilmu.

 

 6. Memahami  ayat-ayat al-Qur'an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

6.1   Menerjemahkan QS al-’Alaq: 1-5, QS Yunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

6.2   Menjelaskan kandungan QS al-‘Alaq: 1-5; QS Yunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

6.3   Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-’Alaq: 1-5, QS Yunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

6.4   Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang terkandung dalam QS al-’Alaq: 1-5, QS Yunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

 

7.   Memahami kaidah-kaidah       tafsir al-Qur'an.

7.1 Menjelaskan kaidah-kaidah sederhana yang dibutuhkan oleh penafsir al-Qur'an.

7.2  Menerapkan contoh-contoh

penggunaan kaidah-kaidah sederhana dalam menafsirkan al-Qur'an.

 

8. Mengenal metode analisis 

   (tahliili) dan tafsir tematik

   (maudhuu’i)

8.1 Menjelaskan macam-macam metode dalam menafsirkan al-Qur'an.

8.2 Menunjukkan contoh metode penafsiran al-Qur'an.

8.3 Menerapkan metode-metode tafsir

      dalam menafsirkan al-Qur'an.

 

 

 

 

9.            HADIS

 

a. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.    Memahami ilmu hadis

 

 

1.1     Menjelaskan pengertian ilmu hadis

1.2     Menjelaskan macam-macam ilmu hadis dan faedah mempelajarinya

1.3     Menyebutkan pengarang ilmu hadis

 

3.    Memahami cara menerima dan menyampaikan hadis

3.1     Menjelaskan macam-macam cara penerimaan riwayat hadis (tahaamulul  hadis)

3.2     Menjelaskan lafal-lafal yang digunakan untuk meriwayatkan hadis (adaa’ul hadis)

 

4.      Memahami pembagian hadis berdasarkan jumlah perawinya

4.1  Menjelaskan pengertian, syarat-syarat ,  macam-macam dan contoh hadis mutawatir

4.2  Menjelaskan pengertian dan klasifikasi hadis ahad

 

5.      Memahami hadis berdasarkan kualitas sanad

 

5.1     Menjelaskan pengertian,  syarat-syarat, klasifikasi dan contoh hadis shaahiih

5.2     Menjelaskan pengertian, klasifikasi, dan contoh hadis hasan

5.3     Menjelaskan hadis da’iif

5.4     Menjelaskan hadis da’iif berdasarkan gugur rawi dalam sanad dan contohnya

5.5     Menjelaskan hadis da’iif berdasarkan cacat rawi dalam sanad dan contohnya

 

10.  Memahami hadis berdasarkan tempat penyandarannya

6.1     Menjelaskan pengertian dan contoh hadis qudsi

6.2     Menjelaskan pengertian dan contoh hadis marfuu’

6.3     Menjelaskan pengertian dan contoh hadis mauquuf

6.4     Menjelaskan pengertian dan contoh hadis maqthuu’

 

 

 

 

b. Kelas XI, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.         Memahami macam-macam hadis berdasarkan sifat sanad

 

 

1.1     Menjelaskan hadis mutasil, musnad, mu’an’an, musalsal, ‘ali dan naazil

1.2     Menunjukkan contoh-contoh hadis mutasil, musnad, mu’an’an, musalsal, ‘ali dan naazil

 

2.         Memahami macam- macam hadis ditinjau dari diterima atau ditolaknya menjadi hujah

2.1     Menjelaskan pengertian, macam-macam, dan contoh hadis maqbul

2.2     Menjelaskan pengertian, macam-macam, dan contoh hadis mardud

 

 

 

3.         Memahami ilmu jarh dan ta’dil

 

3.1     Menjelaskan pengertian jarh dan ta’dil

3.2     Menjelaskan susunan lafal yang digunakan untuk melakukan al-jarh wa at-ta’dil

 

4.         Mengenal sejarah singkat sahabat yang banyak meriwayatkan hadis dan pentakhrij hadis yang dikenal sebagai perawi hadis

 

 

 

 

 

 

 

4.1     Menjelaskan sejarah singkat sahabat yang banyak meriwayatkan hadis ( Abu Hurairah, ‘Abdullah ibn ‘Umar, Anas ibn Malik, ‘A’isyah Ummul Mu’minin

4.2     Menjelaskan sejarah singkat enam perawi hadis (Imam Buhkori, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam Turmudzi, Imam Nasa’i, Imam Ibnu Majah)

4.3     Menunjukkan contoh karya-karya enam perawi hadis (Imam Buhkori, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam Turmudzi, Imam Nasa’i, Imam Ibnu Majah)

 

5.         Memahami kitab kitab hadis

5.1     Menjelaskan kitab al-Jami’, as-Sunan, al-Mushannaf, al-Mustadrak, al-Mustakhraj, al-Musnad, dan al-Mu’jam

5.2     Menyebutkan contoh kitab al-Jami’, as-Sunan, al-Mushannaf, al-Mustadrak, al-Mustakhraj, al-Musnad, dan al-Mu’jam

5.3     Mengidentifikasi pengelompokan kitab hadis.

 

 

 

 

c. Kelas XII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.  Memahami hadis tentang taat kepada Allah dan rasul-Nya

1.1        Mengartikan hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya.

1.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya.

1.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya 

1.4        Menerapkan dalam kehidupan perilaku untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya seperti yang terkandung dalam hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya

 

 

2.  Memahami hadis tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

2.1        Mengartikan hadis tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

2.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

2.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

2.4        Menerapkan dalam kehidupan untuk meningkatkan keimanan dengan adanya kebesaran dan kekuasaan Allah seperti yang terkandung dalam hadis dalam kehidupan sehari-hari.

 

3.  Memahami hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

3.1        Mengartikan hadis tentang syukur.

3.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang syukur.

3.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang syukur.

3.4        Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti yang terkandung dalam hadis tentang syukur nikmat

 

4.  Memahami hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa

4.1        Mengartikan Hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa

4.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa

4.3        Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhuafa

4.4        Menerapkan perilaku hidup sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa pada hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa dalam kehidupan sehari-hari

 

5.  Memahami hadis tentang pemanfaatan kekayaan alam

5.1        Mengartikan hadis  tentang pemanfaatan kekayaan alam

5.2        Menjelaskan kandungan hadis  tentang pemanfaatan kekayaan alam

5.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis  tentang pemanfaatan kekayaan alam

 

 

5.4        Menerapkan cara memanfaatkan kekayaan alam seperti yang terkandung hadis  tentang pemanfaatan kekayaan alam

 

6.  Memahami hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.

6.1        Mengartikan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.

6.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.

6.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.

6.4        Melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar seperti dalam hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.

 

7.  Memahami hadis tentang ujian dan cobaan

7.1        Mengartikan hadis tentang ujian dan cobaan.

7.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang ujian dan cobaan.

7.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan  hadis tentang ujian dan cobaan.

7.4        Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam hadis tentang ujian dan cobaan.

 

 

 

 

d. Kelas XII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.  Memahami hadis tentang kewajiban berdakwah

 

1.1        Mengartikan hadis tentang kewajiban berdakwah.

1.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang kewajiban berdakwah.

1.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang kewajiban berdakwah.

1.4        Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam hadis tentang berdakwah dalam kehidupan sehari-hari.

 

2.  Memahami  hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

2.1        Mengartikan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan  hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.4        Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam hadis tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari.

 

3.  Memahami hadis tentang kepemimpinan

3.1         Mengartikan hadis tentang kepemimpinan.  

3.2         Menjelaskan kandungan hadis tentang kepemimpinan   

3.3         Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan   hadis tentang kepemimpinan.

3.4         Menerapkan konsep kepemimpinan seperti yang terkandung dalam hadis tentang kepemimpinan.

 

4.  Memahami hadis tentang menyelesaikan perselisihan.

4.1           Mengartikan hadis tentang menyelesaikan perselisihan

4.2           Menjelaskan kandungan hadis tentang menyelesaikan perselisihan.

4.3           Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang menyelesaikan perselisihan.

4.4           Melaksanakan langkah-langkah dalam penyelesaikan perselisihan seperti yang terkandung dalam hadis tentang menyelesaikan perselisihan dalam kehidupan sehari-hari.

 

5.  Memahami hadis tentang berlaku adil dan jujur

5.1      Mengartikan  hadis tentang berlaku adil dan jujur.

5.2         Menjelaskan kandungan hadis tentang berlaku adil dan jujur.

5.3         Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang berlaku adil dan jujur.

5.4         Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkata-an dan perbuatan seperti yang terkandung dalam hadis tentang berlaku adil dan jujur.

 

6.  Memahami hadis tentang toleransi dan etika pergaulan

6.1        Mengartikan hadis tentang etika pergaulan.

6.2        Menjelaskan kandungan hadis tentang etika pergaulan.

6.3        Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang etika pergaulan.

6.4        Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam hadis tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.

 

7.  Memahami hadis tentang etika dalam majelis

7.1      Mengartikan hadis tentang etika dalam majelis

 7.2    Menjelaskan kandungan hadis tentang etika dalam majelis 

7.3           Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan  hadis tentang etika dalam majelis

7.4           Membiasakan beretika yang baik dalam majelis seperti yang terkandung dalam hadis tentang etika dalam majelis

 

8.  Memahami hadis tentang etos kerja

8.1           Mengartikan hadis etos kerja.

8.2           Menjelaskan kandungan hadis etos kerja

8.3           Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan    hadis etos kerja

8.4           Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam hadis tentang etos kerja

9.  Memahami hadis tentang makanan yang halal dan baik

9.1           Menerjemahkan hadis tentang makanan yang halal dan baik.

9.2           Menjelaskan kandungan hadis tentang makanan yang halal dan baik.

9.3           Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang makanan yang halal dan baik.

9.4           Mengidentifikasi makanan yang halal  dan baik seperti yang terkandung dalam hadis tentang makanan yang halal dan baik.

9.5           Menerapkan perilaku memakan makanan yang halal dan baik seperti yang terkandung dalam hadis tentang makanan yang halal dan baik.

 

10.  Mampu memahami hadis tentang potensi akal dan ilmu

10.1       Mengartikan hadis tentang ilmu.

10.2       Menjelaskan kandungan hadis tentang ilmu. 

10.3       Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan   hadis tentang ilmu.

10.4       Menfungsikan akal untuk mempelajari ilmu- ilmu Allah seperti yang terkandung dalam hadis tentang ilmu.

 

 

 

 

 

11.        FIKIH

 

a. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.        Memahami ketentuan Islam tentang jinaayah dan hikmahnya

1.1     Menjelaskan hukum pembunuhan dan hikmahnya

1.2     Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang kisas dan hikmahnya

1.3     Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang diyat dan kafaarat beserta hikmahnya

1.4     Menunjukkan contoh-contoh qishaash, diyat, dan kafaarat dalam hukum Islam

 

2.        Memahami ketentuan Islam tentang Huduud dan hikmahnya

2.1     Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang zina dan qadzaf beserta hikmahnya

2.2     Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang minuman keras beserta hikmahnya

2.3     Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang

mencuri, menyamun, dan merampok beserta hikmahnya

2.4     Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang bughat beserta hikmahnya

 

 

 

3.        Memahami ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya

3.1     Menjelaskan proses peradilan dalam Islam

3.2     Mengidentifikasi ketentuan tentang hakim dan saksi dalam peradilan Islam

3.3     Menjelaskan tentang penetapan hukum Islam dan hikmah peradilan Islam

 

4.        Memahami usul-fikih

4.1     Menjelaskan pengertian, objek dan tujuan mempelajari usul-fikih

4.2     Membedakan antara usul-fikih dan fikih

4.3     Menjelaskan hubungan antara usul-fikih dan ilmu lainnya

 

5.        Mengenal sejarah usul-fikih

5.1     Menceritakan tahapan-tahapan perkembangan usul-fikih

5.2     Menjelaskan  peranan usul-fikih dalam pengembangan fikih Islam

5.3     Menjelaskan aliran-aliran usul-fikih

 

6.        Memahami hukum syara’

6.1     Menjelaskan pengertian, fungsi dan kedudukan al-hakim dalam hukum Islam

6.2     Menjelaskan pengertian, fungsi, kedudukan dan pembagian al-hukm dalam hukum Islam

6.3     Menjelaskan pengertian, syarat, dan kedudukan  al-mahkum fih dalam hukum Islam

6.4     Menjelaskan pengertian, syarat, halangan dan kedudukan  al-mahkum ‘alaihi dalam hukum Islam

7.        Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga

7.1     Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam dan hikmahnya

7.2     Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

7.3     Menjelaskan konsep Islam tentang perceraian, iddah, rujuk dan hikmahnya

7.4     Menjelaskan ketentuan Islam tentang pengasuhan anak (hadhanah)

 

8.        Memahami hukum Islam tentang waris

8.1     Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam

8.2     Menjelaskan keterkaitan waris dengan wasiat

8.3     Menunjukkan contoh cara pelaksanaan waris dan wasiat

 

9.        Memahami sumber

        hukum Islam yang  

        muttafaq

 

 

 

 

 

 

9.1  Menjelaskan kedudukan dan fungsi al-Qur'an dan as-sunah sebagai sumber hukum Islam

9.2   Menjelaskan dilaalah al-Qur'an dan as-sunah dalam kaitannya dengan hukum

9.3   Menjelaskan pengertian, fungsi, dan kedudukan ijmaa’ dalam hukum Islam

9.4   Menjelaskan pengertian, fungsi, dan kedudukan qiyaas dalam hukum Islam

10.    Memahami sumber hukum Islam yang mukhtalaf

10.1 Menjelaskan fungsi dan kedudukan istihsaan sebagai salah satu dasar hukum Islam

10.2 Menjelaskan fungsi dan kedudukan maslahah mursalah sebagai salah satu dasar hukum Islam

10.3 Menjelaskan fungsi dan kedudukan ’urf sebagai salah satu dasar hukum Islam

10.4 Menjelaskan fungsi dan kedudukan istishhab sebagai salah satu dasar hukum Islam

10.5 Menjelaskan fungsi dan kedudukan syar’u man qablana sebagai salah satu dasar hukum Islam

10.6 Menjelaskan fungsi dan kedudukan madzhab shahabi sebagai salah satu dasar hukum Islam

10.7 Menjelaskan fungsi dan kedudukan syadudz dzari’at sebagai salah satu dasar hukum Islam

10.8 Menjelaskan fungsi dan kedudukan dalalatul iqtiran sebagai salah satu dasar hukum Islam

 

 

 

 

 

b. Kelas XII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.        Memahami ketentuan Islam tentang siyasah syar’iyah

1.1     Menjelaskan ketentuan Islam tentang pemerintahan (khilafah)

1.2     Menjelaskan majelis syura dalam Islam

 

2.        Memahami ketentuan Islam tentang jihad

2.1     Menjelaskan konsep jihad dalam Islam

2.2     Menunjukkan contoh perlakuan Islam terhadap Ahl al-Dzimmah

 

3.        Memahami kaidah-kaidah usul fikih

3.1     Menjelaskan pengertian dan penerapan kaidah amar dan nahi

3.2     Menjelaskan pengertian dan penerapan kaidah ’am dan khas

3.3     Menjelaskan pengertian dan penerapan kaidah mujmal dan mubayyan

3.4     Menjelaskan pengertian dan penerapan kaidah muradhif dan musytarak

3.5     Menjelaskan pengertian dan penerapan kaidah muthlaq muqayyad

3.6     Menjelaskan pengertian dan penerapan zahir dan ta’wil

3.7     Menjelaskan pengertian dan penerapan kaidah manthuq dan mafhum

3.8     Menjelaskan pengertian dan penerapan nasikh dan mansukh

 

 

 

 

c. Kelas XII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.      Memahami mazhab dalam fikih Islam

1.1 Menjelaskan pengertian mazhab

1.2 Menjelaskan sejarah tokoh mazhab dalam fikih

1.3  Mengidentifikasi masing-masing karakteristik mazhab

 

1.4  Menujukkan contoh-contoh perbedaan antar mazhab

1.5  Menjalankan hikmah adanya perbedaan mazhab

2.      Memahami persoalan pengembangan hukum Islam

2.1  Menjelaskan pengertian, macam-macam, syarat-syarat, dan fungsi ijtihad

2.2  Menjelaskan pengertian dan cara penyelesaian ta’arudl al-adillah

2.3  Menjelaskan pengertian dan cara tarjih dalam hukum Islam

2.4  Membedakan antara taqlid dan ittiba’

2.5  Menjelaskan pengertian dan kedudukan talfiq dalam fikih

 

 

 

 

 

 

 

12.        ILMU KALAM

 

 

a. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.  Memahami persoalan-persoalan yang berkaitan dengan keimanan

1.1        Menjelaskan isra’ mi’raj dan hikmahnya

1.2        Menjelaskan turunnya Dajjal dan hikmahnya

1.3        Menjelaskan turunnya Nabi Isa dan hikmahnya

1.4        Menjelaskan Ya’juz dan Ma’juz dan hikmahnya

1.5        Menjelaskan Imam Mahdi dan hikmahnya

2. Memahami ilmu kalam

2.1     Menjelaskan pengertian ilmu kalam

2.2     Menjelaskan nama-nama ilmu kalam dan sebab penamaan masing-masing.

2.3     Menjelaskan ruang lingkup ilmu kalam

2.4     Menjelaskan fungsi ilmu kalam

2.5     Menjelaskan peranan dalil dalam ilmu kalam

2.6     Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu-ilmu lain

 

 

 

b. Kelas XI, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami sejarah munculnya aliran ilmu kalam

1.1    Menjelaskan akidah pada masa Nabi   

        Muhammad SAW

1.2   Menjelaskan akidah pada masa sahabat

1.3 Menjelaskan faktor-faktor timbulnya aliran-aliran ilmu kalam

2. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan doktrin-doktrinnya.

2.1  Menjelaskan aliran Khawarij dan doktrin-doktrinnya

2.2  Menjelaskan aliran Murji’ah dan doktrin-doktrinnya

2.3  Menjelaskan aliran Syi’ah dan doktrin-

doktrinnya

2.4  Menjelaskan aliran Jabariyah dan Qadariyah serta doktrin-doktrinnya

2.5  Menjelaskan aliran Mu’tazilah dan doktrin-doktrinnya

2.6  Menjelaskan aliran Asy’ariyah dan doktrin-doktrinnya

2.7  Menjelaskan aliran Maturidiyah dan doktrin- doktrinnya

 

 

 

 

c. Kelas XII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.  Memahami hal-hal yang terjadi pada hari kiamat

1.1     Menjelaskan masalah ba’ats, hasyr dan mauqif serta hikmahnya

1.2  Menjelaskan pertanggung jawaban amal perbuatan, catatan amal perbuatan dan mizan serta hikmahnya

1.3  Menjelaskan qishas, shirat dan syafa’at

1.4  Menjelaskan surga dan neraka, haudhul maurud, kautsar serta hikmahnya

 

2. Memahami perkembangan aliran-aliran ilmu kalam

2.1   Menjelaskan kejayaan dan kemunduran aliran Mu’tazilah

2.3    Menjelaskan kejayaan dan kemunduran aliran Asy’ariyah

2.3   Menjelaskan pemikiran kalam setelah mihnah

 

 

 

 

d. Kelas XII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.   Memahami persoalan-persoalan pokok ilmu kalam menurut perspektif aliran kalam

1.1   Menjelaskan wahyu dan akal menurut perspektif aliran kalam 

1.2   Menjelaskan iman dan kufur menurut perspektif aliran kalam

1.3   Menjelaskan pelaku dosa besar menurut perspektif aliran kalam

1.4   Menjelaskan perbuatan Tuhan menurut perspektif aliran kalam

1.5   Menjelaskan kehendak, kekuasaan dan perbuatan manusia menurut perspektif aliran kalam

1.6   Menjelaskan kalamullah menurut perspektif aliran kalam

1.7   Menjelaskan sifat-sifat Tuhan menurut perspektif aliran kalam

1.8   Menjelaskan kehendak mutlak Tuhan dan keadilan Tuhan menurut perspektif aliran kalam

 

 

 

 

 

2.  Mengenal pemikiran kalam ulama modern

2.1   Menceritakan pemikiran kalam Muhammad Abduh

2.2   Menceritakan pemikiran kalam Sayyid Ahmad khan

2.3   Menceritakan pemikiran kalam Muhammad Iqbal

 

 

 

 

 

 

 

Ditetapkan di  : Jakarta

Pada Tanggal  :  6 Mei 2008

MENTERI AGAMA RI,

Cap dan ttd.

 

 

MUHAMMAD M. BASYUNI