RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Kelas / Smt : XII / I
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
I. Kompetensi Dasar
Memahami etos kerja dalam Islam
II. Indikator / Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
Membaca QS Al Jumu`ah : 9 – 10 dengan baik dan benar.
Menjelaskan pengertian etos kerja dalam QS Al Jumu`ah : 9 - 10
Menyebutkan beberapa hukum bacaan dalam QS Al Jumu`ah : 9 – 10
Menjelaskan kandungan QS Al Jumu`ah : 9 - 10
III. Materi pokok : QS Al Jumu`ah : 9 - 10
Uraian materi pokok :
· Etos kerja menurut QS Al Jumu`ah : 9 - 10
· Beberapa hukum bacaan dalam QS Al Jumu`ah : 9 – 10
· Kandungan dalam QS Al Jumuah : 9 - 10
IV. Pendekatan & strategi Pembelajaran :
Pendekatan : Keimanan, Ekspositori, Inquiry, Rasional
Strategi Pemb. : Everyone is a teacher here, Interactive lecturing
V. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
1. Menarik perhatian siswa (salam, dsb)
2. Apersepsi (menanyakan tentang tujuan penciptaan binatang di muka bumi)
B. Kegiatan Inti
1. Guru membagikan kertas kepada seluruh siswa dan menyuruh siswa membuat
satu pertanyaan seputar materi
2. Kumpulkan kertas, mengacaknya dan membagikan kepada setiap siswa.
3. Minta peserta didik secara suka rela membaca pertanyaan tersebut dan
menjawabnya
4. Setelah jawaban diberikan, mintalah peserta didik lainnya untuk menambahkan
5. Guru juga menambahkan materi yang belum tersampaikan.
Kegiatan Akhir
1. Memberikan tugas porto folio
2. Memberitahukan materi pelajaran pada pertemuan selanjutnya (qishas)
3. Mengakhiri pembelajaran secara Islami
VI. Penilaian
a. Pengamatan : sikap dan tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas guru
b. Penugasan : Hapalan Surat Al Jumu`ah : 9 - 10
c. Tes Tertulis : -
VII. Sumber Bacaan
a. Sumber : - Margiono, dkk. Pendidikan Agama Islam 3 (Yudhistira: Jakarta,
2007)
- http://pustaka.wordpress.com/2007/01/06/48/
b. Alat : OHP / Transparency
Dosen Pembimbing
Drs. Sarjono, M. Ag
NIP : 150XXXXX
Mahasiswa Praktikan
Ahmad Ridlowi
NIM : 06410060
No comments:
Post a Comment