STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH
A. LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. al-Qur'an-hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. al-Qur'an-hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek sejarah kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMP/MTs, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
B. TUJUAN
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan Hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut:
a. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, rumah, hobi, profesi, kegiatan keagamaan, dan lingkungan.
D. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
a. Kelas VII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah. | 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang: التعارف - المدرسة |
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : التعارف - المدرسة | |
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
2. Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah | 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang: التعارف - المدرسة |
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
3. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah | 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang: التعارف - المدرسة |
2.1 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
2.2 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
4. Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah | 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang التعارف - المدرسة |
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat (مبتدأ + خبر ), dengan مبتدأ yang meliputi: (ضمير مفرد، إشارة مفرد) dan خبر yang meliputi kata sifat, termasuk warna dan أدوات جرّ |
b. Kelas VII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal. | 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang: التعارف - المدرسة |
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : التعارف - المدرسة | |
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
2. Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal | 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang: التعارف - المدرسة |
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
3. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog | 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang: التعارف - المدرسة |
sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal | 3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang: التعارف - المدرسة |
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
4. Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal | 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang: التعارف - المدرسة |
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: التعارف - المدرسة | |
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat : خبر مقدم - مبتدأ مؤخر - نعت - خبر (فعل مضارع للمفرد) - عدد (رقم) : 1 - 100 |
c. Kelas VIII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah | 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang: الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت 1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت 1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang: الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت |
2. Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah | 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت |
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت | |
3. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah | 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang: الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت |
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang: الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت | |
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang: الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت | |
4. Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah | 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang: الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat: جملة اسمية – مفعول به – جملة فعلية |
d. Kelas VIII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi | 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang: الهواية - المهنة |
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : الهواية - المهنة | |
1.1 Melakukan dialog sederhana tentang: الهواية - المهنة | |
1.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: الهواية - المهنة | |
2. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi | 2.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang: الهواية - المهنة |
2.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang: الهواية - المهنة | |
2.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang: الهواية - المهنة | |
3. Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi | 3.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang: الهواية - المهنة |
2.3 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: الهواية - المهنة | |
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat : ( أن ، لن ، لـ ) + فعل مضارع - فعل مضارع + مصدر مؤول |
e. Kelas IX, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan | 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang: المناسبات الدينية |
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المناسبات الدينية | |
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang: المناسبات الدينية | |
2. Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan | 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang المناسبات الدينية |
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: المناسبات الدينية | |
3. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan | 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang: المناسبات الدينية |
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang: المناسبات الدينية | |
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang: المناسبات الدينية | |
4. Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara keagamaan | 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang : المناسبات الدينية |
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: المناسبات الدينية | |
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat : لا الناهية – لم – الفعل الماضي في الجملة الفعلية |
f. Kelas IX, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata | 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang: السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة |
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة | |
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang: السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة | |
2. Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata | 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang : السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة |
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة | |
3. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata | 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang: السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة |
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang: السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة | |
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang: السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة | |
4. Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang berwisata. | 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang: السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة |
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة | |
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat : المجرد والمزيد - فعل الأمر - اسم التفضيل – الموصول |
E. ARAH PENGEMBANGAN
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment