02 June, 2009

Soal Akhlak dan Pembelajarannya


Oleh :
Drs. Nurhidayat, M.Ag
Dr. H. Sumedi, M.Ag
Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Munawar Khalil, M.Ag


  1. Adakah pertentangan antara kriteria baik buruknya sifat atau perilaku seseorang menurut pandangan akhlak, moral, dan etika? Jelaskan secara argumentatif!
  2. Mengapa seseorang kadalgnkala atau bahkan sering melakukan akhlak tercela?
  3. Metode uswah khasanah untuk pembinaan akhlak sangat cocok terutama untuk anak-anak, tetapi untuk anak remaja dan dewasa diperlukan tambahan metode lain, metode apa yang diperlukan, beri penjelasan mengapa saudara memilih metode tersebut?
  4. Jelaskan dua sabda Rosululloh berikut : “Sebaik-baik manusia adalah orang yang umurnya panjan dan amalnya bagus.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad) dan “Sebaik-baik orang adalah orang yang akhlaknya paling bagus.” (HR. Thabrani)
  5. Nabi SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya aku diutus tiada lain untuk menyempurnakan keutamaan akhlak,” Mengapa akhlak bisa sedemikian penting kedudukannya dalam misi risalah Nabi? Jelaskan!
  6. Menurut sebagian besar pemikir muslim, orientasi pendidikan akhlak adalah terbentuknya keutamaan diri pada setiap individu peserta didik. Dengan orientasi ini, apakah tuntutan yang perlu dipenuhi dalam pendidikan akhlak, jelaskan!
  7. Dalam sebuah hadits, Nabi SAW menyebutkan 3 (tiga) ciri-ciri orang munafik. Tulislah lengkap dengan syakalnya hadits Nabi dimaksud dan terangkan relevansi aktual kandungan isinya untuk tuntunan hidup kekinian!
  8. Jelaskan pengertian akhlak, ilmu akhlak, serta ruang lingkupnya!
  9. Apa perbedaan proses pembentukan antara tingkahlaku lahir dan tingkah laku batin?
  10. baik dan buruk bersifat relatif karena kriteria yang digunakan untuk menentukan demarkasi antara keduanya berbeda. Jelaskan teori-teori tentang baik dan buruk lalu bagaimana pandangan Islam tentang baik dan buruk?
  11. Terdapat beberapa prinsip dalam pendidikan akhlak/karakter yang perlu diterapkan oleh guru/ pendidik. Jelaskan tiga prinsip saja dan implikasinya dalam pembelajaran skhlak di sekolah / madrasah!
  12. Dalam filsafat moral dikenal aliran etika keutamaan dan etika kewajiban. Jelaskan pengertian masing-masing dan perbedaan diantara keduanya!
  13. Jelaskan implikasi dari sifat Tuhan yang Maha Pengasih, Maha Adil, dan Maha Pengampun bagi manusia!
  14. Buatkanlah skema pemikiran dalam surah Al Baqarah : 177 dan jelaskan kaitannya dengan persoalan akhlak!
  15. Tuliskan lengkap dengan syakalnya surah Al Isra : 26 – 27 tentang larangan berlaku boros, kemudian jelaskan kandungan isinya!
  16. Buatlah RPP singkat mengenai Akhlak yang meliputi: kompetensi, indikator, materi pokok, langkah-langkah pembelajaran, dan sistem evaluasinya (untuk siswa MA)!
  17. Apakah langkah konkret saudara setelah mengikuti kuliah akhlak dan pembelajarannya dalam dunia pendidikan ke depan, jelaskan!

No comments:

Post a Comment