02 June, 2009

Soal Tauhid dan Pembelajarannya

Soal Tauhid dan Pembelajarannya
Oleh :
Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Dr. Sangkot Sirait
Dr. Mahmud Arif
Apakah yang dimaksud dengan tauhid. Mengapa tauhid dianggap sebagai prinsip dasar keimanan (akidah) seseorang? Jelaskan!
Dalam perspektif epistemologis, tauhid merupakan prinsip utama integrasi ilmu. Ini berarti setidaknya tauhid mendasari integrasi obyek ilmu, sumber ilmu dan metodenya. Coba saudara jelaskan makna tauhid dalam perspektif epistemologis tersebut.
Apa saja langkah yang harus ditempuh dalam pengambangan pembelajaran tauhid?
Apa yang dimaksud dengan tauhid sosial. Dalam tauhid sosial, nilai-nilai tauhid perlu diartikulasikan ke dalam kehidupan sosial, seperti disebutkan dalam surat al Maun. Tuliskan ayat tersebut beserta syakalnya, dan berikan penjelasan kandungan surat tersebut secukupnya.
Terdapat dua ajaran pokok dalam Islam yang saling memberi arti satu dengan yang lain.
Berilah penjelasan pada masing-masing ajaran tersebut.
Akidah memiliki watak dasar taabbudi-irrasional sedangkan syariah memiliki watak taaqqili-rasional. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut.
Misi profetik kerasulan Nabi adalah humanisme, liberasi dan transendensi. Apa maksud pernyataan tersebut itu. Kuatkan argumen anda dengan dalil.
Fase pertumbuhan ilmu tauhid mengalami perkembangan yang khas pada msing-masing fase.
Kemukakan masing-masing fase perkembangan tauhid.
Pada fase manakah yang paling banyak mengeluarkan aliran madzhab teologi, berikan argumennya.
Apa definisi modern dalam pandangan kaum modernis. Berilah penjelasan mengenai pergeseran dari periode mitos dan ideologis kepada periode ide dan ilmu. Apa yang paling berkesan bagi anda dari pemikiran Nurkholis Majid?

No comments:

Post a Comment