26 July, 2009

Tawakal

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran          : Aqidah Akhlak
Pokok Bahasan         : Tawakal
Sub Pokok Bahasan : Pengertian, arti penting, bentuk, dan dampak positif tawakal serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Satuan Pendidikan     : MTs Negeri ***********
Kelas/Semester         : VIII/I
Waktu                       : 2X 40 Menit
Pertemuan Ke           : VI (Enam)
I. Standar Kompetensi
Menerapkan akhlak terpuji pada diri sendiri
II. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan pengertian, bentuk, dan pentingnya tawakal.
2. Membiasakan diri berlaku tawakal serta dampak positifnya.
III. Indikator
Siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal.
2. Menyebutkan dan menjelaskan bentuk-bentuk tawakal.
3. Menjelaskan dampak positif tawakal
4. Menerapkan sikap tawakal dalam kehidupan sehari-hari
IV. Materi Standar
1. Materi Pokok
1) Pengertian tawakal.
2) Bentuk-bentuk tawakal.
3) Dampak positif tawakal
4) Contoh perilaku tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
2. Uraian Materi
a. Pengertian tawakal
Secara bahasa à tawakal / tawakul berasal dari kata kerja توكل (tawakala) = bersandar / berserah diri / mewakilkan. Sedangkan menurut Imam Al Ghazali, tawakal adalah ”menyandarkan diri kepada Allah SWT dalam menghadapi setiap kepentingan, bersandar kepada Nya dalam waktu kesukaran, teguh hati ketika ditimpa bencana, dengan jiwa yang tenang dan hati yang tentram.” Firman Allah dalam QS Ibrahim : 11
11. Rasul-rasul mereka Berkata kepada mereka: "Kami tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, akan tetapi Allah memberi karunia kepada siapa yang dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. dan tidak patut bagi kami mendatangkan suatu bukti kepada kamu melainkan dengan izin Allah. dan Hanya kepada Allah sajalah hendaknya orang-orang mukmin bertawakkal.
b. Bentuk-bentuk tawakal
1. Seseorang meninggalkan unta tanpa mengikatnya terlebih dahulu. Kemudian ia berkata ”Aku telah bertawakal kepada Allah.” Lalu Rosululloh SAW bersabda: ”Ikatlah terlebih dahulu (untamu), setelah itu maka bertawakallah”. Sebagaimana hadits: ”Tidaklah termasuk perbuatan tawakal orang yang sengaja menghanguskan dirinya dengan besi panas atau menjatuhkan dirinya dari tempat tinggi.” (HR: Ahmad)
2. Menyerahkan sepenuhnya kepada Allah dengan usaha semaksimal mungkin.
c. Dampak positif tawakal
1. Perwujudan dari keimanan dan kepasrahan kepada Allah SWT.
2. Mendukung usaha perdamaian antar sesama manusia.
3. Menguatkan jiwa dalam menghadapi permasalahan hidup.
4. Mendatangkan ketenangan jiwa.
5. Menumbuhkan kesadaran bahwa sesuatu kembali kepada Allah.
6. Mendatangkan kepuasan batin.
d. Membiasakan diri berlaku tawakal
Berusaha sabar ketika sudah berusaha dengan sekuat tenaga, tetapi masih juga mengalami kegagalan.
V. Strategi Pembelajaran
Interactive lecturing, Instan Assessment
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengucapkan salam, menanyakan keadaan siswa dan memulai pembelajaran dengan bacaan basmalah
b. Apersepsi ( mengingat materi sebelumnya)
c. Pre test (menanyakan pengertian tawakal)
d. Memberi Acuan (Menyampaikan indikator yang hendak dicapai)
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan pokok materi disertai tanya jawab dengan siswa.
b. Guru membaca dan menjelaskan dalil yang terkait tawakal.
c. Guru membagikan kepada siswa masing-masing dua kartu indeks yang menyatakan “benar atau salah”
d. Setelah semua siswa mendapatkan kartu indeksnya, kemudian guru membacakan pernyataan dan siswa diminta menjawab dengan menunjukkan kartu indeksnya
e. Apabila pernyataan tersebut benar, maka siswa menunjukkan kartu indeks yang mengisyaratkan B sambil berseru Yes
f. Apabila pernyatan tersebut salah, maka siswa menunjukkan kartu indeks yang mengisyaratkan S sambil berseru No.
g. Guru memberikan klarifikasi dari materi yang telah dijelaskan
h. Guru memberi kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
b. Post Test
c. Guru menutup pelajaran dengan salam.
VII. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas
v Penugasan : Menjawab soal
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Jelaskan pengertian tawakal
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya,
menerima pendapat orang lain, dan antusiasme dalam
mengikuti pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.
3. Instrument
a. Pre Test :
Apa yang dimaksud dengan tawakal?
b. Post Test :
1. Apa dampak positif tawakal?
2. Sebutkan contoh sikap tawakal dalam kehidupan sehari-hari?
c. Pernyataan :
1. Tawakal secara bahasa adalah tawakal atau tawakul. (B)
2. Tawakal adalah berserah diri pada Allah tanpa harus terlebih dahulu berusaha. (S)
3. Dampak positif tawakal adalah menjadikan kita malas. (S)
VIII. Sumber dan Alat
1. Sumber:
1. Masan AF, Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas VIII, Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2009.
2. Siti Syarifah, Star Sholeh (Aqidah Akhlak) Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Solo. Putra Kertonatan. 2009.
3. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung.CV Penerbit Diponegoro.2005
2. Alat:
Alat Tulis, Kartu Indeks.
Yogyakarta, 24 Juli 2009

           Mengetahui,
Guru Pembimbing                               Mahasiswa Praktikan
Dra. Hj. Roslaini Hanafiah                  Aan Nursani Jamilah
NIP. 150183749                               NIM. 05410197

No comments:

Post a Comment