Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Pokok Bahasan : Ikhtiar
Sub Pokok Bahasan : Pengertian, arti penting, bentuk, dan dampak positif ikhtiar serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Satuan Pendidikan : MTs Negeri **********
Kelas/Semester : VIII/I
Waktu : 2X 40 Menit
Pertemuan Ke : VII (Tujuh)
I. Standar Kompetensi
Menerapkan akhlak terpuji pada diri sendiri
II. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan pengertian, bentuk, dan pentingnya ikhtiar.
2. Membiasakan diri berlaku ikhtiar, dampak positifnya, dan menyebutkan contohnya.
III. Indikator
Siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhtiar.
2. Menyebutkan dan menjelaskan bentuk-bentuk ikhtiar.
3. Menjelaskan dampak positif ikhtiar
4. Menerapkan sikap ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari
IV. Materi Standar
1. Materi Pokok
1) Pengertian ikhtiar.
2) Bentuk-bentuk ikhtiar.
3) Dampak positif ikhtiar
4) Contoh perilaku ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari.
2. Uraian Materi
a. Pengertian Ikhtiar
Secara bahasa berarti memilih (احتيا ر), bisa juga berarti berusaha. Islam menganjurkan kepada orang-orang yang beriman bahwa manusia wajib berusaha semaksimal mungkin, sedangkan hasilnya ada pada kekuasaan Allah semata. Firman Allah dalam QS An Najm : 39
39. Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang Telah diusahakannya, (QS An Najm : 39)
b. Bentuk-bentuk ikhtiar
1. Wildan malu kepada teman-teman karena belum hafal bacaan sholat. Karena malu ia berusaha semaksimal mungkin hingga akhirnya ia bisa.
2. Pak Abdulla seorang Islam yang belum bisa menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Secara tidak sengaja ia melihat TV dan mendengarkan pengajian. Saat itu ia baru sadar bahwa Islam melarang berjudi dan minum-minuman keras. Dengan usaha keras untuk menghindarinya, akhirnya ia menjadi mukmin yang baik.
c. Dampak positif tawakal
1. Terhormat dalam pandangan Allah dan sesama manusia karena sikap jujur yang dimiliki.
2. Bisa berhemat dalam membelanjakan rezeki dari Allah SWT.
3. Merasa puas karena kebutuhan hidupnya tercukupi.
4. Kebahagiaan dunia dan akhirat akan tercapai.
d. Membiasakan diri berlaku tawakal
Semua manusia mempunyai kebutuhan. Tetapi kita harus percaya bahwa Allah maha Pemurah lagi Maha Penyayang kepada makhluknya. Oleh karena itu, manusia harus berusaha secara maksimal sesuai kemampuan masing-masing.
V. Strategi Pembelajaran
Interactive lecturing, Student Recap
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengucapkan salam, menanyakan keadaan siswa dan memulai pembelajaran dengan bacaan basmalah
b. Apersepsi ( mengingat materi sebelumnya)
c. Pre test (menanyakan pengertian ikhtiar)
d. Memberi Acuan (Menyampaikan indikator yang hendak dicapai)
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan pokok materi disertai tanya jawab dengan siswa.
b. Guru membaca dan menjelaskan dalil yang terkait dengan ikhtiar.
c. Guru mengulang kembali materi yang disampaikan dengan membacakan garis besarnya / inti materi.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
e. Guru menyuruh siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dismpaikan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
b. Post Test
c. Guru menutup pelajaran dengan salam.
VII. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas
v Penugasan : Menyimpulkan materi
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Jelaskan pengertian ikhtiar
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya,
menerima pendapat orang lain, dan antusiasme dalam
mengikuti pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.
3. Instrument
a. Pre Test :
Apa yang dimaksud dengan ikhtiar?
b. Post Test :
1. Apa dampak positif ikhtiar?
2. Sebutkan contoh bentuk sikap ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari!
VIII. Sumber dan Alat
1. Sumber:
1. Masan AF, Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas VIII, Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2009.
2. Siti Syarifah, Star Sholeh (Aqidah Akhlak) Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Solo. Putra Kertonatan. 2009.
3. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung.CV Penerbit Diponegoro.2005
2. Alat:
Alat Tulis, Buku cetak/LKS.
Yogyakarta, 24 Juli 2009
Mengetahui,
Guru Pembimbing Mahasiswa Praktikan
Dra. Hj. Roslaini Hanafiah Aan Nursani Jamilah
NIP. 150183749 NIM. 05410197
No comments:
Post a Comment