26 Juli, 2009

Sabar

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Download RPP

Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak

Pokok Bahasan : Sabar

Sub Pokok Bahasan : Pengertian, arti penting, bentuk, dan dampak positif sabar serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Satuan Pendidikan : MTs Negeri Yogyakarta II

Kelas/Semester : VIII/I

Waktu : 2X 40 Menit

Pertemuan Ke : VIII (Delapan)

I. Standar Kompetensi

Menerapkan akhlak terpuji pada diri sendiri

II. Kompetensi Dasar

Menjelaskan pengertian, bentuk, dampak positif, menyebutkan contoh dan pentingnya sabar, serta membiasakan diri berlaku sabar.

III. Indikator

Siswa dapat :

1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya sabar.

2. Menyebutkan dan menjelaskan bentuk-bentuk sabar.

3. Menjelaskan dampak positif sabar.

4. Menerapkan sikap sabar dalam kehidupan sehari-hari

IV. Materi Standar

1. Materi Pokok

1) Pengertian sabar.

2) Bentuk-bentuk sabar.

3) Dampak positif sabar

4) Contoh perilaku sabar dalam kehidupan sehari-hari.

2. Uraian Materi

a. Pengertian Sabar

Sabar artinya tahan terhadap setiap penderitaan atau sesuatu yang tidak disenangi dengan sikap ridho dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT atau teguh hati tanpa mengeluh dalam menghadapi cobaan dan bencana. Firman Allah dalam QS Lukman : 17

¢Óo_ç6»tƒ ÉOÏ%r& no4qn=¢Á9$# öãBù&ur Å$rã÷èyJø9$$Î/ tm÷R$#ur Ç`tã Ìs3ZßJø9$# ÷ŽÉ9ô¹$#ur 4n?tã !$tB y7t/$¹r& ( ¨bÎ) y7Ï9ºsŒ ô`ÏB ÇP÷tã ÍqãBW{$# ÇÊÐÈ

17. Hai anakku, Dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

Menurut Imam Al Ghazali sabar terbagi tiga, yaitu : sabar dalam ketaatan, sabar saat menghadapi musibah, dan sabar dari maksiat.

b. Bentuk-bentuk dan contoh sabar

1. Siapapun pasti akan mengalami appa yang dinamakan dirundung duka. Ahmad minggu lalu bapaknya meninggal dunia. Tetapi dengan sabar, Ahmad menghadapi cobaan itu.

2. Pada suatu saat Fatimah mendapatkan nilai 90 karena manyontek. Padahal kenyataannya tidak. Tetapi dia menghadapi fitnahan itu dengan sabar, tidak memarahi temannya, dan tidak menggerutu apapun. Hasilnya positif, temannya justru minta maaf kepadanya.

c. Dampak positif tawakal

1. Menguji iman seseorang.

2. Sebagai peringatan Allah SWT kepada manusia.

3. Menjadikan kehidupan kita menjadi damai dan tentram.

4. Mempunyai emosi yang stabil, karena tidak sering marah-marah.

5. Akan memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

d. Membiasakan diri berlaku tawakal

Sabar adalah salah satu akhlak terpuji, juga merupakan salah satu kunci menuju kebahagiaan dan ketentraman hidup. Sabar merupakan suatu pertahanan yang dapat mencegah berbagai dorongan nafsu yang setiap saat menggoda manusia.

V. Strategi Pembelajaran

Interactive lecturing, Information search

VI. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Guru mengucapkan salam, menanyakan keadaan siswa dan memulai pembelajaran dengan bacaan basmalah

b. Apersepsi ( mengingat materi sebelumnya)

c. Pre test (menanyakan pengertian sabar)

d. Membangun motivasi/ minat belajar siswa.

e. Memberi Acuan (Menyampaikan indikator yang hendak dicapai)

2. Kegiatan Inti

a. Guru menjelaskan pokok materi secara bertahap kepada siswa.

b. Guru membaca dan menjelaskan dalil yang terkait dengan sabar.

c. Guru menyuruh siswa mencari sebagian materi yang belum disampaikan dan mengemukakan di depan kelas.

d. Setelah itu guru kembali menyampaikan materi dengan memberikannya secara keseluruhan.

e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

3. Kegiatan Akhir

a. Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.

b. Post Test

c. Guru menutup pelajaran secara Islami

VII. Penilaian

1. Bentuk Penilaian

v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas.

v Penugasan : Mencari informasi dan mencatatnya.

2. Aspek yang Dinilai

v Kognitif : Jelaskan pengertian sabar

v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya,

menerima pendapat orang lain, dan antusiasme dalam

mengikuti pelajaran.

v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.

3. Instrument

a. Pre Test :

Apa yang dimaksud dengan sabar?

b. Post Test :

1. Sebutkan macam-macam sabar!

2. Sebutkan contoh bentuk sikap ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari!

3. Bagaimana ciri-ciri/tanda-tanda orang yang bersikap sabar?

VIII. Sumber dan Alat

1. Sumber:

1. Masan AF, Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas VIII, Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2009.

2. Siti Syarifah, Star Sholeh (Aqidah Akhlak) Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Solo. Putra Kertonatan. 2009.

3. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung.CV Penerbit Diponegoro.2005

2. Alat:

Alat Tulis, Buku Paket.

Yogyakarta, 24 Juli 2009

Mengetahui,

Guru Pembimbing Mahasiswa Praktikan

Dra. Hj. Roslaini Hanafiah Aan Nursani Jamilah

NIP. 150183749 NIM. 05410197

Tidak ada komentar: