26 July, 2009

RPP Syukur

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran          : Aqidah Akhlak
Pokok Bahasan         : Syukur
Sub Pokok Bahasan : Pengertian, arti penting, bentuk, dan dampak positif syukur serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Satuan Pendidikan     : MTs Negeri Yogyakarta II
Kelas/Semester         : VIII/I
Waktu                       : 2X 40 Menit
Pertemuan Ke           : IX (Sembilan)
I. Standar Kompetensi
Menerapkan akhlak terpuji pada diri sendiri
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian, bentuk, dampak positif, menyebutkan contoh dan pentingnya syukur, serta membiasakan diri berlaku sabar.
III. Indikator
Siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya syukur.
2. Menyebutkan dan menjelaskan bentuk-bentuk syukur.
3. Menjelaskan dampak positif syukur.
4. Menerapkan rasa bersyukur dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Materi Standar
1. Materi Pokok
1) Pengertian dan pentingnya syukur.
2) Bentuk-bentuk syukur.
3) Dampak positif syukur.
4) Contoh perilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari.
2. Uraian Materi
a. Pengertian syukur
Menurut bahasa, syukur berasa dari kata : شكرا- يشكر شكر artinya berterima kasih. Secara istilah adalah berterima kasih keepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan kepada kita. Menurut Prof. Dr. Quraisy Syihab, syukur adalah ”menggunakan atau mengolah nikmat yang dilimpahkan Allah SWT sesuai dengan yang dianugerahkan.”
Bersyukur tidak hanya sebatas pada ucapan, tetapi juga harus dibarengi dengan sikap yaitu mengelola semua nikmat yang diberikan oleh Allah SWT secara maksimal sesuai dengan kemampuan dan potensi yang kita miliki. Firman Allah SWT dalam QS An Nahl : 18
bÎ)ur (#rãès? spyJ÷èÏR «!$# Ÿw !$ydqÝÁøtéB 3 žcÎ) ©!$# Öqàÿtós9 ÒOÏm§ ÇÊÑÈ
18. Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
QS. Al Baqarah : 152
þÎTrãä.øŒ$$sù öNä.öä.øŒr& (#rãà6ô©$#ur Í< Ÿwur Èbrãàÿõ3s? ÇÊÎËÈ
152. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu[98], dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
b. Bentuk-bentuk dan contoh syukur
1. Aan semalam belajar akidah akhlak karena besok ada ulangan. Selesai ulangan ia mengucap syukur Alhamdulillah karena mendapatkan nilai 90. ia yakin nilai itu bukan semata hasil jerih payahnya belajar, melainkan juga merupakan nikmat dari Allah SWT.
2. Keluarga Pak Zainal pekerjaannya adalah seorang petani. Setiap panen, baik mencapai nisab atau tidak, Pak Zainal tetap mensyukuri rezekinya sehingga dia selalu memberikan sebagian panennya sebagai zakat mal kepada panitia zakat mal.
c. Dampak positif bersyukur
1. Terhindar dari sifat tamak.
2. Allah akan menambahkan nikmat kepada orang yang selalu bersyukur.
3. Akan terhindar dari sifat kufur nikmat.
4. Menambah kebahagiaan tersendiri karena bisa melakukan apa yang diperintahkan Allah SWT.
d. Membiasakan diri berlaku syukur
Cara bersyukur :
1. Syukur dengan hati, yaitu menyadari sepenuhnya bahwa nikmat yang diberikan adalah semata-mata karena anugerah dan kemurahan Allah.
2. Syukur dengan perbuatan, yaitu mempergunakan nikmat itu pada hal-hal yang diridhoi oleh Allah.
V. Strategi Pembelajaran
Interactive lecturing, The Power of Two
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali pembelajaran secara Islami (salam, menanyakan kabar/keadaan siswa, dan sebagainya)
b. Apersepsi ( mengingat materi sebelumnya)
c. Pre test (menanyakan pengertian sabar)
d. Membangun motivasi/ minat belajar siswa.
e. Prolog, yaitu sebuah pengantar agar siswa dapat mengkondisikan dirinya dalam mengikuti pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan pokok materi kepada siswa secara interaktif (tanya-jawab).
b. Guru membaca dan menjelaskan dasar hukum / dalil yang terkait dengan syukur.
c. Guru menyuruh siswa berpasangan secara kelompok dan kemudian memberikan tugas.
d. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk berpikir sesuai batas waktu yang telah ditetapkan.
e. Guru menunjuk sepasang siswa untuk mengemukakan hasil pekerjaannya.
f. Setelah itu, guru melanjutkan kepada siswa yang lain (jika waktu masih memungkinkan).
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
b. Post Test
c. Guru menutup pelajaran secara Islami (hamdalah dan salam)
VII. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas.
v Penugasan : Mencari informasi dan mempresentasikannya.
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Jelaskan pengertian syukur
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya,
menerima pendapat orang lain, dan antusiasme dalam
mengikuti pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.
3. Instrument
a. Pre Test :
Apa yang dimaksud dengan syukur?
b. Post Test :
1. Sebutkan macam-macam syukur!
2. Sebutkan contoh bentuk sikap syukur dalam kehidupan sehari-hari!
3. Bagaimana ciri-ciri/tanda-tanda orang yang bersyukur?
VIII. Sumber dan Alat
1. Sumber:
1. Masan AF, Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas VIII, Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2009.
2. Siti Syarifah, Star Sholeh (Aqidah Akhlak) Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Solo. Putra Kertonatan. 2009.
3. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung.CV Penerbit Diponegoro.2005
2. Alat:
Alat Tulis (spidol, white board), buku cetak/LKS.
Yogyakarta, 24 Juli 2009

   Mengetahui,
Guru Pembimbing                        Mahasiswa Praktikan
Dra. Hj. Roslaini Hanafiah           Aan Nursani Jamilah
NIP. 150183749                        NIM. 05410197

No comments:

Post a Comment