26 July, 2009

Qana`ah

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran          : Aqidah Akhlak
Pokok Bahasan         : Qana`ah
Sub Pokok Bahasan : Pengertian, arti penting, bentuk, dan dampak positif Qana`ah serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Satuan Pendidikan     : MTs Negeri ******
Kelas/Semester : VIII/I
Waktu : 2X 40 Menit
Pertemuan Ke : X (Sepuluh)
I. Standar Kompetensi
Menerapkan akhlak terpuji pada diri sendiri
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian, bentuk, dampak positif, menyebutkan contoh dan pentingnya Qana`ah, serta membiasakan diri berlaku sabar.
III. Indikator
Siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya Qana`ah.
2. Menyebutkan dan menjelaskan bentuk-bentuk Qana`ah.
3. Menjelaskan dampak positif Qana`ah.
4. Menerapkan sikap Qana`ah dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Materi Standar
1. Materi Pokok
1) Pengertian dan pentingnya qana`ah.
2) Bentuk-bentuk qana`ah.
3) Dampak positif qana`ah.
4) Contoh perilaku qana`ah dalam kehidupan sehari-hari.
2. Uraian Materi
a. Pengertian dan pentingnya qana`ah
Secara bahasa berarti cukup. Secara istilah adalah merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan menjauhkan diri dari sifat ketidakpuasan atau kekurangan. Dengan kata lain berarti rela menerima kenyataan hidup yang dialami. QS. Huud : 6
* $tBur `ÏB 7p­/!#yŠ Îû ÇÚöF{$# žwÎ) n?tã «!$# $ygè%øÍ ÞOn=÷ètƒur $yd§s)tFó¡ãB $ygtãyŠöqtFó¡ãBur 4 @@ä. Îû 5=»tGÅ2 &ûüÎ7B ÇÏÈ
6. Dan tidak ada suatu binatang melata[709] pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710]. semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).
Tidak sedikit orang yang merasa materi melimpah tetapi tetap merasa miskin, tamak, serakah, rakus. Oleh karena itu, agama Islam menganjurkan kepada umatnya agar memiliki sifat Qana`ah. Sifat qana`ah merupakan mesin penggerak batin yang senantiasa mendorong manusia untuk meraih suatu kemajuan hidup yang disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri.
b. Bentuk-bentuk dan contoh syukur
1. Ibu Zahra adalah orang yang hidupnya pas-pasan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Sementara tetangganya adalah orang yang kesehariannya berkehidupan mewah. Namun demikian Ibu Zahra tidak menuntut kepada suaminya agar mencukupi kebutuhan hidupnya seperti tetangganya tersebut.
2. Jamilah adalah orang yang selalu patuh dan taat kepada kedua orang tuanya. Pada suatu hari sepeda yang dipakai untuk pergi ke sekolah rusak, sementara orang tua belum mempunyai uang untuk memperbaiki sepeda tersebut. Karena ia anak yang shalehah, maka ketika ia dianjurkan untuk berjalan kaki, ia lakukan itu tanpa menggerutu sedikit pun.
c. Dampak positif qana`ah
1. Menerima dengan rela apa yang ada
2. Memohon kepada Allah suatu tambahan rezeki yang layak dan diiringi dengan ikhtiar.
3. Menerima dengan sabar akan ketentuan Allah.
4. Senantiasa bertawakal kepada Allah.
5. Tidak tertarik oleh tipu daya yang bersifat duniawi.
d. Membiasakan diri bersikap qana`ah
Untuk menumbuhkan sifat qana`ah memerlukan latihan dan pembiasaan-pembiasaan sejak kecil yang pada akhirnya sifat tersebut akan mendarah daging dalam diri seseorang sebagai bagian dari hidupnya. Dengan demikian hatinya akan senantiasa merasa tenteram dan stabil selama di dunia dan senantiasa siap menyongsong kehidupan di akhirat.
V. Strategi Pembelajaran
Interactive lecturing, Information search, resitasi
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengucapkan salam, menanyakan keadaan siswa dan memulai pembelajaran dengan bacaan basmalah
b. Apersepsi ( mengingat materi sebelumnya)
c. Pre test (menanyakan pengertian qana`ah)
d. Membangun motivasi/ minat belajar siswa.
e. Memberi Acuan (Menyampaikan indikator yang hendak dicapai)
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan pokok materi secara bertahap kepada siswa.
b. Guru membaca dan menjelaskan dalil yang terkait dengan qana`ah.
c. Guru menyuruh siswa mencari sebagian materi yang belum disampaikan dan mengemukakan di depan kelas.
d. Setelah itu guru kembali menyampaikan materi dengan memberikannya secara keseluruhan.
e. Guru menyuruh siswa untuk mengingat kembali materi dari awal (tawakal)
f. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi penegasan terhadap materi/ pokok bahasan tertentu.
b. Post Test
c. Guru menutup pelajaran secara Islami
VII. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas.
v Penugasan : Mencari informasi dan mencatatnya.
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Jelaskan pengertian qana`ah
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya,
menerima pendapat orang lain, dan antusiasme dalam
mengikuti pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.
3. Instrument
a. Pre Test :
Apa yang dimaksud dengan qana`ah?
b. Post Test :
1. Jelaskan pengertian qana`ah!
2. Sebutkan contoh bentuk sikap ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari!
3. Apa saja dampak positif orang yang bersikap qana`ah?
VIII. Sumber dan Alat
1. Sumber:
1. Masan AF, Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas VIII, Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2009.
2. Siti Syarifah, Star Sholeh (Aqidah Akhlak) Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Solo. Putra Kertonatan. 2009.
3. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung.CV Penerbit Diponegoro.2005
2. Alat:
Alat Tulis, Buku Paket.
Yogyakarta, 24 Juli 2009
           Mengetahui,
Guru Pembimbing                                       Mahasiswa Praktikan
Dra. Hj. Roslaini Hanafiah                          Aan Nursani Jamilah
NIP. 150183749                                       NIM. 05410197

No comments:

Post a Comment