Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Pokok Bahasan : Materi pengayaan (kisah teladan Sunan Ampel) & Evaluasi
Sub Pokok Bahasan : Meneladani tokoh Sunan Ampel dan evaluasi pembelajaran
Satuan Pendidikan : MTs Negeri Yogyakarta II
Kelas/Semester : VIII/I
Waktu : 2X 40 Menit
Pertemuan Ke : XI (Sebelas)
I. Standar Kompetensi
Menerapkan akhlak terpuji pada diri sendiri
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan riwayat dan sifat / karakter Sunan Ampel
III. Indikator
Siswa dapat :
1. Menjelaskan riwayat singkat Sunan Ampel.
2. Menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat yang dimilikinya.
3. Menjelaskan dampak positif Qana`ah.
4. Mengambil hikmah dan teladan dari tokoh Sunan Ampel.
5. Mengerjakan soal-soal dengan cepat dan tepat.
IV. Materi Standar
1. Materi Pokok
1) Riwayat singkat Sunan Ampel.
2) Evaluasi pembelajaran.
2. Uraian Materi
Nama asli Sunan Ampel adalah ”Raden Rahmat”. Ayahnya bernama Ibrahim Al-Ghaji (Maulana Malik Ibrahim). Ia lahir di Champa tahun 1401 M dan wafat di Ampel tahun 1448 M.
Ajarannya yang terkenal ialah ”Molimo” yang berarti tidak mau. Sedangkan ”limo” adalah lima perkara. Jadi molimo adalah tidak mau melakukan lima perkara yang terlarang, yaitu : main judi, minum/mabuk-mabukan, mengisap candu/ganja, mencuri, dan main perempuan/ berzina.
V. Strategi Pembelajaran
Interactive lecturing,
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengucapkan salam, menanyakan keadaan siswa dan memulai pembelajaran dengan bacaan basmalah
b. Apersepsi ( mengingat materi sebelumnya)
c. Pre test (menanyakan siapa nama asli Raden Rahmat)
d. Memberi Acuan (Menyampaikan indikator yang hendak dicapai)
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan materi pengayaan secara singkat.
b. Setelah itu guru membagikan soal kepada siswa.
c. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan soal tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
d. Setelah waktu habis, guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menutup pelajaran secara Islami
VII. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas.
v Penugasan : Mengerjakan soal
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Mengerjakan soal
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya,
menerima pendapat orang lain, dan antusiasme dalam
mengikuti pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.
3. Instrument
a. Pre Test :
Siapa nama asli Raden Rahmat?
b. Post Test : Mengerjakan soal
VIII. Sumber dan Alat
1. Sumber:
1. Masan AF, Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas VIII, Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2009.
2. Siti Syarifah, Star Sholeh (Aqidah Akhlak) Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Solo. Putra Kertonatan. 2009.
3. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung.CV Penerbit Diponegoro.2005
2. Alat:
Alat Tulis, kertas soal.
Yogyakarta, 24 Juli 2009
Mengetahui,
Guru Pembimbing Mahasiswa Praktikan
Dra. Hj. Roslaini Hanafiah Aan Nursani Jamilah
NIP. 150183749 NIM. 05410197
No comments:
Post a Comment