26 July, 2009

RPP Iman Kepada Kitab-kitab Allah

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran         : Aqidah Akhlak
Pokok Bahasan        : Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Sub Pokok Bahasan : Kitab Al-Qur'an
Satuan Pendidikan    : MTs Negeri Yogyakarta II
Kelas/Semester        : VIII/I
Waktu                      : 2X 40 Menit
I. Standar Kompetensi
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah swt.
II. Kompetensi Dasar
Memahami tentang Al-Quran sebagai Kitab Allah swt
III. Indikator
1. Siswa mampu menjelaskan tentang pengertian Al-Qur'an
2. Siswa mampu menjelaskan cara Al-Qur'an diwahyukan
3. siswa mampu membedakan antara ayat Makiyah dan ayat Madaniyah
4. Siswa mampu menyebutkan nama-nama lain dari Al-Qur'an beserta artinya.
5. Siswa mampu memahami fungsi dan hikmah diturunkannya Al-Qur'an.
IV. Materi Standar
1. Materi Pokok
a. Pengertian Al-Qur'an
b. Cara Al-Qur'an diwahyukan
c. Ayat Makiyah dan ayat Madaniyah serta perbedaannya
d. Nama lain dari Al-Qur'an
e. Fungsi dan hikmah diturunkannya Al-Qur'an
2. Uraian Materi
a. Pengertian Al-Qur'an
Al-Qur'an menurut bahasa artinya bacaan, sedangkan menurut istilah, Al-Qur'an yaitu kalam (perkataan) Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw melalui Malaikat Jibril.
Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Mempunyai 114 surat. Ayat yang pertama diturunkan adalah surah Al-Alaq ayat 1-5, sedangkan ayat terakhir diturunkan adalah surat Al-Maidah ayat 3.
b. Perbedaan antara ayat Makiyah dan ayat Madaniyah
Ayat Makiyah
Ayat Madaniyah
a. Diturunkan di Mekah, sebelum Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah.
b. Terdiri dari 86 surat
c. Ayatnya pendek-pendek
d. Banyak menggunakan kata Ya Ayyuhan-nas
e. Mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ancaman dan pahala serta kisah-kisah umat terdahulu,
a. Diturunkan di Madinah, setelah Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah.
b. Terdiri dari 28 surat
c. Ayatnya panjang-panjang
d. Banyak menggunakan kata Ya Ayyuhal-lazina Amanu.
e. Mengandung hukum-hukum, baik yang berhubungan dengan hukum adat, kemasyarakatan, perang, iternasional, dan lain-lain
c. Nama lain dari Al-Qur'an.
Ada perbedaan pendapat tentang banyaknya nama lain Al-qur'an. Para ahli tafsir ada yang menyebutkan sebanyak 30, 70 bahkan ada yang menyebutkan sebanyak 90. Diantaranya nama-nama lain dari Al-Qur'an itu adalah:
v Al-Furqon, artinya yang membedakan
v Al-Kitab, artinya wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad
v Al-Bayyinah, artinya penjelasan
v Az-Zikru, artinya wahyu yang memberi peringatan pada manusia
v Al-Huda, artinya petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.
v Al-Karim, artinya bacaan yang sangat mulia
v Al-Kalam, artinya perkataan atau firman Allah
v An-Nur, artinya cahaya yang menerangi manusia
v As-Syifa, artinya obat yang menyembuhkan, terutama penyakit hati.
d. Fungsi dan hikmah diturunkannya Al-Qur'an
Al-Qur'an berfungsi sebagai pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Hikmah diturunkannya Al-Quran bagi manusia adalah:
v Meyakinkan manusia bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya.
v Dengan Al-Qur'an, manusia dapat membedakan baik dan buruk
v Manusia dapat mengambil pelajaran kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Qur'an.
v Karena isi kandungan Al-Qur'an yang lengkap dan universal, maka manusia dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat, jika mengamalkannya.
V. Strategi Pembelajaran
Interactive lecturing, Card Sort, Resitasi
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengucapkan salam, menanyakan keadaan siswa dan memulai pembelajaran dengan bacaan basmalah
b. Apersepsi ( mengingat materi sebelumnya)
c. Pre test (beriman kepada kitab-kitab Allah merupakan rukun iman yang ke berapa?)
d. Memberi Acuan (Menyampaikan indikator yang hendak dicapai)
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan materi disertai tanya jawab
b. Guru membagi kartu indeks pada siswa yang berisi klasifikasi dari materi-materi yang dipelajari.
c. Setelah semua siswa mendapatkan kartu indeks, kemudian siswa mencari dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya.
d. Guru mengklarifikasi
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
b. Post Test
c. Guru menutup pelajaran dengan salam.
VII. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas
v Penugasan : Siswa diminta menjawab soal yang diberikan guru.
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Apa pengertian Al-Qur'an menurut bahasa dan istilah.
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya, menerima pendapat orang lain, dan antusiasme dalam mengikuti pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa dalam Tanya jawab.
3. Instrument
a. Pre Test :
Dalam kitab Zabur terdapat lima jenis nyanyian, sebutkan dua diantaranya?
b. Post Test :
1. Apa pengertian Al-Qur'an menurut bahasa dan istilah
2. Sebutkan lima nama lain dari Al-Qur'an.
c. Pengklasifikasian
1. Ayat-ayat Makiyah
2. Ayat-ayat Madaniyah
3. Nama-nama lain Al-Qur'an
4. Hikmah diturunkannya Al-Qur'an
VIII. Sumber dan Alat
1. Sumber:
a. Masan AF, Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII, Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2009.
b. Siti Syarifah, Star Sholeh (Aqidah Akhlak) Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Solo. Putra Kertonatan. 2009.
c. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung.CV Penerbit Diponegoro.2005
2. Alat:
Kartu Indeks, Alat Tulis (White bord & Spidol)
Yogyakarta, Juli 2009
                             Mengetahui,
Kepala Madrasah                                                         Guru Mata Pelajaran
Drs. H. In Amullah                                                        Dra. Hj. Roslaini Hanafiah
NIP. 150277138                                                          NIP. 150183749

No comments:

Post a Comment