26 July, 2009

RPP Iman Kepada Kitab-kitab Allah

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Pokok Bahasan          : Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Sub Pokok Bahasan : Nama kitab-kitab Allah beserta Rasul yang menerimanya, serta fungsi dan hikmah diturunkannya kitab Allah SWT
Satuan Pendidikan     : MTs Negeri Yogyakarta II
Kelas/Semester         : VIII/I
Waktu                      : 2X 40 Menit
Pertemuan Ke          : II (Dua)
I. Standar Kompetensi
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah swt.
II. Kompetensi Dasar
1. Memahami nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada utusan-Nya.
2. Memahami fungsi dan hikmah beriman kepada kitab Allah swt..
III. Indikator
1. Siswa mampu menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta rasul yang menerimanya.
2. siswa mampu membaca dalil yang berkaitan dengan nama-nama kitab Allah
3. Siswa mampu memahami fungsi beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
4. Siswa mampu memahami hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
IV. Materi Standar
1. Materi Pokok
1) Nama kitab-kitab Allah beserta rasul/nabi yang menerimanya.
2) Dalil yang berkaitan dengan kitab-kitab Allah swt
3) Fungsi dan hikmah beriman kepada kitab- kitab Allah swt.
2. Uraian Materi
1) Nama kitab-kitab Allah dan para rasul yang menerimanya.
Kitab rasul yang diturunkan oleh Allah kepada para rasul yang wajib di ketahui atau di imani adalah sebagai berikut:
a. Kitab Taurat diturunkan kepada nabi Musa a.s, kurang lebih pada abad 12 sebelum masahi, di daerah Israil dan Mesir.
b. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s, pada abad 10 sebelum Masehi di daerah Israel.
c. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s, pada abad 1 Masehi, di daerah Yerussalem.
d. Kitab Al-qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. pada abad 6 Masehi di Mekah, yaitu Negeri Arab Saudi sekarang.
Keempat kitab tersebut "Mudawwan", artinya kitab yang dikodifikasi, yaitu empat kitab yang populer yang telah disebut di atas.
2) Dalil yang berkaitan dengan empat kitab-kitab Allah swt
a. Kitab Taurat (Q.S. Al-Maidah ayat : 44)
!$¯RÎ) $uZø9tRr& sp1uöq­G9$# $pkŽÏù Wèd ÖqçRur 4
Artinya: Sesungguhnya kami Telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi),
b. Kitab Injil (Q.S. Al-Maidah ayat : 36)
çm»oY÷s?#uäur Ÿ@ŠÅgUM}$# ÏmŠÏù Wèd ÖqçRur u
Artinya: Dan kami Telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi),
c. Kitab Zabur (Q.S. Al-Isra Ayat: 55)
$oY÷s?#uäur yŠ¼ãr#yŠ #Yqç/y ÇÎÎÈ
Artinya: Dan kami telah memberikan kitab Zabur kepada Nabi Daud.
d. Kitab Al-Qur'an (Q.S. Ali Imran Ayat: 2-4)
ª!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd yÛø9$# ãPqs)ø9$# ÇËÈ tA¨tR šøn=tã =»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/
$]%ÏdÁãB $yJÏj9 tû÷üt/ Ïm÷ƒytƒ tAtRr&ur sp1uöq­G9$# Ÿ@ÅgUM}$#ur ÇÌÈ `ÏB ã@ö7s% Wèd Ä
¨$¨Y=Ïj9 tAtRr&ur tb$s%öàÿø9$# 3
Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan Sebenarnya; membenarkan Kitab yang Telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, Sebelum (Al Quran), menjadi petunjuk bagi manusia, dan dia menurunkan Al Furqaan.
3) Fungsi dan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt
a. Fungsi beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
Adalah untuk memperkuat keyakinan terhadap adanya Allah swt, karena kitab-kitab Allah berisi tentang seruan kepada umat manusia bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa.
b. Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
v Kita dapat mengetahui dan meyakini adanya Allah swt
v Kita dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk
v Kita bersyukur, karena Allah telah memberikan petunjuk melalui kitab-kitab-Nya.
V. Strategi Pembelajaran
Interactive lecturing, Instan Assessment
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengucapkan salam, menanyakan keadaan siswa dan memulai pembelajaran dengan bacaan basmalah
b. Apersepsi ( mengingat materi sebelumnya)
c. Pre test (menanyakan pengertian beriman kepada kitab Allah)
d. Memberi Acuan (Menyampaikan indikator yang hendak dicapai)
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan pokok materi disertai tanya jawab dengan siswa.
b. Guru membaca dan menjelaskan dalil yang erkaitab dengan nama-nama kitab Allah swt.
c. Guru membagikan kepada siswa masing-masing dua kartu indeks yang menyatakan “benar atau salah”
d. Setelah semua siswa mendapatkan kartu indeksnya, kemudian guru membacakan pernyataan dan siswa diminta menjawab dengan menunjukkan kartu indeksnya
e. Apabila pernyataan tersebut benar, maka siswa menunjukkan kartu indeks yang mengisyaratkan B sambil berseru Yes
f. Apabila pernyatan tersebut salah, maka siswa menunjukkan kartu indeks yang mengisyaratkan S sambil berseru No.
g. Guru memberikan klarifikasi dari materi yang telah dijelaskan
h. Guru memberi kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
b. Post Test
c. Guru menutup pelajaran dengan salam.
VII. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas
v Penugasan : Menjawab soal
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Sebutkan nama kitab-kitab Allah beserta rasul yang menerimanya
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya, menerima pendapat orang lain, dan antusiasme dalam mengikuti pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.
3. Instrument
a. Pre Test :
Jelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.
b. Post Test :
1. Sebutkan nama kitab-kitab Allah beserta rasul yang menerimanya.
2. Apa hikmah dari beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
c. Pernyataan :
1. Jumlah kitab Allah yang wajib diimani oleh umat islam ada tiga. (S)
2. Nabi yang menerima kitab Taurat adalah Nabi Isa a.s. (S)
3. Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw pada abad 5 Masehi. (S)
4. Ayat di bawah ini berkaitan dengan dalil dari kitab Taurat. (B)
!$¯RÎ) $uZø9tRr& sp1uöq­G9$# $pkŽÏù Wèd ÖqçRur 4
5. Beriman kepada kitab-kitab Allah menjadikan kita tersesat dari jalan Allah swt. (S)
VIII. Sumber dan Alat
1. Sumber:
1. Masan AF, Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas VIII, Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2009.
2. Siti Syarifah, Star Sholeh (Aqidah Akhlak) Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Solo. Putra Kertonatan. 2009.
3. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung.CV Penerbit Diponegoro.2005
2. Alat:
Alat Tulis, Kartu Indeks.
Yogyakarta, 24 Juli 2009
Mengetahui,
Guru Pembimbing                                         Mahasiswa Praktikan
Dra. Hj. Roslaini Hanafiah                            Aan Nursani Jamilah
NIP. 150183749                                         NIM. 05410197

1 comment:

  1. Assalamu'alaikum............ thank's y banyak dpt ref to RPP

    ReplyDelete