16 August, 2009

Kandungan Al Qariah dan Al Zalzalah 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Download RPP Lengkap

Mata Pelajaran : Al Qur`an Hadits

Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta II

Kelas / Smt : IX / 1

Pertemuan ke : IV dan V

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 X pertemuan)

I. Kompetensi Dasar

Memahami isi kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.

II. Indikator / Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

  • Membaca, menulis, dan mengartikan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah dengan baik dan benar.
  • Menghafal QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah berikut beserta artinya.
  • Memahami dan menjelaskan isi pokok / pesan yang terkandung dalam QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.

III. Materi pokok : QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah

Uraian materi pokok :

· Bacaan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah

· Kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.

IV. Pendekatan & strategi Pembelajaran :

Pendekatan : Rasional, Keimanan

Strategi Pemb. : Interactive lecturing, everyone is a teacher here, reading aloud.

V. Langkah-langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal (20 Menit)

1. Mengawali kegiatan pembelajaran secara Islami.

2. Memotivasi siswa

3. Apersepsi; guru menanyakan pelajaran sebelumnya.

4. Pretest (menanyakan pengertian hari kiamat)

5. Memberi acuan (menyampaikan indikator yang akan dicapai)

B. Kegiatan Inti (50 Menit)

1. Guru memandu siswa membaca QS al-Qaari`ah dan Al Zalzalah.

2. Guru menyuruh beberapa siswa untuk menulis surat Al Qaariah dan Al Zalzalah beserta artinya di papan tulis dan membacanya lagi bersama-sama.

3. Guru membagikan kertas kepada seluruh peserta didik dan memintanya untuk membuat satu pertanyaan terkait dengan materi.

4. Kemudian guru mengumpulkan kertas tersebut dan membaginya lagi secara acak.

5. Guru meminta peserta didik secara suka rela membacakan pertanyaan tersebut dan menjawabnya.

6. Setelah jawaban diberikan guru meminta peserta lain untuk menambahkan.

7. Lanjutkan dengan suka relawan berikutnya.

C. Kegiatan Akhir (10 Menit)

1. Guru memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan.

2. Post Test

3. Mengakhiri pembelajaran secara Islami

VI. Penilaian

1. Bentuk Penilaian

v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas

v Penugasan : Membuat pertanyaan.

2. Aspek yang Dinilai

v Kognitif : Apa kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah?

v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya, menerima

pendapat orang lain, dan antusiasme dalam mengikuti

pelajaran.

v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.

3. Instrument

a. Pre Test : Apa itu hari kiamat?

b. Post Test : pilihan ganda, isian, uraian

- Pilihan ganda, contoh soal :

1. Al Qari`ah artinya...

a. Hari kiamat c. Hari pertimbangan

b. Api yang sangat panas d. Hari pembalasan

Jawaban : a (Skor : 1)

2. Al zalzalah artinya ...

a. Teguran c. Goncangan

b. Kutukan d. Peringatan

Jawaban : c (Skor 1)

- Isian, contoh soal :

1. نا رحا مية Artinya adalah …

Jawab : api yang sangat panas (skor : 2)

2. Kebaikan dan kejahatan sebesar dzarrah pun manusia akan …

Jawab : melihat balasannya.

- Uraian, contoh soal :

1. Bagaimana gambaran kondisi / keadaan manusia dan gunung pada hari kiamat?

Jawab : Pada hari itu kondisi manusia seperti anai-anai yang bertebaran dan gunung-gunuung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. (skor : 5)

VII.Sumber / Alat

a. Sumber :

- Al Quran dan terjemahannya, Bandung: Syaamil Cipta Media. 2005

- Drs. Abd. Wadud, MA, Al Quran Hadits Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Semarang: PT Karya 2009.

- Prof. Dr. Hamka, tafsir Al Azhar.

b. Alat : White board, spidol, buku cetak/panduan.

Mengetahui,

Guru Pembimbing

Hidayat, M. A

NIP : 19680402 200212 01 001

Yogyakarta, 13 Agustus 2009

Mahasiswa Praktikan

Ahmad Ridlowi

NIM : 06410060

No comments:

Post a Comment