RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Al Qur`an Hadits
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta II
Kelas / Smt : VIII / 1
Pertemuan ke : I (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I. Standar Kompetensi
Membaca Al Quran surat pendek pilihan
II. Kompetensi dasar
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Tafhim, Mad `Arid Lissukun dalam Al Quran.
III. Indikator / Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian dan hukum bacaan Qalqalah, Tafhim, Mad `Arid Lissukun.
- Membaca bacaan Qalqalah, Tafhim, Mad `Arid Lissukun dalam Al Quran.
- Menulis bacaan Qalqalah, Tafhim, Mad `Arid Lissukun dalam Al Quran.
- Mencari contoh bacaan Qalqalah, Tafhim, Mad `Arid Lissukun dalam Al Quran.
IV. Materi Standar
1. Materi pokok
Hukum bacaan Qalqalah, tafhim, dan Mad `Arid Lissukun dalam Al Quran
2. Uraian materi pokok :
· Pengertian hukum bacaan Qalqalah, Tafhim, Mad `Arid Lissukun dalam Al Quran.
· Macam-macam Qalqalah dan Tafhim dalam Al Quran.
· Contoh-contoh hukum bacaan Qalqalah, tafhim, dan Mad `Arid Lissukun.
V. Pendekatan & strategi Pembelajaran :
Pendekatan : Rasional, Ekspositori
Strategi Pemb. : Appersepsi, Interactive lecturing, information search
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal (20 Menit)
a) Guru mengucapkan salam, menanyakan keadaan siswa dan memulai pembelajaran dengan bacaan basmalah.
b) Apersepsi (mengingat materi sebelumnya)
c) Pre test
d) Memberi acuan (menyampaikan indikator yang hendak dicapai)
2. Kegiatan Inti (50 Menit)
a) Guru menjelaskan pokok materi disertai tanya jawab dengan siswa.
b) Guru memberikan contoh pokok materi
c) Guru menyuruh membaca ayat-ayat pendek bersama-sama.
d) Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari contoh yang terkait dengan materi
e) Guru memberi kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya.
3. Kegiatan Akhir (10 Menit)
a) Guru memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan.
b) Post Test
c) Guru menutup pelajaran sengan salam.
VII. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : penguasaan konsep
v Penugasan : Siswa mencari contoh bacaan Qalqalah, Tafhim, dan Mad
`Arid Lissukun.
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Jelaskan pengertian Qalqalah, Tafhim, Mad `Arid Lissukun.
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya, menerima
pendapat orang lain, dan antusiasme dalam mengikuti
pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.
3. Instrument
a. Pre Test :
Apa yang dimaksud dengan Qalqalah, Tafhim dan, Mad `Arid Lissukun?
b. Post Test :
1. Sebutkan macam-macam Qalqalah dan tafhim!
2. Sebutkan contoh bacaan Qalqalah, Tafhim, Mad `Arid Lissukun!
VIII. Sumber / Alat
a. Sumber :
- Al Quran dan terjemahannya, Bandung: Syaamil Cipta Media. 2005
- Drs. Abd. Wadud, MA, Al Quran Hadits Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. Semarang: PT Karya 2009
- Prof. Dr. Hamka, tafsir Al Azhar.
b. Alat :
White board, spidol, buku cetak/panduan.
Yogyakarta, 04 Agustus 2009
Mengetahui,
Guru Pembimbing Mahasiswa Praktikan
Nurul Qomariah, S.Ag. Yuliadi Ponda
NIP : NIM : 06410059
No comments:
Post a Comment