RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Al Qur`an Hadits
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta II
Kelas / Smt : IX / 1
Pertemuan ke : III
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I. Kompetensi Dasar
Memahami isi kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.
II. Indikator / Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
- Menulis, membaca, dan mengartikan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah dengan baik dan benar.
- Menghafal QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah berikut beserta artinya.
- Memahami dan menjelaskan isi pokok / pesan yang terkandung dalam QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.
III. Materi pokok : QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah
Uraian materi pokok :
· Bacaan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah
· Kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.
· Macam-macam hari kiamat.
IV. Pendekatan & strategi Pembelajaran :
Pendekatan : Rasional, Keimanan
Strategi Pemb. : Interactive lecturing, reading aloud, guided teaching
V. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Mengawali kegiatan pembelajaran secara Islami.
2. Apersepsi; guru menanyakan pelajaran sebelumnya.
3. Guru menyuruh beberapa orang maju mengerjakan tugas yang terkait pelajaran sebelumnya.
4. Pretest (menanyakan pengertian hari kiamat)
5. Memberi acuan (menyampaikan standar kompetensi dan indikator yang akan dicapai)
B. Kegiatan Inti (50 Menit)
1. Guru memandu siswa membaca QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah bersama-sama.
2. Guru mengajukan pertanyaan; “Apa yang membuktikan bahwa kiamat pasti terjadi?”
3. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk berpikir. Setelah itu kemudian memintanya untuk menyampaikan hasil jawabannya.
4. Guru lalu menyampaikan maternya mengenai kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah.
C. Kegiatan Akhir (10 Menit)
1. Guru memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan.
2. Post Test
3. Mengakhiri pembelajaran secara Islami
VI. Penilaian
1. Bentuk Penilaian
v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas
v Penugasan : Menjawab pertanyaan guru.
2. Aspek yang Dinilai
v Kognitif : Apa kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah?
v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya, menerima
pendapat orang lain, dan antusiasme dalam mengikuti
pelajaran.
v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.
3. Instrument
a. Pre Test : Apa itu hari kiamat?
b. Post Test : pilihan ganda, isian, uraian
- Pilihan ganda, contoh soal :
1. Al Qari`ah artinya...
a. hari kiamat c. Hari pertimbangan
b. api yang sangat panas d. Hari pembalasan
Kunci : a (Skor : 1)
- Isian, contoh soal :
1. Terdapat kesamaan antara QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah, yaitu keduanya menceritakan tentang.....
Jawab : hari kiamat (skor : 2)
- Uraian
1. Kenapa Al Qari`ah disebut hari kiamat?
Jawab : disebut demikian karena menggetarkan hati akibat bencana yang terjadi ketika itu. (skor : 5)
VII.Sumber / Alat
a. Sumber :
- Al Quran dan terjemahannya, Bandung: Syaamil Cipta Media. 2005
- Drs. Abd. Wadud, MA, Al Quran Hadits Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Semarang: PT Karya 2009
- Prof. Dr. Hamka, tafsir Al Azhar.
b. Alat : White board, spidol, buku cetak/panduan.
Mengetahui,
Guru Pembimbing
Hidayat, M. A
NIP : 19680402 200212 01 001
Yogyakarta, 01 Agustus 2009
Mahasiswa Praktikan
Ahmad Ridlowi
NIM : 06410060
No comments:
Post a Comment