16 August, 2009

Mad Lazim 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Download RPP

Mata Pelajaran : Al Qur`an Hadits

Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta II

Kelas / Smt : IX / 1

Pertemuan ke : II

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

I. Kompetensi Dasar

Menerapkan hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur'an

II. Indikator / Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

  • Menjelaskan pengertian mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi
  • Menyebutkan syarat-syarat hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi
  • Menyebutkan beberapa contoh hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an
  • Membaca hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an dengan baik dan benar
  • Menuliskan bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an dengan baik dan benar

III. Materi pokok : Mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi

Uraian materi pokok :

· Pengertian mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi

· Syarat-syarat dan perbedaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi

· Contoh bacaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi

IV. Pendekatan & strategi Pembelajaran :

Pendekatan : Rasional, Ekspositori

Strategi Pemb. : Apersepsi, Interactive lecturing, information search.

V. Langkah-langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal (20 Menit)

1. Salam dan perkenalan

2. Guru memberikan apersepsi (pelajaran sebelumnya)

3. Pretest (menanyakan pengertian “mad”)

B. Kegiatan Inti (50 Menit)

1. Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan secara interaktif

2. Guru menyuruh siswa mencari beberapa contoh hukum bacaan dalam Al Qur`an

3. Siswa membaca bersama-sama contoh hukum bacaan mad laazim mukhafaf

kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi dengan bimbingan guru

C. Kegiatan Akhir (10 Menit)

1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya

2. Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan

3. Mengakhiri pembelajaran secara Islami

VI. Penilaian

1. Bentuk Penilaian

v Pengamatan : Keaktifan siswa di kelas

v Penugasan : Mencari contoh bacaan dalam Alquran

2. Aspek yang Dinilai

v Kognitif : Apa yang dimaksud dengan mad laazim mukhaffaf kilmi?

v Afektif : Menyatakan pendapat, keberanian bertanya, menerima

pendapat orang lain, dan antusiasme dalam mengikuti

pelajaran.

v Psikomotor : Keaktifan siswa selama pembelajaran.

3. Instrument

a. Pre Test : Apa yang dimaksud dengan ”mad”?

b. Post Test :

1. Apa yang dimaksud dengan mad laazim mukhafaf kilmi? (Skor 10)

Jawab : yaitu adanya huruf mad diiringi oleh huruf mati.

2. Apa yang dimaksud dengan mad laazim mutsaqqal kilmi? (Skor 10)

Jawab : yaitu apabila ada mad tabi`i bertemu dengan huruf bertasydid dalam satu kata.

3. Apa yang dimaksud dengan mad farqi? (Skor 10)

Jawab : adalah mad badal yang diiringi huruf bertasydid. Atau bacaan panjang yang berfungsi untuk membedakan kalimat istifham dengan kalimat yang berupa khabar.

4. Berapakah panjang bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan farq? (Skor 10)

Jawab : Sama, 6 harakat / 3 alif

5. Berapakah jumlah bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dalam Al Quran? (Skor 10)

Jawab : hanya ada 1

6. Ada berapa bacaan mad farqi dalam Al Quran? (Skor 10)

Jawab : hanya ada 4

7. Jelaskan perbedaan dan persamaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi? (Skor 20)

Jawab :

Perbedaannya: mad laazim mukhaffaf kilmi è apabila ada huruf mad diiringi oleh huruf mati. Mad laazim mutsaqqal kilmi è apabila ada huruf mad bertemu dengan huruf yang bertasydid. Sedangkan mad farq adal bacaan panjang yang berfungsi untuk membedakan kalimat istifham dengan kalimat yang berupa khabar.

Persamaannya : sama-sama dibaca 6 harakat / 3 alif.

8. Sebutkan 5 (Lima) contoh bacaan mad laazim mukhafaf kilmi! (Skor 20)

Jawab : ولاالضالين – الحا قة – والص فا ت – الدبة – واطا مة

VII. Sumber / Alat

a. Sumber :

- Al Quran dan terjemahannya, Bandung: Syaamil Cipta Media. 2005

- Drs. Abd. Wadud, MA, Al Quran Hadits Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Semarang: PT Karya 2009

- E-Book : Tajwid Mudah (Macromedia Flash Player 7)

b. Alat : White board, spidol, buku cetak/panduan.

Mengetahui,

Guru Pembimbing

Hidayat, M. A

NIP : 19680402 200212 01 001

Yogyakarta, 24 Juli 2009

Mahasiswa Praktikan

Ahmad Ridlowi

NIM : 06410060

No comments:

Post a Comment