RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Al Qur`an Hadits
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Kelas / Smt : IX / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I. Kompetensi Dasar
Menerapkan hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur'an
II. Indikator / Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi
- Menyebutkan syarat-syarat hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi
- Menyebutkan beberapa contoh hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an
- Membaca hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an dengan baik dan benar
- Menuliskan bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an dengan baik dan benar
III. Materi pokok : Mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi
Uraian materi pokok :
· Pengertian mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi
· Syarat-syarat dan perbedaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi
· Contoh bacaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi
IV. Pendekatan & strategi Pembelajaran :
Pendekatan : Rasional, Ekspositori
Strategi Pemb. : Apersepsi, Interactive lecturing, information search.
V. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
1. Salam dan perkenalan
2. Guru memberikan apersepsi dan motivasi
3. Menjelaskan tujuan dan urgensi materi pelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan secara interaktif
2. Guru menyuruh siswa mencari beberapa contoh hukum bacaan dalam Al Qur`an
3. Siswa membaca bersama-sama contoh hukum bacaan mad laazim mukhafaf
kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi dengan bimbingan guru
C. Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
2. Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan
3. Mengakhiri pembelajaran secara Islami
VI. Penilaian
a. Pengamatan : sikap dan tanggung jawab siswa selama proses pembelajaran
b. Penugasan : Mencari contoh bacaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal
kilmi, dan farqi di dalam al-Qur`an
c. Tes Tertulis :
1. Apa yang dimaksud dengan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi?
2. Jelaskan perbedaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi?
3. Sebutkan contoh-contoh bacaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi! (masing-masing 5 buah)
VII. Sumber / Alat
a. Sumber :
- Al Quran dan terjemahannya, Bandung: Syaamil Cipta Media. 2005
- Drs. Abd. Wadud, MA, Al Quran Hadits Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Semarang: PT Karya 2009
- E-Book : Tajwid Mudah (Macromedia Flash Player 7)
b. Alat : White board, spidol, buku cetak/panduan.
Mengetahui,
Guru Pembimbing
Hidayat, M. A
NIP : 19680402 200212 1 001
Yogyakarta, 22 Juli 2009
Mahasiswa Praktikan
Ahmad Ridlowi
NIM : 06410060
wah bagus informasi untuk remaja
ReplyDelete