16 August, 2009

Mad Lazim

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Download RPP

Mata Pelajaran : Al Qur`an Hadits

Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah

Kelas / Smt : IX / 1

Pertemuan ke : 1

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

I. Kompetensi Dasar

Menerapkan hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur'an

II. Indikator / Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

  • Menjelaskan pengertian mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi
  • Menyebutkan syarat-syarat hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi
  • Menyebutkan beberapa contoh hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an
  • Membaca hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an dengan baik dan benar
  • Menuliskan bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur`an dengan baik dan benar

III. Materi pokok : Mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi

Uraian materi pokok :

· Pengertian mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi

· Syarat-syarat dan perbedaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi

· Contoh bacaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi

IV. Pendekatan & strategi Pembelajaran :

Pendekatan : Rasional, Ekspositori

Strategi Pemb. : Apersepsi, Interactive lecturing, information search.

V. Langkah-langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal

1. Salam dan perkenalan

2. Guru memberikan apersepsi dan motivasi

3. Menjelaskan tujuan dan urgensi materi pelajaran

B. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan secara interaktif

2. Guru menyuruh siswa mencari beberapa contoh hukum bacaan dalam Al Qur`an

3. Siswa membaca bersama-sama contoh hukum bacaan mad laazim mukhafaf

kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi dengan bimbingan guru

C. Kegiatan Akhir

1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya

2. Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan

3. Mengakhiri pembelajaran secara Islami

VI. Penilaian

a. Pengamatan : sikap dan tanggung jawab siswa selama proses pembelajaran

b. Penugasan : Mencari contoh bacaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal

kilmi, dan farqi di dalam al-Qur`an

c. Tes Tertulis :

1. Apa yang dimaksud dengan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi?

2. Jelaskan perbedaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi?

3. Sebutkan contoh-contoh bacaan mad laazim mukhafaf kilmi, mutsaqal kilmi, dan farqi! (masing-masing 5 buah)

VII. Sumber / Alat

a. Sumber :

- Al Quran dan terjemahannya, Bandung: Syaamil Cipta Media. 2005

- Drs. Abd. Wadud, MA, Al Quran Hadits Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Semarang: PT Karya 2009

- E-Book : Tajwid Mudah (Macromedia Flash Player 7)

b. Alat : White board, spidol, buku cetak/panduan.

Mengetahui,

Guru Pembimbing

Hidayat, M. A

NIP : 19680402 200212 1 001

Yogyakarta, 22 Juli 2009

Mahasiswa Praktikan

Ahmad Ridlowi

NIM : 06410060

1 comment: