RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : MTs N
Kelas / Semester : VII/ 1
Materi Pokok : Istima'
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
I. Kompetensi Dasar
§ Siswa dapat memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk dialog sederhana dari wacana lisan dan memperagakannya dengan baik dan benar.
II. Indikator/ Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyimak informasi lisan dari dialog sederhana
§ Siswa mampu memperagakannya dengan menyimak dialog yang dibacakan.
III. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran menggunakan metode active learning dimana proses belajar menjadi menyenangkan dan penuh semangat. Tekhnik yang digunakan dengan dialog, permainan, role play.
IV. Materi pokok
Istima' (menyimak khiwar tentang الأدوات المدرسية)
Uraian materi pokok:
§ Menyimak khiwar الأدوات المدرسية
§ Memperagakan khiwar berpasangan dengan menyimak khiwar yang diucapkan
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal:
Memberikan motivasi dan arahan terhadap pelajaran yang akan dipelajari serta menanyakan beberapa hal dengan mengadakan beberapa dialog interaktif.
2. Kegiatan Inti:
a. Guru menjelaskan tentang sistematika pembelajaran.
b. Guru mengelompokkan siswa menjadi dua atau tiga kelompok
c. Setiap kelompok berbagi tugas dengan dua orang memperagakan dengan pantomime.
3. Kegiatan Akhir:
a. Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
b. Guru memotivasi siswa untuk rajin belajar dan rajin mengulang pelajaran.
VI. Penilaian
Aspek yang dinilai:
1. Kognitif : kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru
2. Afektif : perhatian siswa, kemampuan bertanya, antusias siswa terhadap pelajaran.
3. Psikomotorik : kinerja siswa dalam kelompok
VII. Sumber dan Alat
§ Sumber:
1. Melvin L. Silberman, Active Learning, Bandung; Nusa Media, 2006
2. Dr. D. Hidayat, Pelajaran Bahasa Arab, Semarang: Toha Putra, 2008
§ Alat:
v Papan Tulis dan Spidol
Yogyakarta, 30 April 2009
Mengetahui
Dosen Pembimbing Mahasiswa Praktikan
Nurhadi, M.A Triana Nur Laela
NIP. 150282014 NIM. 06420031
No comments:
Post a Comment