18 April, 2010

RPP Sejarah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Download RPP Lengkap

SMA/MA.                               : ………………………………………………..

Mata Pelajaran                        : Sejarah

Kelas/Semester                        : X/1

Standar Kompetensi               : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah

Indikator                                 : Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul

                                                  kata dan pandangan para tokoh

Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:

  • Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata
  • Mendeskripsikan sejarah dalam pandangan para tokoh

 

B.     Materi Pembelajaran

·         Arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata

·         Sejarah dalam pandangan para tokoh tentang

 

C.     Metode Pembelajaran

Pendekatan model ICT dan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

 

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan

·         Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menerapkan permainan “Aku Adalah” dengan menunjuk siswa secara acak untuk menyebutkan nama dan asal usul keluarganya. Siswa yang telah ditunjuk kemudian dipersilahkan menunjuk teman lain untuk melakukan hal yang sama.

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti

·         Guru menjelaskan arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata dengan peta konsep (hal 3 – 4).

·         Penugasan mencari pengertian arti kata sejarah dan pandangan tokoh tentang sejarah dari situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com

·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai sejarah di buku teks (hal 4 – 7).

·         Peserta didik secara individu membuat pohon silsilah keluarga dan sejarah keluarga dalam bentuk karangan (Aktivitas hal 7).

3.      Kegiatan Penutup

·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

·         Menarik kesimpulan materi.

 

E.     Sumber Belajar

·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya

·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS

·         Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 -26)

·         Peta konsep

·         OHP

·         Buku-buku penunjang yang relevan

·         Internet

 

F.      Penilaian

  • Pembuatan pohon silsilah keluarga dan karangan tentang sejarah keluarga (Aktivitas hal 7).

Format Penilaian Silsilah Keluarga

Aspek yang dinilai

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Ketepatan silsilah

 

 

 

 

Keakuratan nama-nama keluarga

 

 

 

 

Pemberian warna

 

 

 

Ketepatan penggunaan garis dan tanda penghubung silsilah

 

 

 

Keterangan silsilah lengkap

 

 

 

Kerapian

 

 

 

Jumlah Nilai

 

 

 

Format Penilaian Karangan

Aspek yang dinilai

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Deskripsi

Pengantar

 

 

 

 

Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian

Isi

 

 

 

 

Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/penelitian dengan tepat. Hal-hal yang ditemukan dalam penelitian

Penutup

 

 

 

Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian

Struktur/logika penulisan

 

 

 

Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian

Orisinalitas karangan

 

 

 

Karangan/penelitian merupakan hasil sendiri

Penyajian, bahasan dan bahasa

 

 

 

Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif

Jumlah Nilai

 

 

 

 

Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

80-100

Memuaskan

4

70-79

Baik

3

60-69

Cukup

2

45-59

Kurang cukup

1

 

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............

Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

……………………........                                                        ........................................

NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................        

No comments:

Post a Comment