FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab (Qiroah)
Satuan Pendidikan : MA
Kelas/Semester : X
Pertemuan ke : 2
Waktu : 15 Menit
I. Kompentensi Dasar
Siswa dapat memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana
II. Indikator/ Tujuan pembelajaran
a. Siswa mampu membaca nyaring kata, frasa atau kalimat dalam wacana tulis sederhana dengan tepat.
III. Materi Pokok
Uraian materi pokok
IV. Strategi Pembelajaran
Pendekatan Komunikatif, yaitu sistem pendekatan dalam pembelajaran bahasa yang mengutamakan penguasaan kaidah tatabahasa tanpa mengesampingkan kemampuan berkomunikasi sebagai bentuk akhir yang diharapkan dari belajar bahasa.
V. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal:
Memberikan motivasi dan arahan terhadap pelajaran yang akan dipelajari serta menanyakan beberapa hal dengan mengadakan dialog interaktif (durasi 4 menit).
2. Kegiatan inti (10 menit):
a. Guru menjelaskan tentang sistematika proses pembelajaran
b. Guru menjelaskan materi pelajaran secara diskriptif beserta contoh-contohnya
c. Guru memberikan game yang berisi pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
3. Kegiatan Akhir (penutup)
Guru meminta kepada para siswa agar memahami dengan baik bentuk-bentuk isim مذكر dan مؤنث
VI. Penilaian:
Penugasan:
a. Analisis kalimat dalam sebuah teks bacaan
b. Mengkatagorikan isim مذكر dan مؤنث dengan menggunakan tabel
VII. Sumber/Alat
Sumber
a. Dr. D. Hidayat, Pelajaran Bahasa Arab kelas X, Semarang: Toha Putra, 2007
b. ملخص قواعد اللغة، فؤد نعمة،دمشق:دار الحكمة،
Mengetahui Yogyakarta, 19 Februari 2009
Dosen Pembimbing Mahasiswa Praktikan
Nurhadi, MA Prabowo Adi Widayat
NIP: NIM: 06420045
No comments:
Post a Comment