RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : MA
Kelas/ Semester : X/ 1
Materi Pokok : Kitabah
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
- Kompetensi Dasar
Siswa dapat menulis dan menyusun kata-kata dengan baik dan benar.
- Indikator / Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyusun kata-kata/ungkapan acak menjadi kalimat.
§ Siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan untuk menyusun paragraf dengan stuktur kalimat yang diprogramkan.
- Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran menggunakan metode active learning dimana proses belajar menjadi menyenangkan dan semangat. Tehnik yang digunakan dengan dialog, diskusi, dan permainan.
- Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal:
Memberikan motivasi dan arahan terhadap pelajaran yang akan dipelajari serta menanyakan beberapa hal dengan mengadakan beberapa dialog interaktif.
2. Kegiatan Inti:
a. Guru menjelaskan tentang sistematika pembelajaran.
b. Guru membagikan materi kepada siswa
c. Siswa diberi tugas dan dikerjakan secara berkelompok saat itu juga.
3. Kegiatan Akhir:
a. Guru menyimpulkan pembelajaran
b. Guru meminta siswa mengingat materi apa yang telah diajarkan, dan berlatih menulis dengan tepat sesuai contoh.
- Penilaian:
1. Penugasan :Siswa menyerahkan hasil pekerjaan
2. Pengamatan :Sikap dan perilaku siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung
- Sumber/alat:
1. sumber :
- Melvin L. Silberman, Active Learning, Bandung; Nusa Media, 2006
- Dr. D. Hidayat, Pelajaran Bahasa Arab kelas X, Semarang; Toha Putra, 2008
2. alat:
- Kertas potong-potong
- Whiteboard dan spidol
Yogyakarta, 23 April 2009
Dosen Pembimbing Mahasiswa Praktikan
Nurhadi, M.A Triana Nur Laela
NIP. 150282014 NIM. 06420031
No comments:
Post a Comment