18 April, 2010

RPP Kitabah 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Download RPP


Mata pelajaran             : Bahasa Arab

Satuan pendidikan      : MTs Lab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kelas/semester            :VII / 1

Pertemuan ke              : 2 (dua)

Materi                          :   الكتا بة

Waktu                         : 1 x 15 menit

 

I           Kompetensi Dasar

            Siswa mampu menulis tentang judul (۲ ) تعا ر ف  dengan menggunakan struktur kalimat yang meliputi (  ضمير : هو, هي / إشا رة : هذ ا، هذ ه + اسم)

 

II         Indikator / Tujuan Pembelajaran

            1.Menyalin bahan imla’ yang disediakan dengan tulisan yang baik dan benar.

            2. Menyalin kalimat-kalimat dengan memilih kata ganti/kata tunjuk yang tepat.

            3. Memilih jawaban yang tepat dengan tulisan yang benar.

 

III        Materi Pokok

Ø  Pokok bahasan

Kitabah     ( الكتا به)

Ø  Sub pokok bahasan

1)      Contoh-contoh bentuk huruf hijaiyah

ذ , د , ه , ل , و                    

2)      Latihan menulis bahan imla’ dengan kata ganti yang tepat

هذ ا نبيل , هو تلميذ                          و هذه نبيلة , هي تلميذ ة

من هذ ا ؟ هل هو تلميذ ؟             و من هذ ه ؟ هل هي تلميذ ة ؟

هل هو موظف ؟ من اين هو ؟                                          

 

IV        Strategi Pembelajaran

            Information search,Imla’, pattern drill

 

V         Langkah- Langkah Pembelajaran

            1. Kegiatan Awal (4 menit)

a.       memberi motivasi (mengucap salam,menanyakan kabar,berdo’a, dll) 2  menit

b.      memberi acuan (menjelaskan indikator yang hendak dicapai) 2 menit

                       

            2. Kegiatan Inti (8 menit)

                        a. guru menjelaskan tentang proses pembelajaran (2 menit)

                        b.guru menyampaikan materi dan siswa dimohon memperhatikan(3 menit)

                        c. guru memberikan tugas sebagai bahan latihan siswa (3 menit)

            3. Kegiatan Akhir/ Penutup (3 menit)

                        a. guru meminta siswa mengumpulkan jawaban yang sudah dikerjakan

b. guru meminta siswa mengingat materi apa yang telah diajarkan, dan    berlatih menulis dengan tepat sesuai contoh                 

 

VI        Penilaian

1.      pengamatan : sikap dan perilaku siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung

2.      penugasan : siswa menyerahkan hasil pekerjaan  

3.      soal dan jawaban sebagai bahan imla’

 

هذ ا نبيل , هو تلميذ                                  

هذه نبيلة , هي تلميذ ة                                

 

 

           

VII      Sumber / Alat

Sedangkan buku atau media yang digunakan adalah sebagai berikut :

1.      Sumber :

Hidayat, d. pelajaran bahasa arab.semarang : PT karya toha putra, 2006

 

2.      Alat dan media :

kertas HVS, spidol,  potongan kertas, dll

 

 

 

                                                                                                     yogyakarta,02 Maret 2009

 

Mengetahui

Dosen Pembimbing                                                                Mahasiswa Praktikan

 

 

 

Drs. H. Maksudin M.Ag                                                           Nurul Hidayah

 NIP  150247345                                                                      NIM 06420013         

 

No comments:

Post a Comment