18 April, 2010

RPP Bahasa Arab MA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Download RPP 

 

Mata Pelajaran          : Bahasa Arab

Satuan pendidikan    : MA

Kelas / semester         : X / 1

Pertemuan ke            : 2

Waktu                        : 1 x 15 menit

 

Rencana Pembelajaran

  1. Standar Kompetensi

Siswa dapat memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang بطاقة شخصيّة

  1. Indikator / Tujuan Pembelajaran

a.       Siswa mampu membaca nash Qiroah بطاقة شخصيّة dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.

b.      Menjawab pertanyaan dengan jawaban yang tepat.

  1. Materi pokok

Qiroah (بطاقة شخصيّة)

Uraian materi pokok:

  1. Memahami nash  بطاقة شخصيّة
  2. Mencari mufrodat baru yang terdapat dalam nash بطاقة شخصيّة
  1. Strategi Pembelajaran

The power of two, Information search

  1. Langkah- Langkah Pembelajaran:

1.      Kegiatan awal. (durasi 4 menit).

Menarik siswa-siswi dan memberikan motivasi terhadap pelajaran yang akan dipelajari serta menanyakan beberapa hal dengan mengadakan dialog interaktif.

2.      Kegiatan inti. (durasi 8 menit)

a.       Guru menjelaskan tentang sistematika proses pembelajaran.

b.      Setiap siswa membaca teks بطاقة شخصيّة kemudian dikelompokkan berpasangan, dan setiap kelompok diminta untuk mengulang-ulang kemudian guru memilih siswa secara acak untuk mengulang dan diikuti oleh teman lainnya.

c.       Setiap kelompok mencari kata / mufrodat baru yang belum diketahui.

d.      Guru menulis di papan tulis setiap mufrodat yang ditanyakan siswa.

e.       Setiap kelompok mencari makna mufrodat yang di tulis di papan tulis.

f.       Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang disampaikan.

g.      Setiap siswa mengejakan soal-soal yang diberikan oleh guru.

3.      Kegiatan akhir (penutup) (durasi 3 menit)

a.       Guru menyimpulkan materi yang disampaikan.

b.      Siswa mengungkapkan permasalahan atau kesulitan yang dialami selama KBM.

c.       Memerintahkan murid untuk banyak belajar di rumah.

  1. Penilaian

a.       Pemahaman materi.

b.      Tes tertulis.

  1. Sumber / Alat

a.       Sumber:

·         Dr. D. Hidayat, Pelajaran Bahasa Arab, Semarang: Toha Putra, 2008

·         Melvin L. Silberman, Active Learning, Bandung; Nusa Media, 2006

b.      Alat: kertas HVS, teks bacaan.

 

                                                                        Yogyakarta, 12 Maret 2009                                                                Mengetahui

Dosen Pembimbing                                                Mahasiswa Praktikan

 

Nurhadi, M.A                                                                       Triana Nur Laela

            NIP: 150282014                                                        NIM: 06420031

1 comment: