RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : MTs
Kelas/ Semester : VIII
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
- Kompetensi Dasar
Siswa dapat mengetahui kalimah fi'il dan mampu menerapkannya
- Indikator/ Tujuan pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan kata-kata yang termasuk dalam fi'il madhi
- Materi Pokok
Qowaid
- Pengertian tentang fi'il madhi
- Strategi Pembelajaran
The Power Of Two, Thariqah Ma'rifiyah
- Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal
a. Salam, menanyakan kabar
- Menarik siswa / memberi motivasi
- Pre-test:
§ Apa definisi fi'il?
§ Fi'il dibagi menjadi berapa? Sebutkan!
2. Kegiatan inti
a. guru menjelaskan tentang tema yang akan dibahas.
b. Guru menjelaskan pembagian kata dari fi'il
c. Guru memfokuskan pada fi'il madhi
d. Siswa dikelompokkan berpasangan dan memberikan materi soal kepada setiap kelompok.
e. Siswa berdiskusi untuk menentukan fi'il madhi dalam bentuk kalimat.
3. Kegiatan akhir
a. Siswa diberi tugas oleh guru.
b. Guru menyimpulkan materi hari ini.
c. Guru memotivasi siswa untuk berbicara bahasa arab dan rajin untuk mengulang pelajaran di rumah.
- Penilaian:
Aspek yang dinilai:
1. Kognitif : kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru
2. Afektif : perhatian siswa, kemampuan bertanya, antusias siswa terhadap pelajaran.
3. Psikomotorik : kinerja siswa dalam kelompok.
- Sumber/Alat:
1. Sumber:
§ Melvin L. Silberman, Active Learning, Bandung; Nusa Media, 2006
§ Mulakhas Qowaid Lughoh Al Arabiyah, Fuadun Ni'mah.
§ Dr. D. Hidayat, Pelajaran Bahasa Arab, Semarang: Toha Putra, 2008
2. Alat:
§ Projector dan Notebook
§ Papan Tulis dan Spidol
Yogyakarta, 6 April 2009
Mengetahui
Dosen Pembimbing Mahasiswa Praktikan
Nurhadi, M.A Triana Nur Laela
NIP. 150282014 NIM. 06420031
No comments:
Post a Comment