29 July, 2011

Silabus

S I L A B U S

Sekolah : MTs Negeri Wonosobo

Mata Pelajaran : Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)

M.YUSUF AMIN NUGROHO, SHI

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Kelas VII Semester Ganjil

Standar Kompetensi (Membaca) : 1. Memahami dan menjelaskan Adab (tatakrama) membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur’an

1.1. Menjelaskan Adab membaca, mendengar-kan dan meng-hafal Al qur’an

Adab/tatakrama memba -ca, men-dengarkan dan menghafal Al qur’an

Siswa mampu menerapkan adab/tatkrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.

· Mampu menjelas-kan Adab (tatakra-ma) dalam mem-baca, mendengar-kan dan menghafal Al-Qur’an.

Tes tulis

Uraian singkat

1. Jelaskan adab membaca Al-qur’an ?

2. Jelaskan adab mendengarkan bacaaan Al-qur’an ?

3. Jelaskan adab menghafal Al-qur’an ?

3 x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Yanbu’a

1.2. Membaca ayat-ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan tatakrama membaca, mendengar-kan dan menghafal Al qur’an

Dalil naqli tentang mem-baca, men -dengarkan dan meng-hafal Al-qur’an

Siswa mampu membaca, mendengarkan dan menghafal adab/tatakrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.

· Mampu membaca dalil naqli tentang adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur'an

· Mampu mengarti-kan ayat-ayat Al-qur’an yang men-jelaskan tentang adab mem-baca, mendengarkan dan menghafal Al-qur’an

Tes lisan

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Penugas-an

Uraian

Uraian

Uraian

1. Bacalah ayat-ayat Al-qur’an tentang adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-qur’an dengan fasih dan benar ?

2. Tulislah ayat-ayat Al-qur’an tentang adab membaca Al-qur’an ?

3. Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an tentang adab mendengarkan bacaan Al-qur’an ?

4. Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an tentang adab menghafal Al-qur’an ?

3 x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Yanbu’a

1.3. Menampilkan perilaku yang sesuai de-ngan adab/ tatakrama ketika mem-baca, mende-ngarkan dan menghafal Al qur’an

Siswa mendiskusi-kan adab /tatakrama membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.

· Mampu menjelas-kan hikmah/ keutamaan mem- baca, mendengar kan dan menghafal Al-qur’an

· Menampilkan adab / tatakrama mem-baca, mendengar-kan dan menghafal Al qur’an

Tes tulis

Tes unuuk kerja

Uraian

Simulasi

Sebutkan 5 hikmah/keutama-an membaca dan mendengar kan Al-qur’an !

Peragakan tatakrama mem-baca Al-qur’an yang baik dan benar !

3x40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Yanbu’a

Standar Kompetensi : 2. Memahami huruf hijaiyah

2.1. Menjelaskan pengertian huruf dan hijaiyah

Pengertian Huruf dan Hijaiyah

Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik pengertian Huruf dan Hijaiyah,

· Mampu menjelaskan pengertian huruf

Tes lisan

Jawaban singkat

Jelaskan arti huruf dalam bahasa Arab ?

3 x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Yanbu’a

· Mampu menjelaskan pengertian hijaiyah

Tes tulis

Pilihan ganda

Secara bahasa arti hijaiyah adalah ….

a. kata c. ejaan

b. kalimat d. huruf

· Menunjukkan perbedaan huruf dengan hijaiyah

Unjuk kerja

Jawaban singkat

Jelaskan perbedaan huruf dengan hijaiyah ?

8.1. Mengucap-kan huruf-huruf Hijaiyah

Huruf-huruf Hijaiyah

Siswa menunjukkan contoh lafal huruf serta mencari perbedaan huruf dan hijaiyah

· Mampu menyebutkan jumlah huruf hijaiyah

· Mampu melaflakan huruf-huruf hijaiyah

· Melafalkan huruf hijaiyah yang dibaca pendek dan panjang

Tes tulis

Unjuk kerja

Tes tulis

Tes tulis

Pilihan ganda

Penugasan

Pilihan ganda

Penugasan

1. Jumlah huruf hijaiyah adalah

a. 27 c. 29

b. 28 d. 30

2. Jelaskan perbedaan cara pengucapan huruf Asmaul Huru, dengan Musammayatul Huruf ?

3. Peragakan cara melaflakan huruf

4. Melekatkan ke dua bibir kuat-kuat, menghembuskan nafas sam-pai terhenti pada makhrajnya dan menimbul- kan suara, lalu menghentikan suara itu (jahar dan syiddah). Dan Posisi lidah merendah (istifal dan infitah).serta dalam keadaan sukun, dibaca memantul (qolqolah). Pernyataan tersebut cara melafalkan huruf ...

a. ب c.ت

c. ث d. ج

5. Jelaskan perbedaan cara melafalkan huruf hijaiyah yang dibaca panjang dan pendek !

6. Cari dan Lafalkan huruf-huruf hijaiyah berikut ini !

3x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Yanbu’a

8.2. Menuliskan huruf-huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah yang bersam-bung dan yang tidak bersam -bung

Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik bentuk-bentuk huruf Hijaiyah

· Mampu menuliskan huruf-huruf hijaiyah dengan benar

Unjuk Kerja

Penugasan

1. Jelaskan sistem/cara menulis huruf hijaiyah dengan baik dan benar ?

2. Jelaskan penulisan huruf hijiayah yang bersambung dan tidak bersambung ?

3. Tulislah huruf hijiyah yang dapat disambung dan yang tidak dapat disambung ?

4. Tuliskan lima huruf hijaiyah yang cara pengucapannya di-pantulkan ketika sukun ?

5. Sambungkanlah huruf-huruf hijhaiyah berikut ini ?

3 x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Yanbu’a

Standar Kompetensi (Membaca ) : 3. Memahami Tanda Baca Al-qur’an (Harakat)

3.1. Menjelaskan arti tanda baca Al qur’an

Tanda Baca Huruf Hijaiyah

Siswa mmapu menjelskan tanda-tanda baca Al-qur’an

· Menjelaskan penger-tian tanda baca

Tes tulis

Jawaban singkat

Apakah arti tanda baca Al qur’an ?

1x 40 menit

1x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Yanbu’a

· Menunjukkan bentuk-bentuk tanda baca huruf-huruf hijaiyah

Unjuk kerja

Praktek

Tunjukkan tanda baca Al qur’an pada surat Al ikhlas yang harus dibaca panjang !

3.2. Menjelaskan sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an

Sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an

Siswa mampu menceritakan sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an

· Menjelaskan sejarah munculnya tanda baca huruf hijaiyah

Tes tulis

Uraian

Jelaskan secara singkat sejarah munculnya tanda baca Al qur’an ?

3.3. Menuliskan tanda-tanda baca Al qur’an (harakat)

Tanda baca Al-qur’an

Siswa mampu menuliskan tanda baca Al-qur’an

· Menuliskan tanda baca huruf hijaiyah

Tes tulis

Uraian

Tulislah dan uraikan tanda baca pada kalimat

1 x 40 menit

2x 40 menit

3.4. Memperaktekkan tanda-tanda baca Al-qur’an

Siswa mampu menelaah dan mempelajari serta menerapkan tanda baca Al qur’an

· Menunjukkan contoh-contoh tanda baca Al qur’an pada surat-surat pendek

Tes tulis

Identifikasi

Kelompokkan tanda baca Al qur’an pada QS. Al ‘Ashr :

Kelas VII, Semester Genap

Standar Kompetensi (Tajwid) : 4. Memahami makhorijul huruf hijaiyah

4.1. Menjelaskan pengertian makharijul huruf

4.2. Membedakan makharijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym

4.3. Memperaktekkan makha -rijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym

Makharijul Huruf

Siswa mampu menelaah menerapkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an

Siswa mampu membedakan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an

Siswa mampu memperaktekkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an

· Mampu menjelaskan pengertian makhorijul huruf hijaiyah

· Mampu menjelaskan pembagian makhorijul huruf

· Mampu menyebutkan macam-macam makhorijul huruf

Tes tulis

Jawaban singkat

1. Ditinjau dari segi morfologi , arti makhraj adalah …

2. Pengertian makharijul hurf adalah ...

3. Pembagian makharijul huruf menurut pendapat ulama yang paling masyhur adalah .

4. Sebutkan macam-macam makharijul huruf dengan artinya ...

2 x 40 menit

2 x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Yanbu’a

· . Mampu menjelaskan perbedaan makhraj Al-Jauf Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum

· Menyebutkan huruf Al jauf , Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum

Tes tulis

Tes tulis

Pilihan ganda

Uraian

1. Makharijul huruf yang keluar dari bibir disebut …

2. Jauf c. halqi

3. Lisan d. Syafatain

4. Huruf ع ح ج termasuk makharijul huruf …

a. Syafatain c. Lisan

b. Halqi d. Al Jauf

5. Salah satu huruf hijaiyah yang keluar dari makhraj Al Jauf adalah

a. م c. ق

b. ب d. ي

6. Sebutkan perbedaan makharijul huruf Al Lisan dengan Khaisyum disertai huruf-hurufnya !

· Memperaktekkan makharijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum

Tes tulis

Identifikasi

7. Bacalah huruf Hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya masing-masing !

8. Kelompokkan makharijul huruf pada QS. Al Fatihah dengan baik dan benar !

2x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an

Yanbu’a

Standar Kompetensi : 5. Memahami sistem penulisan huruf hijaiyah

5.1. Menjelaskan system penulisan huruf hijaiyah

Sistem penulisan Huruf

hijaiyah

Siswa mempelajari sistem penulisan huruf bersambung dan tidak bersambung

· Mampu menuliskan bentuk-bentuk huruf hijaiyah

Unjuk Kerja

Identifikasi

Tulislah bentuk-bentuk huruf yang terdapat dalam Al qur’an !

3 x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an

Yanbu’a

· Mampu menjelaskan sistem penulisan huruf hijaiyah.

Tes tulis

Uraian

Jelaskan sistem penulisan huruf hijaiyah ?

· Mampu mengidenti- fikasikan huruf hijaiyah yang dapat disambung dan tidak bersambung

Unjuk kerja

Identifikasi

1. Salinlah huruf-huruf hijaiyah yang dapat disambung kekiri dan kekanan ?

2. Salinlah huruf yang dapat disambung ke kanan saja !

Mampu merangkai

· huruf-huruf hijaiyah bersambung dan tidak bersambung

Unjuk Kerja

Daftar isian

Rangkaikan Huruf-huruf berikut ini :

5.2. Menerapkan system penulisan huruf hijaiyah

Siswa mempelajari, menelaah dan memperaktekkan cara melafalkan huruf Hijaiyah dengan baik

· Menjelaskan perbedaan cara pengucapan hijaiyah

Tes tulis

Uraian

Jelaskan perbedaan cara pengucapan hijaiyah ?

3 x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an

Yanbu’a

· Memperaktekkan cara melafalkan huruf hijaiyah

Tes perbuatan

Daftar pertanyaan

Bacalah huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan cara melafal-kannya dengan benar !

Standar Kompetensi : 6. Memahami Transliterasi Huruf Hijaiyah

6.1. Menjelaskan pengertian transliterasi huruf hijaiyah

6.2. Mempraktek- kan transli-terasi huruf hijaiyah

Transliterasi huruf hijaiyah

Siswa mampu menjelaskan transliterasi huruf-huruf hijaiyah

Siswa mampu memperaktekkan transliterasi huruf-huruf hijaiyah

· Mampu menjelas-kan pengertian transliterasi huruf hijaiyah

Tes lisan

Jawaban singkat

Apakah arti Transliterasi ?

3 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur’an

Yanbu’a

· Mampu menjelas-kan tujuan trans-literasi huruf hijaiyah

Tes tulis

Uraian

Jelaskan tujuan transliterasi huruf hijaiyah ?

· Mampu memperak-tekkan transliterasi huruf hijaiyah

Unjuk Kerja

Praktek

Translit pernyataan di bawah ini!

1. “Buka Pintu”

2.

3 x 40 menit

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Kelas VIII, Semester Ganjil

Standar Kompetensi : 7. Memahami hokum bacaan Nun Mati dan Tanwin

7.1. Menjelaskan hokum bacaan Nun Mati Tanwin

Hukum bacaan Nun Mati dan Tanwin

Siswa mampu menjelaskan pengertian Nun mati dan tanwin

Menyebutkan pembagian hukum bacaan Nun mati dan Tanwin

Menjelaskan hukum pembagian nun mati dan tnawin

* Mampu menjelaskan perbedaan nun mati dengan tanwin

Tes lisan

Jawaban singkat

1. Jelaskan arti nun mati dan tanwin

2. Sebutkan macam-macam tanwin

3 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-quran

Yanbu’a

* Menyebutkan pemba-gian hukum nun mati dan tanwin

Tes tulis

Tes tulis

3. Sebutkan hukum pembagian hukum nun mati dan tanwin

· Menjelaskan perbedaan hukum bacaan Idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa

Tes tulis

Tes tulis

4. Jelaskan hukum bacaan idzhar disertai contohnya !

5. Jelaskan arti hukum bacaan idgham disertai bagian-bagian dan contohnya !

6. Jelaskan arti hukum bacaan iqlab disertai contohnya !

7. Jelaskan arti hukum bacaan ikhfa disertai contohnya !

3 x 40 menit

* Menyebutkan huruf-huruf idzhar, idgam, iqlab dan ikhfa

Tes tulis

Tes tulis

8. Sebutkan huruf idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa

7.2. Menerapkan hokum baca an Nun Ma-ti/Tanwin dengan baik dan benar

Siswa mampu memperaktekkan hokum bacaan Nun Mati/Tanwin pada surat-surat pendek.

· Mengidnetifikasi hokum bacaan nun mati dan tanwin pada QS

Tes tulis

Uraian

Identifikasi

9. Jelaskan hokum bacaan nun mati dan tanwin pada QS. Al Fatihah !

10. Identifikasikan hokum bacaan idzhar, Idgham, Iqlab dan Ikhfa pada QS. Al ‘Ala

Standar Kompetensi : 8. Memahami bacaan tafhim, tarqiq pada Lam Jalalah

8.1. Menjelaskan Hukum baca- an Tafkhim dan Tarqiq pada Lafdzul Jalalah

Bacaan tarqiq dan tafhim pada Lamul Jalalah

Siswa mampu menjelaskan hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lamul jalalah dengan baik dan benar

Siswa mampu memperaktekkan hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lamul jalalah dengan baik dan benar

· Menjelaskan pengertian Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar

· Menuliskan contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar

Tes lisan

Tes tulis

Jawaban singkat

Uraian

1. Apakah perbedaan arti tafkhim dan tarqiqi ?

2. Sebutkan alasannya lamul jalalah yang dibaca tafkhimm dan tarqiq

3. Tulislah contoh lamul jalalah yang dibaca tafkhim dan tarqiq

3 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a lain yang

8..2. Memperak-tekkan Hukum bacaan Tafkhim dan Tarqiq pada Lafdzul Jalalah

· Melafalkan contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar

Tes tulis

Unjuk kerja

4. Bacalah hokum bacaan Lamul Jalalah yang dibaca Tafkhim dan Tarqiq

5. Kelompokkan lamul jalalah pada QS. Al Fatihah dengan tepat !

3 x 40 menit

Standar Kompetensi (Membaca) : 9. Menerapkan hokum bacaan qalqalah dan Ra

9.1. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar

Hukum bacaan qalqalah dan Ra

Siswa membaca dan menelah berbagai iteratur tentang hukum bacaan qalqalah dan Ra hingga dapat menjelaskannya.

· Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra.

Tes tulis

Uraian

1. Jelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra !

3 x 40 menit

1. Al-Qur’an & terjemah

2. Buku Tajwid

3. CD muratal

· Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan Ra

· Menyebutkan contoh-contohnya.

Tes tulis

Uraian

1. Jelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah, Ra dan sebutkan contohnya masing-masing!

3 x 40 menit

9.2. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan RA dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar

Siswa membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dengan benar.

· Membaca bacaan qalqalah dan Ra dengan benar.

Tes unjuk kerja

Praktik

1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan qalqalah dan Ra :

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ

حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

وَاْلعَادِيَاتِ ضَبْحًا يَوْمَ

تُبْلَى السَّرَائِرُ

مِنْ قُوَّةٍ وَّلاَ نَاصِرٍ

إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

2 x 40 menit

1. Al-Qur’an & terjemahnya

2. Buku Tajwid

3. CD Murattal

4. Buku PAI

Standar kompetensi: 10. Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha Annas-al-Asyr

10.1. Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek: at-takatsur sampai Adduha Annas sampai al-Asyr

Hafalan juz ‘ama

Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Adduha Annas sampai al-Asyr

Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Adduha Annas sampai al-Asyr

Tes hafalan

Praktek

Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Adduha Annas sampai al-Asyr

!

4x 40 menit

Juz Amma, al-Qur’an

Kelas VIII. Semester Genap

Standar Kompetensi : 11. Memahami hokum bacaan Mim Sukun

11.1.Menjelaskan penger-tian hukum bacaan Mim Mati/Sukun

Hukum Bacaan Mim Mati

Mampu menjelaskan hokum bacaan mim sukun

o menjelaskan pengertian hokum bacaan Ikha Syafawi

o menyebutkan huruf Ikhfa Syafawi

o menunjukkan contoh bacaan Ikhfa Syafawi

o menjelaskan pengertian Idghom Mutamatsilain ( Idghom Mimi )

o menyebutkan huruf Idghom Mutamatsilain ( Idghom Mimi )

o menunjukkan contoh dan melafazkan bacaan Idghom Mutamatsilain ( Idghom Mimi )

o menjelaskan pengertian Izhar Syafawi

o menyebutkan huruf Izhar Syafawi

o menunjukkan contoh dan melafazkan bacaan Izhar Syafawi

Tes lisan

Tes lisan

Unjuk Kerja

Tes lisan

Tes lisan

Unjuk Kerja

Tes lisan

Tes tulis

Unjuk kerja

Jawaban singkat

Jawaban singkat

Praktek

Jawaban singkat

Uraian

Praktek

Jawaban singkat

Jawaban singkat

Praktek

Apakah arti ikhfa syafawi

Jelaskan perbedaan ikhfa syafawi dan ikhfa hakiki !

Sebutkan huruf-huruf ikhfa syafawi ?

Bacalah QS. Al Fatihah 1-5 dan tunjukkan bacaan Ikhfa Syafawinya ?

Jelaskan pengertian idgham mitslain/mimi ?

Sebutkan huruf-huruf idgham miutslain/mimi ?

Bacalah QS. Al Baqarah ayat 5-8 dan tunjukkan bacaan idgham mitslain dengan alasannya ?

Jelaskan arti idzhar syafawi ?

Apakah perbedaan Idhar syafawi dengan idhar halqi ?

Sebutkan huruf idzhar syafawi yang 27 ?

Bacalah QS. Al Baqarah : 9-12 dan tunjuikkan bacaan idhar syafawi dengan alasannya ?

1 x 40 menit

1 x 40 menit

1 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

11.2.Menerapkan hukum bacaan Mim Mati

Mampu menerapkan huklum bacaan Mim Sukun

· Memperaktekkan hukum bacaan mim sukun

Unjuk Kerja

Identifikasi

§ Kelompokkan hukum bacaan Mim Sukun pada QS. Al Baqarah : 122

2 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

Standar kompetensi: 12. Hafalan al-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha

12.1.Menghafal-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha

Hafalan juz ‘ama

Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha

Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha

Tes hafalan

Praktek

Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha dengan hafalan!

4x 40 menit

Juz Amma, al-Qur’an

Standar Kompetensi : 13 Memahami Hukum bacaan Idgham

13.1.Menge-nal Hukum Bacaan Idgham

Hukum bacaan Idhgam

Siswa mampu menjelaskan hokum macam-macam bacaan idhgam

a. menjelaskan hukum bacaan idghom

b. menyebutkan macam-macam idghom

Tes lisan

Tes lisan

Jawaban singkat

Jawaban singkat

Apakah arti idgam menurut bahasa dan istilah ?

Sebutkan pembagian idgham disertai contohnya !

12x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

c. menjelaskan arti id-gom Mutamatsilain, Mutaqaribain dan Mutajanisain

d. Menyebutkan huruf idghom Mutamatsilain, Mutaqaribain dan Mutajanisain

e. memberikan contoh bacaan idghom idgom Mutamatsilain, Mutaqa ribain & Mutajanisain Muthamatsilain

Tes lisan

Tes lisan

Unjuk kerja

Jawaban singkat

Praktek

Identifikasi

Jelaskan perbedaan idgham Mitslain, mutaqaribain dan mutajanisain !

Tunjukkan huruf idgham mitslain, mutaqaribain dan mutajanisan ?

Kelompokkan idgham pada QS. Al Insyirah !

13.2.Menerapkan Hukum Bacaan Idgham

Siswa mampu menunjukkan hokum bacan Idgham pada surat-surat pendek

f. Melapazkan bacaan idghom Mutamatsilaian, Mutaqaribain dan Mutajanisain

Unjuk kerja

Praktek

Tentukan dan lafadzkan hokum bacaan idgham pada pada QS. Al ‘Adiyat ?

2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 14. Memahami hokum bacaan Gunnah Musyadah dan Alif Lam

14.1.Menjelaskan hokum bacaan Gunah Musyaddah pada surat-surat pendek

Hukum bacaan gunnah musyadah

Siswa membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerap kan okum bacaan gunnah musyadah dengan baik dan benar.

· menjelaskan pengertian hokum Gunnah Musyaddah

Tes unjuk kerja

Praktik

1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan okum bacaan gunah

2 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

· memberikan contoh Gunnah Musyaddah

Unjuk kerja

Praktik

1. Bacalah QS. An Nas sambil menunjukkan bacaan gunnahnya!

14.2.Menerapkan hokum bacaan Gu-nah Musyad dah pada surat-surat pendek

Siwa mampu memperaktekkan hokum bacaan gunnah pada surat-surat pendek

a. melafazkan bacaan Gunnah Musyaddah

Unjuk kerja

Praktik

1. Bacalah QS. At-Takatsur sambil menunjukkan okum bacaan gunnah !

2 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

14.3.Menjelaskan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.

Hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah

Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik pengertian “Al” syamsiyah dan “Al” qamariyah, Mencari contoh-contoh “Al” syamsiyah dan “Al” qamariyah dalam Al Qur’An serta dapat memperaktikan bacaan “Al” syamsiyah dan “Al” qamariyah dengan baik.

a. Menjelaskan pengertian Al Syamsiyah

Tes tulis

Jawaban singkat

1. Jelaskan arti kata “Al” Syamsiyah!

1x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

b. Menjelaskan hukum bacaan Al Syamsiyah

Tes Lisan

Daftar pertanyaan

1. Jelaskan Pengertian hukum bacaan “Al” syamsiah

1 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

c. Menyebutkan huruf Al Syamsiyah

Tes tulis

Pilihan ganda

1. Di bawah ini yang termasuk huruf “Al” Syamsiyah adalah ....

a. ب،ش،ر

b. ف،خ،ث

c. ث،ر،ص

d. د،ا،غ

d. Menyebutkan contoh hukum Al Syamsiyah

Tes tulis

Pilihan ganda

1. Di antara bacaan “Al” Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali:

a. الَّرحْمَنُ

b. الضُّحَى

c. اْليَتِيْمُ

d. السَّائِلُ

e. Menjelaskan pengertian Al Qomariyah

Tes tulis

Jawaban singkat

1. Jelaskan arti kata “Al” Qomariyah

1 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

f. Menjelaskan hukum bacaan Al Qomariyah

Tes tulis

Jawaban singkat

1. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah

g. Menyebutkan huruf Al Qomariyah

Tes tulis

Pilihan ganda

1. Di bawah ini yang termasuk huruf “Al” Qamariyah adalah

a. ب،ق،ج

b. ف،خ،ث

c. ث،ر،ص

d. د،ا،

1. Mendiskusikan perbedaan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah untuk menemukan cirri khas masing-masing hukum bacaan tersebuit

1. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan Al Syamsiyah

Tes tulis

PG

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ

1. Kalimat yang digaris bawahi di atas termasuk hukum bacaan syamsiyah, ciri khas syamsiyah yang melekat pada kalimat di atas adalah ....

a. Tasydid

b. “Al” dibaca jelas

c. Dibaca dengung

d. Ada “Al” nya

1x 40’

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

2. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan Al Qomariyah.

Tes tulis

Jawaban singkat

1. Sebutkan ciri bacaan “Al” Qamariyah!

14.4.Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.

Bacaan Al Qamariyah dan Al Syamsiyah pada surat-surat pendek

Menelaah Q.S. Ad duha dan Al duha untuk menemukan contoh hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan Al Qamariyah

Ø Menerapkan bacaan Al Syamsiyah dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan benar

Tes unjuk kerja

Identifikasi

1. Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha lalu tulislah dalam buku kerja kalian!

2 x 40’

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

Ø Menerapkan ba caan Al Qomari-yah dalam baca-an surat surat al-Qur’an dengan benar

Tes unjuk kerja

Identifikasi

1. Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat lalu tulislah dalam buku kerja kalian!

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Kelas IX. Semester Ganjil

Standar Kompetensi (Tajwid) : 15. Menerapkan hokum bacaan Mad

15.1.Menjelaskan hukum bacaan Mad

Hukum bacaaan Mad

Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang hukum bacaan Mad

· Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.

Tes tulis

Uraian

Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad !

2 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

· Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.

Tes tulis

Uraian

1. Sebutkan macam-macam mad yang kamu ketahui !

2. Sebutkan hokum bacaan mad pada kata yang bergaris bawah berikut ini

· Menjelaskan Hukum Mad Thobi'I dengan baik dan benar

· Menulis contoh Hukum Mad Thobi'I dan yang bukan Mad Thobi'i

· Menunjukkan hokum Mad Thobi'I pda surat-surat pilihan dengan fasikh dan benar

Tes lisan

Tes tulis

Praktik

Jawaban singkat

Uraian

Identifikasi

Jelaskan pengertian mad thabi’I ?

Buatlah tiga buah contoh kalimat yang mengandung bacaan mad thabi’I ?

Carilah hokum bacaan mad pada QS. Al Baqarah ayat 7 dan 8 ?

2 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

15.2.Menerapkan hokum bacaan mad Far’I

Hukum Bacaan Mad Far’i

Siswa mampu menerapkan hokum bacaan Mad Far’i dengan baik dan benar

1. Menjelaskan arti mad Far’i

2. Menjelaskan macam-macam mad far’i

3. Menunjukan contoh hukum bacaan mad far’i dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an

4. Mempraktikkan bacaan mad far’i dalam bacaan surat-surat Al-qur’an

Tes lisan

Tes lisan

Tes tulis

Unjuk kerja

Jawaban singkat

Uraian

Identifikasi

Praktek

3. Apakah arti mad far’i ?

4. Sebutkan macam-macam mad far’I ?

5. Carilah hokum bacaan mad far’I pada QS. Al-Fatihah ?

6. Diantara bacaan di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah:

حُنَفَآءَ

فِيْۤ أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ

وَلاَ تَحَآضُّوْنَ

بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ

4 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

Standar Kompetensi : 16. Memahami Waqaf

16.1.Menjelaskan hukum bacaan waqaf pada surat-surat pendek dalam Al qur’an

Hukum bacaan waqaf

Siswa mampu menelaah, mempelajari dan menerapkan hukum bacaan waqaf dalam surat-surat pendek dalam Al qur’an

· Menjelaskan arti waqaf

Tes lisan

Jawaban singkat

Jelaskan arti waqaf !

3 x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

· menyebutkan macam-macam waqaf

Tes tulis

Uraian

Sebutkan macam-macam waqaf yang kami ketahui ?

· Menunjukkan tanda-tanda waqaf

Tes unjuk kerja

Praktik

1. Bacalah QS. Al Ma’un sambil menunjukkan hukum bacaan waqaf !

· Menunjukkan contoh waqaf

Tes unjuk kerja

Praktik

1. Bacalah QS. Al Ma’un sambil menunjukkan hukum bacaan waqaf !

16.2.Menerapkan hukum bacaan waqaf pada surat-surat pendek dalam Al qur’an

· Memperaktekkan hokum bacaan waqaf pada ayat-ayat pilihan

Tes unjuk kerja

Praktik

1. Bacalah QS. Al Ma’un sambil menunjukkan hukum bacaan waqaf !

4x 40 menit

Buku Tajwid,

Al-qur;an

Yanbu’a

Standar Kompetensi : 17. Hafalan al-Qur’an Juz 30 (Surat Al-a’laa-Ath-lail)

Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-a’laa-Ath-lail

Hafalan juz ‘ama

Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-a’laa-Ath-lail

Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-a’laa-Ath-lail

Tes hafalan

Praktek

Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-a’laa-Ath-lail dengan hafalan!

6x 40 menit

Juz Amma, al-Qur’an

Kelas IX. Semester Genap

Standar Kompetensi : 18. Memahami dasar-dasar menulis indah Al qur’an (Kaligrafi)

16.1. Mengenal alat/bahan dan bentuk tulisan indah Al-qur’an/ kaligrafi Islam

Kaligrafi

Siswa mampu mengenal dasar-dasar Kaligrafi Islam

Ø Menyebutkan alat/bahan menulis indah Al-qur’an/Kaligrafi Islam

Tes Lisan

Jawaban singkat

Sebutkan alat-alat/bahan untuk membuat kaligrafi Islam ?

1 x 40 menit

Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah

Sumber lain yang relevan

Ø Menjelaskan nama-nama bentuk tulisan indah Al-qur’an/ Kaligrafi Islam

Tes lisan

Jawaban singkat

Sebutkan 5 macam bentuk tulisan indah Al-qur’an ?

16.2. Menge-nal cara / teknik mem-buat tulisan indah Al qur’an

Ø Menjelaskan cara-cara membuat tulisan indah Al-qur’an

Unjuk kerja

Uraian

Jelaskan cara/teknik membuat tulisan indah Al qur’an / Kaligrafi Islam ?

1 x 40 menit

16.3. Membuat tulisan indah Al-qur’an /kaligrafi

Ø Membuat tulisan indah Al-qur’an/ kaligrafi islam

Unjuk kerja

Praktek

Buatlah tulisan indah bentuk Tsulutsi !

4 x 40 menit

Standar Kompetensi : 19. Hafalan al-Qur’an Juz 30 (Surat Al-Thariq-An-Naba’)

Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-Thariq-An-Naba’

Hafalan juz ‘ama

Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-Thariq-An-Naba’

Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-Thariq-An-Naba’

Tes Hafalan

Praktek

Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Surat Al-Thariq-An-Naba’

6x 40 menit

Juz Amma, al-Qur’an

*Catatan:

Tambahkan atau kurangi materi-materi yang dirasa kurang sesuai

No comments:

Post a Comment