S I L A B U S
Sekolah : MTs Negeri Wonosobo
Mata Pelajaran : Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
M.YUSUF AMIN NUGROHO, SHI
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator | Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar
| ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Kelas VII Semester Ganjil Standar Kompetensi (Membaca) : 1. Memahami dan menjelaskan Adab (tatakrama) membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur’an
| ||||||||
1.1. Menjelaskan Adab membaca, mendengar-kan dan meng-hafal Al qur’an | Adab/tatakrama memba -ca, men-dengarkan dan menghafal Al qur’an | Siswa mampu menerapkan adab/tatkrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an. | · Mampu menjelas-kan Adab (tatakra-ma) dalam mem-baca, mendengar-kan dan menghafal Al-Qur’an.
| Tes tulis | Uraian singkat | 1. Jelaskan adab membaca Al-qur’an ? 2. Jelaskan adab mendengarkan bacaaan Al-qur’an ? 3. Jelaskan adab menghafal Al-qur’an ?
| 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan Yanbu’a |
1.2. Membaca ayat-ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan tatakrama membaca, mendengar-kan dan menghafal Al qur’an
| Dalil naqli tentang mem-baca, men -dengarkan dan meng-hafal Al-qur’an | Siswa mampu membaca, mendengarkan dan menghafal adab/tatakrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an. | · Mampu membaca dalil naqli tentang adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur'an
· Mampu mengarti-kan ayat-ayat Al-qur’an yang men-jelaskan tentang adab mem-baca, mendengarkan dan menghafal Al-qur’an | Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
| Penugas-an
Uraian
Uraian
Uraian | 1. Bacalah ayat-ayat Al-qur’an tentang adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-qur’an dengan fasih dan benar ? 2. Tulislah ayat-ayat Al-qur’an tentang adab membaca Al-qur’an ? 3. Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an tentang adab mendengarkan bacaan Al-qur’an ? 4. Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an tentang adab menghafal Al-qur’an ? | 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan Yanbu’a |
1.3. Menampilkan perilaku yang sesuai de-ngan adab/ tatakrama ketika mem-baca, mende-ngarkan dan menghafal Al qur’an |
| Siswa mendiskusi-kan adab /tatakrama membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an. | · Mampu menjelas-kan hikmah/ keutamaan mem- baca, mendengar kan dan menghafal Al-qur’an
· Menampilkan adab / tatakrama mem-baca, mendengar-kan dan menghafal Al qur’an | Tes tulis
Tes unuuk kerja | Uraian
Simulasi | Sebutkan 5 hikmah/keutama-an membaca dan mendengar kan Al-qur’an !
Peragakan tatakrama mem-baca Al-qur’an yang baik dan benar ! | 3x40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan Yanbu’a |
Standar Kompetensi : 2. Memahami huruf hijaiyah
| ||||||||
2.1. Menjelaskan pengertian huruf dan hijaiyah
| Pengertian Huruf dan Hijaiyah | Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik pengertian Huruf dan Hijaiyah,
| · Mampu menjelaskan pengertian huruf
| Tes lisan | Jawaban singkat | Jelaskan arti huruf dalam bahasa Arab ? | 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan Yanbu’a |
· Mampu menjelaskan pengertian hijaiyah
| Tes tulis | Pilihan ganda | Secara bahasa arti hijaiyah adalah …. a. kata c. ejaan b. kalimat d. huruf | |||||
· Menunjukkan perbedaan huruf dengan hijaiyah | Unjuk kerja | Jawaban singkat | Jelaskan perbedaan huruf dengan hijaiyah ? | |||||
8.1. Mengucap-kan huruf-huruf Hijaiyah
| Huruf-huruf Hijaiyah | Siswa menunjukkan contoh lafal huruf serta mencari perbedaan huruf dan hijaiyah | · Mampu menyebutkan jumlah huruf hijaiyah
· Mampu melaflakan huruf-huruf hijaiyah
· Melafalkan huruf hijaiyah yang dibaca pendek dan panjang
| Tes tulis Unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis | Pilihan ganda
Penugasan
Pilihan ganda
Penugasan
| 1. Jumlah huruf hijaiyah adalah a. 27 c. 29 b. 28 d. 30 2. Jelaskan perbedaan cara pengucapan huruf Asmaul Huru, dengan Musammayatul Huruf ?
3. Peragakan cara melaflakan huruf
4. Melekatkan ke dua bibir kuat-kuat, menghembuskan nafas sam-pai terhenti pada makhrajnya dan menimbul- kan suara, lalu menghentikan suara itu (jahar dan syiddah). Dan Posisi lidah merendah (istifal dan infitah).serta dalam keadaan sukun, dibaca memantul (qolqolah). Pernyataan tersebut cara melafalkan huruf ... a. ب c.ت c. ث d. ج 5. Jelaskan perbedaan cara melafalkan huruf hijaiyah yang dibaca panjang dan pendek ! 6. Cari dan Lafalkan huruf-huruf hijaiyah berikut ini ! | 3x 40 menit
| Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan Yanbu’a |
8.2. Menuliskan huruf-huruf Hijaiyah
| Huruf hijaiyah yang bersam-bung dan yang tidak bersam -bung | Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik bentuk-bentuk huruf Hijaiyah
| · Mampu menuliskan huruf-huruf hijaiyah dengan benar | Unjuk Kerja | Penugasan | 1. Jelaskan sistem/cara menulis huruf hijaiyah dengan baik dan benar ? 2. Jelaskan penulisan huruf hijiayah yang bersambung dan tidak bersambung ? 3. Tulislah huruf hijiyah yang dapat disambung dan yang tidak dapat disambung ? 4. Tuliskan lima huruf hijaiyah yang cara pengucapannya di-pantulkan ketika sukun ? 5. Sambungkanlah huruf-huruf hijhaiyah berikut ini ?
| 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan Yanbu’a |
Standar Kompetensi (Membaca ) : 3. Memahami Tanda Baca Al-qur’an (Harakat) | ||||||||
3.1. Menjelaskan arti tanda baca Al qur’an
| Tanda Baca Huruf Hijaiyah | Siswa mmapu menjelskan tanda-tanda baca Al-qur’an | · Menjelaskan penger-tian tanda baca | Tes tulis | Jawaban singkat | Apakah arti tanda baca Al qur’an ? | 1x 40 menit
1x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan Yanbu’a |
· Menunjukkan bentuk-bentuk tanda baca huruf-huruf hijaiyah
| Unjuk kerja | Praktek | Tunjukkan tanda baca Al qur’an pada surat Al ikhlas yang harus dibaca panjang ! | |||||
3.2. Menjelaskan sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an
| Sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an | Siswa mampu menceritakan sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an | · Menjelaskan sejarah munculnya tanda baca huruf hijaiyah
| Tes tulis | Uraian | Jelaskan secara singkat sejarah munculnya tanda baca Al qur’an ? | ||
3.3. Menuliskan tanda-tanda baca Al qur’an (harakat)
| Tanda baca Al-qur’an | Siswa mampu menuliskan tanda baca Al-qur’an | · Menuliskan tanda baca huruf hijaiyah | Tes tulis | Uraian | Tulislah dan uraikan tanda baca pada kalimat
| 1 x 40 menit
2x 40 menit | |
3.4. Memperaktekkan tanda-tanda baca Al-qur’an
|
| Siswa mampu menelaah dan mempelajari serta menerapkan tanda baca Al qur’an | · Menunjukkan contoh-contoh tanda baca Al qur’an pada surat-surat pendek | Tes tulis | Identifikasi | Kelompokkan tanda baca Al qur’an pada QS. Al ‘Ashr :
| ||
Kelas VII, Semester Genap Standar Kompetensi (Tajwid) : 4. Memahami makhorijul huruf hijaiyah
| ||||||||
4.1. Menjelaskan pengertian makharijul huruf
4.2. Membedakan makharijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym
4.3. Memperaktekkan makha -rijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym | Makharijul Huruf | Siswa mampu menelaah menerapkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an
Siswa mampu membedakan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an
Siswa mampu memperaktekkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an | · Mampu menjelaskan pengertian makhorijul huruf hijaiyah · Mampu menjelaskan pembagian makhorijul huruf · Mampu menyebutkan macam-macam makhorijul huruf | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Ditinjau dari segi morfologi , arti makhraj adalah … 2. Pengertian makharijul hurf adalah ... 3. Pembagian makharijul huruf menurut pendapat ulama yang paling masyhur adalah . 4. Sebutkan macam-macam makharijul huruf dengan artinya ... | 2 x 40 menit
2 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan Yanbu’a |
· . Mampu menjelaskan perbedaan makhraj Al-Jauf Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum · Menyebutkan huruf Al jauf , Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum
| Tes tulis
Tes tulis | Pilihan ganda
Uraian | 1. Makharijul huruf yang keluar dari bibir disebut … 2. Jauf c. halqi 3. Lisan d. Syafatain 4. Huruf ع ح ج termasuk makharijul huruf … a. Syafatain c. Lisan b. Halqi d. Al Jauf 5. Salah satu huruf hijaiyah yang keluar dari makhraj Al Jauf adalah … a. م c. ق b. ب d. ي 6. Sebutkan perbedaan makharijul huruf Al Lisan dengan Khaisyum disertai huruf-hurufnya ! | |||||
· Memperaktekkan makharijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum
| Tes tulis | Identifikasi | 7. Bacalah huruf Hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya masing-masing ! 8. Kelompokkan makharijul huruf pada QS. Al Fatihah dengan baik dan benar !
| 2x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a | |||
Standar Kompetensi : 5. Memahami sistem penulisan huruf hijaiyah
| ||||||||
5.1. Menjelaskan system penulisan huruf hijaiyah
| Sistem penulisan Huruf hijaiyah
| Siswa mempelajari sistem penulisan huruf bersambung dan tidak bersambung
| · Mampu menuliskan bentuk-bentuk huruf hijaiyah | Unjuk Kerja | Identifikasi | Tulislah bentuk-bentuk huruf yang terdapat dalam Al qur’an ! | 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
· Mampu menjelaskan sistem penulisan huruf hijaiyah. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan sistem penulisan huruf hijaiyah ? | |||||
· Mampu mengidenti- fikasikan huruf hijaiyah yang dapat disambung dan tidak bersambung | Unjuk kerja
| Identifikasi | 1. Salinlah huruf-huruf hijaiyah yang dapat disambung kekiri dan kekanan ? 2. Salinlah huruf yang dapat disambung ke kanan saja ! | |||||
Mampu merangkai · huruf-huruf hijaiyah bersambung dan tidak bersambung
| Unjuk Kerja | Daftar isian | Rangkaikan Huruf-huruf berikut ini :
| |||||
5.2. Menerapkan system penulisan huruf hijaiyah | Siswa mempelajari, menelaah dan memperaktekkan cara melafalkan huruf Hijaiyah dengan baik | · Menjelaskan perbedaan cara pengucapan hijaiyah
| Tes tulis
| Uraian | Jelaskan perbedaan cara pengucapan hijaiyah ? | 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a | |
· Memperaktekkan cara melafalkan huruf hijaiyah | Tes perbuatan | Daftar pertanyaan | Bacalah huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan cara melafal-kannya dengan benar !
| |||||
Standar Kompetensi : 6. Memahami Transliterasi Huruf Hijaiyah
| ||||||||
6.1. Menjelaskan pengertian transliterasi huruf hijaiyah
6.2. Mempraktek- kan transli-terasi huruf hijaiyah
| Transliterasi huruf hijaiyah | Siswa mampu menjelaskan transliterasi huruf-huruf hijaiyah
Siswa mampu memperaktekkan transliterasi huruf-huruf hijaiyah | · Mampu menjelas-kan pengertian transliterasi huruf hijaiyah
| Tes lisan | Jawaban singkat | Apakah arti Transliterasi ? | 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur’an Yanbu’a |
· Mampu menjelas-kan tujuan trans-literasi huruf hijaiyah
| Tes tulis | Uraian | Jelaskan tujuan transliterasi huruf hijaiyah ? | |||||
· Mampu memperak-tekkan transliterasi huruf hijaiyah | Unjuk Kerja | Praktek | Translit pernyataan di bawah ini! 1. “Buka Pintu” 2. | 3 x 40 menit
| ||||
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator | Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar
| ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Kelas VIII, Semester Ganjil Standar Kompetensi : 7. Memahami hokum bacaan Nun Mati dan Tanwin
| ||||||||
7.1. Menjelaskan hokum bacaan Nun Mati Tanwin
| Hukum bacaan Nun Mati dan Tanwin | Siswa mampu menjelaskan pengertian Nun mati dan tanwin Menyebutkan pembagian hukum bacaan Nun mati dan Tanwin Menjelaskan hukum pembagian nun mati dan tnawin
| * Mampu menjelaskan perbedaan nun mati dengan tanwin | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Jelaskan arti nun mati dan tanwin
2. Sebutkan macam-macam tanwin
| 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur’an Yanbu’a |
* Menyebutkan pemba-gian hukum nun mati dan tanwin | Tes tulis | Tes tulis | 3. Sebutkan hukum pembagian hukum nun mati dan tanwin
| |||||
· Menjelaskan perbedaan hukum bacaan Idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa
| Tes tulis | Tes tulis | 4. Jelaskan hukum bacaan idzhar disertai contohnya ! 5. Jelaskan arti hukum bacaan idgham disertai bagian-bagian dan contohnya ! 6. Jelaskan arti hukum bacaan iqlab disertai contohnya ! 7. Jelaskan arti hukum bacaan ikhfa disertai contohnya !
| 3 x 40 menit | ||||
* Menyebutkan huruf-huruf idzhar, idgam, iqlab dan ikhfa | Tes tulis | Tes tulis | 8. Sebutkan huruf idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa
| |||||
7.2. Menerapkan hokum baca an Nun Ma-ti/Tanwin dengan baik dan benar
| Siswa mampu memperaktekkan hokum bacaan Nun Mati/Tanwin pada surat-surat pendek. | · Mengidnetifikasi hokum bacaan nun mati dan tanwin pada QS | Tes tulis | Uraian
Identifikasi
| 9. Jelaskan hokum bacaan nun mati dan tanwin pada QS. Al Fatihah !
10. Identifikasikan hokum bacaan idzhar, Idgham, Iqlab dan Ikhfa pada QS. Al ‘Ala
| |||
Standar Kompetensi : 8. Memahami bacaan tafhim, tarqiq pada Lam Jalalah
| ||||||||
8.1. Menjelaskan Hukum baca- an Tafkhim dan Tarqiq pada Lafdzul Jalalah | Bacaan tarqiq dan tafhim pada Lamul Jalalah | Siswa mampu menjelaskan hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lamul jalalah dengan baik dan benar
Siswa mampu memperaktekkan hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lamul jalalah dengan baik dan benar | · Menjelaskan pengertian Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar
· Menuliskan contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar
| Tes lisan
Tes tulis | Jawaban singkat
Uraian | 1. Apakah perbedaan arti tafkhim dan tarqiqi ? 2. Sebutkan alasannya lamul jalalah yang dibaca tafkhimm dan tarqiq
3. Tulislah contoh lamul jalalah yang dibaca tafkhim dan tarqiq | 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a lain yang |
8..2. Memperak-tekkan Hukum bacaan Tafkhim dan Tarqiq pada Lafdzul Jalalah
| · Melafalkan contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar
| Tes tulis | Unjuk kerja | 4. Bacalah hokum bacaan Lamul Jalalah yang dibaca Tafkhim dan Tarqiq 5. Kelompokkan lamul jalalah pada QS. Al Fatihah dengan tepat ! | 3 x 40 menit | |||
Standar Kompetensi (Membaca) : 9. Menerapkan hokum bacaan qalqalah dan Ra
| ||||||||
9.1. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar
| Hukum bacaan qalqalah dan Ra
| Siswa membaca dan menelah berbagai iteratur tentang hukum bacaan qalqalah dan Ra hingga dapat menjelaskannya.
| · Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra.
| Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra ! | 3 x 40 menit | 1. Al-Qur’an & terjemah 2. Buku Tajwid 3. CD muratal |
· Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan Ra · Menyebutkan contoh-contohnya.
| Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah, Ra dan sebutkan contohnya masing-masing! | 3 x 40 menit | ||||
9.2. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan RA dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar
| Siswa membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dengan benar. | · Membaca bacaan qalqalah dan Ra dengan benar.
| Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan qalqalah dan Ra : لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ وَاْلعَادِيَاتِ ضَبْحًا يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ مِنْ قُوَّةٍ وَّلاَ نَاصِرٍ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ | 2 x 40 menit | 1. Al-Qur’an & terjemahnya 2. Buku Tajwid 3. CD Murattal 4. Buku PAI | |
Standar kompetensi: 10. Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha Annas-al-Asyr
| ||||||||
10.1. Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek: at-takatsur sampai Adduha Annas sampai al-Asyr | Hafalan juz ‘ama
| Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Adduha Annas sampai al-Asyr
| Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Adduha Annas sampai al-Asyr
| Tes hafalan | Praktek | Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Adduha Annas sampai al-Asyr ! | 4x 40 menit | Juz Amma, al-Qur’an |
Kelas VIII. Semester Genap Standar Kompetensi : 11. Memahami hokum bacaan Mim Sukun
| ||||||||
11.1.Menjelaskan penger-tian hukum bacaan Mim Mati/Sukun
| Hukum Bacaan Mim Mati
| Mampu menjelaskan hokum bacaan mim sukun | o menjelaskan pengertian hokum bacaan Ikha Syafawi
o menyebutkan huruf Ikhfa Syafawi o menunjukkan contoh bacaan Ikhfa Syafawi
o menjelaskan pengertian Idghom Mutamatsilain ( Idghom Mimi ) o menyebutkan huruf Idghom Mutamatsilain ( Idghom Mimi ) o menunjukkan contoh dan melafazkan bacaan Idghom Mutamatsilain ( Idghom Mimi )
o menjelaskan pengertian Izhar Syafawi
o menyebutkan huruf Izhar Syafawi
o menunjukkan contoh dan melafazkan bacaan Izhar Syafawi | Tes lisan
Tes lisan
Unjuk Kerja
Tes lisan
Tes lisan
Unjuk Kerja
Tes lisan
Tes tulis Unjuk kerja | Jawaban singkat
Jawaban singkat
Praktek
Jawaban singkat
Uraian
Praktek
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Praktek
| Apakah arti ikhfa syafawi Jelaskan perbedaan ikhfa syafawi dan ikhfa hakiki !
Sebutkan huruf-huruf ikhfa syafawi ?
Bacalah QS. Al Fatihah 1-5 dan tunjukkan bacaan Ikhfa Syafawinya ?
Jelaskan pengertian idgham mitslain/mimi ?
Sebutkan huruf-huruf idgham miutslain/mimi ?
Bacalah QS. Al Baqarah ayat 5-8 dan tunjukkan bacaan idgham mitslain dengan alasannya ?
Jelaskan arti idzhar syafawi ? Apakah perbedaan Idhar syafawi dengan idhar halqi ? Sebutkan huruf idzhar syafawi yang 27 ?
Bacalah QS. Al Baqarah : 9-12 dan tunjuikkan bacaan idhar syafawi dengan alasannya ?
| 1 x 40 menit
1 x 40 menit
1 x 40 menit
| Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
11.2.Menerapkan hukum bacaan Mim Mati
| Mampu menerapkan huklum bacaan Mim Sukun | · Memperaktekkan hukum bacaan mim sukun | Unjuk Kerja | Identifikasi | § Kelompokkan hukum bacaan Mim Sukun pada QS. Al Baqarah : 122 | 2 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a | |
Standar kompetensi: 12. Hafalan al-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha
| ||||||||
12.1.Menghafal-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha | Hafalan juz ‘ama
| Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha | Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha | Tes hafalan | Praktek | Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha dengan hafalan! | 4x 40 menit | Juz Amma, al-Qur’an |
Standar Kompetensi : 13 Memahami Hukum bacaan Idgham
| ||||||||
13.1.Menge-nal Hukum Bacaan Idgham
| Hukum bacaan Idhgam | Siswa mampu menjelaskan hokum macam-macam bacaan idhgam | a. menjelaskan hukum bacaan idghom b. menyebutkan macam-macam idghom | Tes lisan
Tes lisan | Jawaban singkat
Jawaban singkat | Apakah arti idgam menurut bahasa dan istilah ?
Sebutkan pembagian idgham disertai contohnya ! | 12x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
c. menjelaskan arti id-gom Mutamatsilain, Mutaqaribain dan Mutajanisain
d. Menyebutkan huruf idghom Mutamatsilain, Mutaqaribain dan Mutajanisain e. memberikan contoh bacaan idghom idgom Mutamatsilain, Mutaqa ribain & Mutajanisain Muthamatsilain
| Tes lisan
Tes lisan
Unjuk kerja
| Jawaban singkat
Praktek
Identifikasi | Jelaskan perbedaan idgham Mitslain, mutaqaribain dan mutajanisain !
Tunjukkan huruf idgham mitslain, mutaqaribain dan mutajanisan ?
Kelompokkan idgham pada QS. Al Insyirah ! | |||||
13.2.Menerapkan Hukum Bacaan Idgham
| Siswa mampu menunjukkan hokum bacan Idgham pada surat-surat pendek | f. Melapazkan bacaan idghom Mutamatsilaian, Mutaqaribain dan Mutajanisain | Unjuk kerja
| Praktek
| Tentukan dan lafadzkan hokum bacaan idgham pada pada QS. Al ‘Adiyat ? | 2 x 40 menit | ||
Standar Kompetensi : 14. Memahami hokum bacaan Gunnah Musyadah dan Alif Lam
| ||||||||
14.1.Menjelaskan hokum bacaan Gunah Musyaddah pada surat-surat pendek | Hukum bacaan gunnah musyadah
| Siswa membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerap kan okum bacaan gunnah musyadah dengan baik dan benar.
| · menjelaskan pengertian hokum Gunnah Musyaddah | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan okum bacaan gunah
| 2 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
· memberikan contoh Gunnah Musyaddah | Unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah QS. An Nas sambil menunjukkan bacaan gunnahnya! | |||||
14.2.Menerapkan hokum bacaan Gu-nah Musyad dah pada surat-surat pendek
| Siwa mampu memperaktekkan hokum bacaan gunnah pada surat-surat pendek | a. melafazkan bacaan Gunnah Musyaddah
| Unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah QS. At-Takatsur sambil menunjukkan okum bacaan gunnah ! | 2 x 40 menit
| Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a | |
14.3.Menjelaskan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
| Hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah | Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik pengertian “Al” syamsiyah dan “Al” qamariyah, Mencari contoh-contoh “Al” syamsiyah dan “Al” qamariyah dalam Al Qur’An serta dapat memperaktikan bacaan “Al” syamsiyah dan “Al” qamariyah dengan baik.
| a. Menjelaskan pengertian Al Syamsiyah | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Jelaskan arti kata “Al” Syamsiyah! | 1x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
b. Menjelaskan hukum bacaan Al Syamsiyah
| Tes Lisan | Daftar pertanyaan | 1. Jelaskan Pengertian hukum bacaan “Al” syamsiah | 1 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a | |||
c. Menyebutkan huruf Al Syamsiyah | Tes tulis | Pilihan ganda | 1. Di bawah ini yang termasuk huruf “Al” Syamsiyah adalah .... a. ب،ش،ر b. ف،خ،ث c. ث،ر،ص d. د،ا،غ
| |||||
d. Menyebutkan contoh hukum Al Syamsiyah
| Tes tulis | Pilihan ganda | 1. Di antara bacaan “Al” Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali: a. الَّرحْمَنُ b. الضُّحَى c. اْليَتِيْمُ d. السَّائِلُ
| |||||
e. Menjelaskan pengertian Al Qomariyah
| Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Jelaskan arti kata “Al” Qomariyah | 1 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a | |||
f. Menjelaskan hukum bacaan Al Qomariyah
| Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
| |||||
g. Menyebutkan huruf Al Qomariyah | Tes tulis | Pilihan ganda | 1. Di bawah ini yang termasuk huruf “Al” Qamariyah adalah a. ب،ق،ج b. ف،خ،ث c. ث،ر،ص d. د،ا، | |||||
|
| 1. Mendiskusikan perbedaan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah untuk menemukan cirri khas masing-masing hukum bacaan tersebuit | 1. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan Al Syamsiyah
| Tes tulis | PG | وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ 1. Kalimat yang digaris bawahi di atas termasuk hukum bacaan syamsiyah, ciri khas syamsiyah yang melekat pada kalimat di atas adalah .... a. Tasydid b. “Al” dibaca jelas c. Dibaca dengung d. Ada “Al” nya
| 1x 40’ | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
2. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan Al Qomariyah.
| Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan ciri bacaan “Al” Qamariyah! | |||||
14.4.Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
| Bacaan Al Qamariyah dan Al Syamsiyah pada surat-surat pendek | Menelaah Q.S. Ad duha dan Al duha untuk menemukan contoh hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan Al Qamariyah
| Ø Menerapkan bacaan Al Syamsiyah dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan benar | Tes unjuk kerja | Identifikasi | 1. Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha lalu tulislah dalam buku kerja kalian!
| 2 x 40’ | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
Ø Menerapkan ba caan Al Qomari-yah dalam baca-an surat surat al-Qur’an dengan benar | Tes unjuk kerja | Identifikasi | 1. Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat lalu tulislah dalam buku kerja kalian!
| |||||
| ||||||||
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator | Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar
| ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Kelas IX. Semester Ganjil Standar Kompetensi (Tajwid) : 15. Menerapkan hokum bacaan Mad | ||||||||
15.1.Menjelaskan hukum bacaan Mad
| Hukum bacaaan Mad
| Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang hukum bacaan Mad | · Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.
| Tes tulis | Uraian | Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad ! | 2 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
· Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
| Tes tulis | Uraian
| 1. Sebutkan macam-macam mad yang kamu ketahui ! 2. Sebutkan hokum bacaan mad pada kata yang bergaris bawah berikut ini
| |||||
· Menjelaskan Hukum Mad Thobi'I dengan baik dan benar
· Menulis contoh Hukum Mad Thobi'I dan yang bukan Mad Thobi'i
· Menunjukkan hokum Mad Thobi'I pda surat-surat pilihan dengan fasikh dan benar
| Tes lisan
Tes tulis
Praktik
| Jawaban singkat
Uraian
Identifikasi | Jelaskan pengertian mad thabi’I ?
Buatlah tiga buah contoh kalimat yang mengandung bacaan mad thabi’I ?
Carilah hokum bacaan mad pada QS. Al Baqarah ayat 7 dan 8 ? | 2 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a | |||
15.2.Menerapkan hokum bacaan mad Far’I
| Hukum Bacaan Mad Far’i | Siswa mampu menerapkan hokum bacaan Mad Far’i dengan baik dan benar | 1. Menjelaskan arti mad Far’i
2. Menjelaskan macam-macam mad far’i
3. Menunjukan contoh hukum bacaan mad far’i dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
4. Mempraktikkan bacaan mad far’i dalam bacaan surat-surat Al-qur’an | Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
Unjuk kerja
| Jawaban singkat
Uraian
Identifikasi
Praktek
| 3. Apakah arti mad far’i ?
4. Sebutkan macam-macam mad far’I ?
5. Carilah hokum bacaan mad far’I pada QS. Al-Fatihah ?
6. Diantara bacaan di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah: حُنَفَآءَ فِيْۤ أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ وَلاَ تَحَآضُّوْنَ بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ | 4 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
Standar Kompetensi : 16. Memahami Waqaf
| ||||||||
16.1.Menjelaskan hukum bacaan waqaf pada surat-surat pendek dalam Al qur’an
| Hukum bacaan waqaf | Siswa mampu menelaah, mempelajari dan menerapkan hukum bacaan waqaf dalam surat-surat pendek dalam Al qur’an | · Menjelaskan arti waqaf
| Tes lisan | Jawaban singkat | Jelaskan arti waqaf ! | 3 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a |
· menyebutkan macam-macam waqaf
| Tes tulis | Uraian | Sebutkan macam-macam waqaf yang kami ketahui ? | |||||
· Menunjukkan tanda-tanda waqaf | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah QS. Al Ma’un sambil menunjukkan hukum bacaan waqaf !
| |||||
· Menunjukkan contoh waqaf | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah QS. Al Ma’un sambil menunjukkan hukum bacaan waqaf !
| |||||
16.2.Menerapkan hukum bacaan waqaf pada surat-surat pendek dalam Al qur’an
| · Memperaktekkan hokum bacaan waqaf pada ayat-ayat pilihan | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah QS. Al Ma’un sambil menunjukkan hukum bacaan waqaf ! | 4x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an Yanbu’a | ||
Standar Kompetensi : 17. Hafalan al-Qur’an Juz 30 (Surat Al-a’laa-Ath-lail)
| ||||||||
Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-a’laa-Ath-lail
| Hafalan juz ‘ama
| Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-a’laa-Ath-lail | Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-a’laa-Ath-lail | Tes hafalan | Praktek | Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-a’laa-Ath-lail dengan hafalan! | 6x 40 menit | Juz Amma, al-Qur’an |
Kelas IX. Semester Genap Standar Kompetensi : 18. Memahami dasar-dasar menulis indah Al qur’an (Kaligrafi)
| ||||||||
16.1. Mengenal alat/bahan dan bentuk tulisan indah Al-qur’an/ kaligrafi Islam
| Kaligrafi | Siswa mampu mengenal dasar-dasar Kaligrafi Islam | Ø Menyebutkan alat/bahan menulis indah Al-qur’an/Kaligrafi Islam | Tes Lisan
| Jawaban singkat | Sebutkan alat-alat/bahan untuk membuat kaligrafi Islam ? | 1 x 40 menit | Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah Sumber lain yang relevan |
Ø Menjelaskan nama-nama bentuk tulisan indah Al-qur’an/ Kaligrafi Islam | Tes lisan | Jawaban singkat | Sebutkan 5 macam bentuk tulisan indah Al-qur’an ? | |||||
16.2. Menge-nal cara / teknik mem-buat tulisan indah Al qur’an | Ø Menjelaskan cara-cara membuat tulisan indah Al-qur’an
| Unjuk kerja | Uraian | Jelaskan cara/teknik membuat tulisan indah Al qur’an / Kaligrafi Islam ? | 1 x 40 menit |
| ||
16.3. Membuat tulisan indah Al-qur’an /kaligrafi | Ø Membuat tulisan indah Al-qur’an/ kaligrafi islam
| Unjuk kerja | Praktek | Buatlah tulisan indah bentuk Tsulutsi !
| 4 x 40 menit |
| ||
Standar Kompetensi : 19. Hafalan al-Qur’an Juz 30 (Surat Al-Thariq-An-Naba’)
| ||||||||
Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-Thariq-An-Naba’
| Hafalan juz ‘ama
| Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-Thariq-An-Naba’ | Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Al-Thariq-An-Naba’
| Tes Hafalan | Praktek | Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Surat Surat Al-Thariq-An-Naba’
| 6x 40 menit | Juz Amma, al-Qur’an |
*Catatan:
Tambahkan atau kurangi materi-materi yang dirasa kurang sesuai
No comments:
Post a Comment