04 November, 2014

Pengantar Studi Islam

Soal !

1.      Studi Islam di Indonesia mengalami proses perkembangan. Kemukakan perkembangan studi Islam di Indonesia terutama berkaitan dengan perkembangan dari aspek pendekatan, dan kemukakan ciri-ciri yang dipandang esensial dalam setiap tahap perkembangan.
2.      Mata kuliah Pengantar Studi Islam memiliki urgensi yang tinggi dalam proses pengembangan wawasan pengetahuan dan sikap inklusif mahasiswa. Coba kemukakan argumen saudara yang mendasari urgensi studi Islam.
3.      Dalam konsep Abid Al Jabiri, struktur pengetahuan Islam (al nidzam al ma’rifiy al Islamiy) diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) kategori yang merupakan pendekatan dalam studi Islam, yaitu: al bayaniy, al burhaniy, dan al ‘irfaniy. Buatlah perbandingan ketiga pendekatan tersebut dalam hal: sumber, pendekatan, dan metode. (lebih jelas jika ditampilkan dalam bentuk matriks).
4.      Kemukakan pengalaman dan atau pengetahuan saudara tentang kelemahan-kelemahan dalam memahami Islam selama ini, dan kemukakan pendapat saudara tentang pendekatan yang tepat dalam studi Islam tersebut.

5.      Jelaskan apa yang dimaksud paradigma keilmuan integrasi-interkoneksi dalam studi Islam!

No comments:

Post a Comment