24 March, 2009

Rahasia Tidur


Judul             : Keajaiban Tidur
Pengarang     : DR. Ahmad Syaqwi Ibrahim
Penerjemah   : Syamsu A. Rizal
Penerbit        : Serambi, Jakarta
Tahun Terbit : 2007
Tebal Buku   : 320 halaman
Harga           : -

Setiap hari makhluk hidup mengalami dua kondisi yang sangat berlainan, yaitu alam jaga dan alam tidur. Menurut sebagian para filosof, keadaan orang tertidur sama sekali berbeda dengan keadaan orang terjaga. Di alam jaga ia berhubungan dengan kehidupan duniawi yang kongret. Sedangkan di alam tidur ia berhubungan sepenuhnya dengan zat kemanusiaannya yaitu akal, jiwa dan ruh. Orang tidur seperti mati, tetapi jantungnya masih tetap berdenyut dan paru-parunya masih bernafas. Sewaktu tidur, hubungan dengan akal terputus. Sementara itu, kendati masih memiliki keterikatan, ruh keluar dari tubuh dengan cara yang tidak diketahui. Dan inilah salah satu hal yang menyebabkan bahwa tidur merupakan sesuatu yang masih menyimpan rahasia. Meskipun tidak sadar, namun keadaan biologi masih berjalan sebagaimana mestinya.

Sejak dulu masalah tidur menjadi perbincangan banyak para ilmuan yang ada di seluruh penjuru dunia. Berbagai riset dan penelitian telah dilakukan untuk menguak rahasia dan keajaiban yang ada di dalamnya. Namun, sampai sekarang ini pun para ilmuan hanya mampu menyibak sedikit tabir tentang rahasia tidur. Padahal mereka telah bekerja keras untuk mempelajari tentang masalah dalam alam tidur. Kebanyakan dari penemuan mereka hanya sebatas pada menghasilkan teori-teori saja.

Bagi kita, tidur merupakan hal yang biasa sehingga kita tidak terlalu memikirkannya. Namun dalam buku karangan DR. Ahmad Syaqwi Ibrahim ini, kenyataannya akan berbicara sebaliknya. Di dalamnya kita akan menemukan banyak hal yang sangat luar biasa, dan belum pernah kita ketahuinya sebelumnya. Dalam kondisi kelopak mata yang terkatup dan mimpi-mimpi yang indah, ternyata tersimpan misteri alam lain yaitu alam kematian kecil. Sebagaimana sabda Rasulullah “sebagaimana kalian tidur, begitulah kalian mati. Dan bagaimana kalian bangun, begitulah kalian dibangkitkan.” Jadi pada dasarnya alam tidur merupakan alam kematian kecil (hal 29).

Buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang sangat sederhana dan tidak terlalu muluk-muluk, sehingga siapa saja yang membaca buku ini akan mudah mengerti dan memahami isi yang terkandung di dalamnya. Dan yang paling menarik dari buku ini ialah, isinya merupakan perpaduan antara makna teks Al Qur`an dengan penemuan-penemuan sains-sains terbaru. Keduanya sejalan dan saling melengkapi.

Dengan kemampuannya memahami makna teks Al Qur`an dan disertai dengan pemaparan ilmiah yang lugas, Profesor Ahmad Syaqwi Ibrahim mengajak pada kita semua untuk menjelajahi akan keajaiban-keajaiban tidur yang setiap hari kita lewati dan kita jalani.

Berbagai permasalahan berkaitan dengan tidur ia jelaskan secara rinci. Diantaranya, rahasia tidur bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual kita; perbedaan antara tidur seorang wanita dengan seorang pria; rahasia jam bilogis kita; keajaiban proses kimiawi selama kita terlelap; mengapa kita mengalami mimpi, mengigau atau berjalan ketika kita terlelap dalam tidur; kebenaran mimpi dan penglihatan sewaktu tidur; perginya jiwa, akal dan ruh sewaktu kita tertidur; keajaiban Ashabul Kahfi yang tidur selama 100 – 300-an tahun; pola tidur aneka binatang; mengapa sebagian binatang berhibernasi; dan masih banyak lagi hal-hal yang berusaha dikupas dan ditelusuri dengan terperinci di dalam buku keajaiban tidur karangan DR. Ahmad Syaqwi Ibrahim ini.

Dan yang tak kalah menariknya lagi dalam buku ini adalah, pembahasab serta ulasan tentang kenapa orang susah untuk tidur dan juga menyuguhkan berbagai tips serta doa untuk mengatasinya bagi segala usia. Buku karangan DR. Ahmad Syaqwi Ibrahim ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan kita. Sebab di dalamnya akan menjelaskan serta menyadarkan bagi kita semua. Bahwa sesungguhnya tidur bukan hanya semata-mata merupakan fenomena biologis semata, namun ternyata di dalamnya juga menyimpan berbagai misteri dan keajaiban yang belum pernah kita ketahui selama ini. Sebab selama ini kita hanya menganggap tidur sebagai rutinitas semata, tanpa mau untuk berpikir yang lebih jauh, tentang apa yang terkandung dalam alam tidur.

Jadi kesimpulannya, buku ini cocok dibaca oleh siapa saja karena gaya bahasanya sederhana dan mudah dipahami dari berbagai kalangan. Bagi yang mengalami masalah dengan tidur, buku ini juga memberikan solusi atas permasalahannya.
Selamat membaca!

No comments:

Post a Comment