19 December, 2009

PENGEMBANGAN KURIKULUM

PENGEMBANGAN KURIKULUM

PADA ANAK MASA PRASEKOLAH DI PLAY GROUP

A. LATAR BELAKANG

Memasuki milenium ketiga, banyak perubahan dan tantangan yang kita hadapi, oleh karena itu dibutuhkan anak-anak yang cemerlang yang akan menyumbang kemampuan potensial pada kehidupannya. Anak perlu dipersiapkan agar memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dari menghadapi perubahan-perubahan dan tantangan zaman. Salah stu aspek yang dikembangkan dalam diri anak adalah kemandirian dan kreatifitasnya.

Untuk mewujudkan semua itu, maka anak perlu dipersiapkan dan dididik sesuai dengan kebutuhannya. Dengan demikian seorang anak dalam pendidikannya tersebut perlu adanya suatu pembinaan, penggalian, dan pengembangan kurikulum sejak dini. Kerena dengan kurikulum merupakan suatu model rekayasa sosial yang paling efektif untuk menyiapkan anak dalam menghadapi kehidupan masyarakat.

Pendidikan dimulai sejak lahir, yaitu lima tahun pertama dalamkehidupan anak merupakan asa yang paling penting dan merupakan masa perkembangan, baik itu perkembangan kecerdasan, kreatifetas maupun perkembangan kepribadian, sehingga pembinaan dan pengembangan kurikulum didisini sangatlah penting terutama pada anak masa prasekolah yaitu sekitar berumur 0-5 tahun agar perkembangan si anak menjadi baik dan sesuai dengan harapan bangsa.

Salah satu cara untuk membina dan mengembangkan kurikulum pada anak masa prasekolah yaitu dengan memasukkan anak pada PLAY GROUP, play group yaitu suatu pendidikan yang bersifat formal yang dimana anak itu dididik sesuai dengan kebutuhan diusianya tersebut. Dimana di play group tersebut anak dididik untuk mengembang kecerdasan baik itu kecerdasan emosional, kecerdasan intelejen, maupun kecerdasan spiritual dan anak juga diasah kemampuannya atau mentalnya. Misalnya anak secara berkelompok bernyanyi-nyanyi, mengggambar, menyusun kata yang dimana semua itu anak menjadi senang dengan belajar, dengan kesenangan-kesenangan itulah secara tidak lansung akan merangsang anak unutk berkembang sesuai dengan potensi dan kreatifannya, serta anak akan berfikir bahwa belajar itu sangat asyik dan tidak membosankan.

Selain itu juaga dipelukannya suatu hubungan yang baik antara si anak dengan orang tua, karena orang tualah orang yang pertama kali anak kenal dan pertama kali anak memperoleh pendidikan, dengan hubungan yang hangat antara orang tua dan anak anak menjadi bersemangat untuk maenjalani hidup ini.

B. RUMUSAN MASALAH

Untuk mengembangakan kurikulum pada anak masa prasekolah, dalam hal ini pemasalahan atau hgal yang akan dibahas antara lain:

1) Bagaimana pelaksanaan atau pengelolaan kurikulum pada masa prasekolah kususnya di Play Group.

2) Bagaiman strategi dalam pengembangan kurikulum yang dilaksanakan di lembanga pendidikan Play Group.

Sehingga kami mengharapkan dengan adanya rumusan masalah yang akan dikembangkan dalam bentuk karya ilmiah ini, kurikulum yang ada pada lembaga pendidikan play Group akan menjadilebih baik dan lebih meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Bangsa ini.

No comments:

Post a Comment