19 December, 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas

Mata kuliah: al Hadits dan Pembelajaannya

Dosen Pengampu: R. Umi Baroroh, M.Ag.

Disusun Oleh:

Nama : Edi Susanto

NIM : 06410076

No.Absen :

Smt / Kls : III / B

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

YOGYAKARTA

2007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

I.Identitas Mata Pelajaran

Hari / Tanggal : Kamis, 6 Desember 2007

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengaah Atas

Mata Pelajaran : Hadits

Materi Pokok : Hadits Tentang Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

Kelas / Semester : XI / II

Pertemuan ke- : 12 (dua belas)

Waktu : 2 X 45 menit

II.Standar Kompetensi

Siswa dapat memahami dan mendeskripsikan tentang hadits-hadits yang berkaitan dengan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dan sekaligus dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

III.Kemampuan Dasar

1. Kompetensi Dasar

Dapat mendefinisikan dan menguraikan antara amar ma’ruf nahi mungkar, serta dapat membedakan mana yang bersifat m’ruf dan mana yang bersifat mungkar yang terdapat dalam Hadits-hadits Rasulullah SAW.

2. Indikator

1) Siswa dapat membaca, menulis, dan mengartikan Hadits-hadits tentang Amar Ma’ruf Nahi Mungkar.

2) Siswa mampu menguraikan amar ma’ruf nahi mungkar dengan bahasa mereka sendiri tanpa harus membaca buku arinya hafal diluar kepala.

3) Siswa mampu memahami betapa pentingnya dan maknanya mempelajari hadist tentang amar ma’ruf nahi mungkar.

4) Siswa mampu memberikan contoh-contoh yang berkaitan baik itu hadits tentang amar ma’ruf nahi mungkar, maupun contoh berupa perilaku yang bersifat ma’ruf dan yang bersifat mungkar dalam realita kehidupan.

IV.Tujuan Pembelajaran

1. Melatih siswa untuk selalu membaca dan megartikan teks-teks arab tanpa harus membuka kamus arab.

2. Mengenalakan kepada siswa tentang sifat ma’ruf dan sifat munkar, dimana keduaanya merupakan salah satu bentuk dari ketaqwaan kepada Allah SWT.

3. Menjauhkankan siswa dari sifat-sifat yang dilarang oleh agama.

V. Materi Standar

1. Materi Pokok

Hadits-hadits tentang Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

2. Uraian Materi Pokok

1) Memaparkan bunyi hadits-hadits yang berkaitan amar ma’ruf nahi mungkar, lengkap dengan sanat, perowi dan lain-lain.

2) Makana kata sekaligus makna atau pesan yang terkandung dalam hadits.

VI.Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan resitasi

VII.Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Waktu

Aspek Life Skill Yang Diinginkan

Guru

Siswa

Pendahuluan.

1. menarik prhatian siswa (salam, presensi dan menkondisikan kelas,dll).

2. Apersepsi: mengingat materi kembali materi sebelumnya yang ada hubungannya dengan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar.

3. menyampaikan tujuan pembelajran.

4. Pre tes: Tanya jawab seputar hadist amar ma’ruf nahi mungkar sebagi pegantar pembelajaran.

1. bertanya materi sebelumnya dan mengingatnya.

2. menyimak dan memperhatikan.

3. menulis jawaban Pre test di selembar kertas dan perwakilan dari siswa untuk menulis di papan tulis.

15 menit

1. kemampuan mengingat.

2. kosentrasi.

3. memahami perintah.

4. tanggung jawab.

Inti

5. Menyampaikan materi pengantar.

6. membagi siswa dalam dua kelompok.

7. Pendidik / guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok.

8. memberikan waktu 15 menit untuk mendiskusikan tugas yang telah diberikan dan 35 menit untuk mempresentasikan.

1. Memperhatikan, menyimak, memahami, dan menulis apa yang disampaikan guru.

2. diskusi kelompok selama 15 menit.

3. presentasi hasil diskusi (perwakilan) selama 35 menit.

4. menyimpulkan hasil diskusi dan sekaligus memberikan tanggapan terhadap hasil dikusi.

60 menit

5. kemampuan mengingat.

6. kosentrasi.

7. memahami perintah.

8. tanggung jawab.

9. kemampuan bertanya.

10. kemampuan preentasi

11. kemampuan menjawab.

12. penguasaan materi.

Penutup

9. Memberi kesempatan siswa untuk bertannya

10. memberi penjelasan sedikit tentang amar ma’ruf nahi mungkar.

11. post tes: menyuruh beberapa siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan memberikan tugas kepada siswa untuk mecari contoh lain yang berkaitan dengan bahasan ini.

1. bertanya tentang hal-hal yang kurang jelas.

2. Menyimak, memperhatikan dan memahami apa yang dijelaskan.

3. membuat catatan atau ringkasan dari apa materi yang telah dipelajari.

15 menit

13. kemampuan mengingat.

14. kosentrasi

15. memahami perintah.

16. tanggung jawab.

17. kemampuan bertanya.

18. penguasaan materi .

VIII.Media

1. Papan tulis.

2. Kertas Buram atau karton

3. Buku paket

4. OHP

IX.Penilaian

Aspek Penilaian

Prosentasi

Ujian Akhir Semester

30%

Ujian Tengah Semester

35%

Tugas Mandiri

20%

Keaktifan Siswa

15%

Total

100%

X.Sumber Bacaan

1. Imam al Nawawi, Riyadl al Shalihin.

2. Mahmud al Thahhan, Taisir Musthalah al Hadits.

3. Syuhudi Ismail, Hadits Nabi Yang Tekstual Dan Kontekstual.

4. Ibn, Taymiyyah, Mengenali Gerak-gerik Kalbu.

5. al Kutub al Sittah.

6. al Imam al Suyuti, al jama’ al Shagir.

Yogyakarta, 3 Januari 2007

Disusun Oleh

Diperiksa Oleh

Mahasiswa

Edi Susanto

NIM: 06410076

Dosen pengampu

R. Umi Baroroh, M.Ag.

NIP:

No comments:

Post a Comment