01 November, 2014

Cara Pengelolaan Kelas


A.    Muqoddimah
Guru adalah faktor penting dalam lingkungan belajar dan kehidupan peserta didik. Jadi, peran guru lebih dari sekedar pemberi ilmu pengetahuan. Guru adalah rekan belajar, model, pembimbing, fasilitator, bahkan seorang pengubah kesuksesan peserta didik.
Seorang pendidik anak harus cinta pada dunia anak. Rasa cinta ini akan menyuburkan minat dan panggilan jiwa untuk berbuat yang terbaik bagi yang dicintai. Cinta itu rela berkorban, selalu memperhatikan permasalahan yang dicintai, dan cinta dapat menimbulkan super energi untuk berbuat sesuatu.
Agar kita bisa lebih dalam mencintai dunia anak-anak, kita mesti mengenal dan memahaminya. Satu prinsipnya adalah bawalah duniamu ke dalam dunia mereka dan bawalah dunia mereka ke dalam duniamu. Belajar dari segala pengertiannya adalah kegiatan full contact, yaitu segalanya berbicara, segalanya bertujuan, pengalaman adalah guru terbaik, akui usaha mereka, jika layak dipelajari layak pula untuk dirayakan (beri penghargaan).
Tumbuhkan minat peserta didik, ciptakan suasana yang menggairahkan, beri pengalaman, sediakan kata kuncinya, tunjukkan (demonstrasikan), ulangi dan rayakan. Guru bukanlah ancaman bagi peserta didiknya, melainkan harus bisa menyenangkan dan memberi manfaat. Berikut adalah 8 prinsip manusia unggul yang juga harus dimiliki oleh seorang guru, yaitu:
1.      Integritas; jujur, tulus dan menyeluruh (selaras perkataan dan perbuatan)
2.      Kegagalan adalah awal kesuksesan
3.      Berbicaralah dengan niat baik (positive thinking)
4.      Hidup disaat ini (konsentrasi)
5.      Komitmen (penuhi janji dan amanah)
6.      Tanggung jawab (berani berbuat berani menanggung resiko)
7.      Sikap luwes (inovatif dan kreatif) dan berimprovisasi tinggi
8.      Keseimbangan (pikiran, tubuh, dan jiwa)

B.     Prinsip Pengelolaan Kelas
1.      Tahap persiapan
a.       Segala sesuatu ada ilmunya, rencanakanlah: “sukses merencanakan = merencanakan sukses. Gagal merencanakan = merencanakan kegagalan ”
b.      Analisis kelas dengan pertanyaa 5W (who, what, when, why, where) + 1H (how)
c.       Siapkan alternatif untuk hal-hal yang tak terduga
d.      Datang tepat waktu
2.      Saat di dalam kelas
a.       Perhatikan penampilan
b.      Bagian pembukaan, awali dengan trik pemusatan perhatian agar peserta didik benar-benar siap mengikuti pelajaran
c.       Selama mengajar, perhatikan intonasi suara, sikap/gerak tubuh, kontak mata, senyuman, ekspresi, alat bantu, selipkan nasehat kecil apapun (disertai teladan)
d.      Terapkan konsep reward dan punishment
e.       Giat berlatih dan tidak bosan-bosannya mencoba
3.      Evaluasi/Penilaian
Penilaian bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan seorang pendidik dalam mengajar, dan juga untuk mengetahui seberapa besar peserta didik mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.


No comments:

Post a Comment