A.
Muqoddimah
Guru
adalah faktor penting dalam lingkungan belajar dan kehidupan peserta didik.
Jadi, peran guru lebih dari sekedar pemberi ilmu pengetahuan. Guru adalah rekan
belajar, model, pembimbing, fasilitator, bahkan seorang pengubah kesuksesan
peserta didik.
Seorang
pendidik anak harus cinta pada dunia anak. Rasa cinta ini akan menyuburkan
minat dan panggilan jiwa untuk berbuat yang terbaik bagi yang dicintai. Cinta
itu rela berkorban, selalu memperhatikan permasalahan yang dicintai, dan cinta
dapat menimbulkan super energi untuk berbuat sesuatu.
Agar
kita bisa lebih dalam mencintai dunia anak-anak, kita mesti mengenal dan
memahaminya. Satu prinsipnya adalah bawalah duniamu ke dalam dunia mereka dan
bawalah dunia mereka ke dalam duniamu. Belajar dari segala pengertiannya adalah
kegiatan full contact, yaitu segalanya berbicara, segalanya bertujuan,
pengalaman adalah guru terbaik, akui usaha mereka, jika layak dipelajari layak
pula untuk dirayakan (beri penghargaan).
Tumbuhkan
minat peserta didik, ciptakan suasana yang menggairahkan, beri pengalaman,
sediakan kata kuncinya, tunjukkan (demonstrasikan), ulangi dan rayakan. Guru
bukanlah ancaman bagi peserta didiknya, melainkan harus bisa menyenangkan dan
memberi manfaat. Berikut adalah 8 prinsip manusia unggul yang juga harus
dimiliki oleh seorang guru, yaitu:
1.
Integritas; jujur, tulus dan menyeluruh
(selaras perkataan dan perbuatan)
2.
Kegagalan adalah awal kesuksesan
3.
Berbicaralah dengan niat baik (positive
thinking)
4.
Hidup disaat ini (konsentrasi)
5.
Komitmen (penuhi janji dan amanah)
6.
Tanggung jawab (berani berbuat berani
menanggung resiko)
7.
Sikap luwes (inovatif dan kreatif) dan
berimprovisasi tinggi
8.
Keseimbangan (pikiran, tubuh, dan jiwa)
B.
Prinsip Pengelolaan Kelas
1.
Tahap persiapan
a.
Segala sesuatu ada ilmunya, rencanakanlah:
“sukses merencanakan = merencanakan sukses. Gagal merencanakan = merencanakan
kegagalan ”
b.
Analisis kelas dengan pertanyaa 5W (who, what,
when, why, where) + 1H (how)
c.
Siapkan alternatif untuk hal-hal yang tak
terduga
d.
Datang tepat waktu
2.
Saat di dalam kelas
a.
Perhatikan penampilan
b.
Bagian pembukaan, awali dengan trik pemusatan
perhatian agar peserta didik benar-benar siap mengikuti pelajaran
c.
Selama mengajar, perhatikan intonasi suara,
sikap/gerak tubuh, kontak mata, senyuman, ekspresi, alat bantu, selipkan
nasehat kecil apapun (disertai teladan)
d.
Terapkan konsep reward dan punishment
e.
Giat berlatih dan tidak bosan-bosannya mencoba
3.
Evaluasi/Penilaian
Penilaian
bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan seorang pendidik dalam mengajar,
dan juga untuk mengetahui seberapa besar peserta didik mampu menyerap materi pelajaran
yang disampaikan oleh guru.
No comments:
Post a Comment