04 November, 2014

Fiqih dan Pembelajarannya


1.      Sebagai sebuah disiplin ilmu, fiqih memiliki objek kajian spesifik yang membedakannya dengan ilmu-ilmu lain. Namun demikian sesungguhnya ilmu fiqih saling bersinggungan dan saling berhubungan dengan ilmu-ilmu lain.
Pertanyaan: Jelaskan hubungan antara ilmu fiqih dengan ilmu-ilmu lain semisal dengan ilmu ushul fiqih, tafsir, hadits, ilmu kalam, ilmu akhlak, biologi, dan sebagainya!
2.    Banyak orang telah melakukan peribadatan formal secara baik, semisal mereka sudah melaksanakan sholat wajib lima waktu, sudah menunaikan ibadah puasa dan sudah haji. Akan tetapi perilaku sosialnya ternyata masih belum sesuai dengan nilai-nilai Islam. Misalnya saja budaya korupsi, tidak disiplin, tidak jujur dan sebagainya yang menjadi perilaku sebagian pemimpin-pemimpin muslim dalam berbagai tingkatan.
Pertanyaan : di manakah letak kelemahan dalam proses pendidikan agama yang dipraktekkan di masyarakat kita?
3.    Dalam setiap proses pembelajaran senantiasa ada tiga ranah yang hendak dicapai yaitu ranah kognitif, psikomotorik, maupun ranah afektif.
Pertanyaan : sebutkan 3 ranah tersebut dalam pembelajaran berwudhu. Jelaskan pula metode pembelajaran apa saja yang efektif digunakan untuk pembelajaran tersebut agar siswa atau peserta didik memiliki kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tiga ranah tersebut!


No comments:

Post a Comment