19 July, 2014

Humas Sebagai Fungsi Manajemen

Oleh: Yusuf A.

A.    Pengertian Manajemen dan Humas
Manajemen adalah proses merencana, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan upaya organisasi dengan segala aspeknya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.[1]
Sedangkan humas yang merupakan terjemahan bebas dari istilah Public Relations atau PR mengandung pengertian secara umum sebagai berikut:
1.      Menurut kamus terbitan Institute of Public Relations (IPR), humas adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.
2.      Menurut kamus Fund and Wagnal, American Standard Desk Dictionary, humas diartikan sebagai segenap kegiatan dan teknik/kiat yang digunakan oleh organisasi atau individu untuk menciptakan atau memelihara suatu sikap dan tanggapan yang baik dari pihak luar terhadap keberadaan dan sepak terjangnya.
3.      Menurut Asosiasi Humas Dunia, humas adalah suatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisis berbagai kecenderungan, memprediksi setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberi masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi, dan mengimplementasikan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan khalayaknya.[2]

Dari definisi di atas dapat dinyatakan bahwa humas adalah fungsi manajemen. Artinya bahwa humas tersebut melekat pada manajemen. Hal ini secara tidak langsung menyeragamkan definisi yang begitu banyak dalam hubungan antara humas dan manajemen yang begitu banyak.

B.     Dasar Pemikiran Humas dalam Manajemen
1.      Bahwa opini publik merupakan suatu kekuatan yang bisa mengubah tingkah laku seseorang. Oleh karena itu opini publik perlu dikendalikan melalui kegiatan public relations (humas)
2.      Dalam suatu organisasi sering terjadi keresahan, misalkan terjadinya konflik akibat kesalahan komunikasi. Humas melalui tugasnya dapat menetralisir hal tersebut.
3.      Adanya tanggung jawa seorang pemimpin akan suksesnya setiap program. Agar sukses suatu organisasi perlu suasana yang harmonis.
4.      Dengan komunikasi yang baik, orang mudah mentransfer ide.

C.     Tujuan Humas dalam Manajemen, yaitu:
1.      Menciptakan agar semua orang mengerti, percaya, bekerjasama, dan membantu.
2.      Merebut opini publik dengan menggerakkan, memperluas, dan mengurangi/ menetralisir.

D.    Fungsi Humas
Menurut Cyril W. Plattes fungsi humas sebagai berikut:
1.      Menganalisa interest public dan menetapkan sikap publik
2.      Menentukan dan menterjemahkan kebijaksanaan perusahaan/organisasi
3.      Merumuskan program aksi untuk menciptakan penerimaan masyarakat terhadap perusahaan/organisasi tadi.
Berdasarkan definisi Plattes dapat disimpulkan bahwa humas harus dapat merumuskan dan mengevaluasi pendapat atau sikap masyarakat terhadap perusahaan tadi. Kemudian ia harus dapat menjalankan usaha untuk menumbuhkan goodwill atau menetralisir sikap atau pendapat yang tidak menguntungkan sebuah organisasi.
Dalam melaksanakan tugasnya, humas merupakan fungsi manajemen modern. Secara kiasan dapat disebutkan bahwa fungsi humas sebagai mata, telinga, dan tangan kanan sebuah organisasi.
Perlu disadari bahwa humas memegang peranan dan kedudukan penting. Maka sudah semestinya petugas yang ditempatkan haruslah seorang tokoh pejabat yang berwibawa yang mempunyai dedikasi penuh untuk melaksanakan tugasnya.[3]

Daftar Pustaka

Anggoro, M. Linggar, Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: Bumi Aksara. 2000
Assegaf, Djafar, Hubungan Masyarakat dalam Praktek. Jakarta: Ghalia Indonesia. 1998
Herimanto, Bambang, dkk, Public Relations Organisasi. Yogyakarta: Santusta. 2007



[1] Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999) hal. 2
[2] Anggoro, M. Linggar, Teori dan Profesi Kehumasan (Jakarta: Bumi Aksara, 2000) hal. 1
[3] Assegaf, Djafar, Hubungan Masyarakat dalam Praktek (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998) hal. ....

Anda mungkin juga ingin membaca :

Humas Dalam Lembaga Pendidikan
Humas sebagai Fungsi Manajemen
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Manajemen Organisasi Sekolah
Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan
Manajemen Peserta Didik
Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan
Manajemen Sarana Pendidikan
Manajemen Tata Laksana Sekolah
Pengertian Manajemen Pendidikan

No comments:

Post a Comment